PTK SD 070 : Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Bermain Kartu Soal Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri Jeruklegi Wetan 01 Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2007 / 2008.
ABSTRAKSI
xxxxxxxxxxx. : Upaya Meningkatkan Kemampuan
Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika
Melalui Metode Bermain Kartu Soal Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri
Jeruklegi Wetan 01 Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2007 / 2008.
Penelitian tindakan kelas bertujuan secara
deskriptif untuk mengetahui pengaruh metode bermain kartu soal terhadap
peningkatan kemampuan mengerjakan soal cerita pada pelajaran
matematika kelas VI SD Negeri Jeruklegi Wetan 01 Kabupaten Cilacap
tahun 2007 / 2008.
Hipotesis pada penelitian ini adalah “Model
pembelajaran dengan menggunakan kartu soal diduga dapat meningkatkan
kemampuan siswa kelas VI SD Negeri Jeruklegi Wetan 01 Cilacap tahun
pelajaran 2007 / 2008 dalam mengerjakan soal cerita pada mata pelajaran
matematika.”
Subjek yang diberi tindakan adalah siswa
kelas VI SD Negeri Jeruklegi Wetan 01 tahun pelajaran 2007 / 2008 yang
berjumlah 26 peserta didik dan terbagi atas 6 kelompok. Bentuk tindakan
yang diberikan adalah dengan menggunakan kartu soal yang digunakan
untuk menuliskan soal cerita kemudian dibahas oleh siswa secara
berkelompok selanjutnya dibahas secara bersama antara guru dan siswa.
Untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan
soal cerita dilakukan tes uji coba yang dilaksanakan dua kali kemudian
hasilnya dianalisis. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan
bahwa kecenderungan prestasi belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri
Jeruklegi Wetan 01 ada peningkatan, yakni dengan perolehan skor rata –
rata sebelum diadakan tindakan sebesar 5,97 dan setelah diadakan
tindakan menjadi 6.65 dengan demikian berarti ada peningkatan prestasi
sebesar 0.68
DAFTAR PUSTAKA
Dave Meier. 2005. The Accelerated Learning Handbook. Bandung : Kaifa.
Herry Sukarman. 2003. Dasar – dasar Didaktik dan Penerapannya dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Makmun, A.S. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung : Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Ngalim Purwanto. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Ruseffendi, E.T. 1993. Pendidikan Matematika 3 Modu 1 – 5. Jakarta : Universitas Terbuka
Soejadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta : Dirjen Dikti Depdikbud.
Suharsimi Arikunto. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Tim Kajian Mutu Pendidikan. 2004. Konsep dasar Teori Pembelajaran. Yogyakarta : LPMP.
Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Undang – Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar