PTK SD 038 : Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Rimedial Siswa Kelas VI SDN I Dukuhwaringin Kec. Dawe Kab, Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005
ABSTRAKS
XXXXXXXXXX. Peningkatan
Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Rimedial Siswa Kelas
VI SDN I Dukuhwaringin Kec. Dawe Kab, Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005. SKRIPSI. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2005.
Penelitian I ni bertujuan untuk mengetahui
peningkatan prestasi belajar matematika dengan pembelajaran remedial
pada siswa kelas SDN I Dukuhwaringin Kec. Dawe Kab, Kudus Tahun
Pelajaran 2004/2005.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode
tindakan kelas, sedangkan strategi yang digunakan adalah model siklus
dengan langkah – langkah menyusun rencana, mengadakan tindakan,
pengamatan dan mengadakan perencanaan.
Dalam penelitian ini tidak menggunakan teknik
sampling karena samplingnya semua siswa yang mengalami kesulita belajar
Matematika paa kelas SDN I Dukuhwaringin Kec. Dawe Kab, Kudus Tahun
Pelajaran 2004/2005. yaitu sisw ayang nilainya di bawah nilai rata –
rata kelas, yang berjumlah 3 siswa. Teknik pengumpulan data dengan
wawancara, observasi langsung dan tes analisis data adalah dengan
analisis terarah dengan langkah – langkah langsung dan tes analisis
data kesimpulan.
Dari keseluruhan putaran siklus yang telah dilakukan
dapat disimpukan, bahwa guru kelas mampu meningkatkan prestasi belajar
Matematika melalui pembelajaran remidian siswa kelas VI SDN I
Dukuhwaringin Kec. Dawe Kab, Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005.
Dai keseluruhan putaran siklus yang telah dilakukan,
dapat disimpulkan bahwa guru kelas mampu meningkatkan prestasi belajar
matematika siswa kelas VI SDN I Dukuhwaringin Kec. Dawe Kab, Kudus,
melalui pembelajaran Remidial, Tahun Pelajaran 2004/2005.
DAFTAR PUSTAKA
Anton Sukarno, 1994. “Efektifitas Sistem Pengajaran Pelayanan Bagi Anak Berkesulitan Belajar”. Surakarta.
A. Kirk 1986. “ Educating Exceptional Children “. Boston: Houghton Mifflin Company.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1996. “ Kurikulum Pendidikan Dasar”. Jakarta.
Dimyati Mahmud, 1992. “Strategi Belajar Membaca dan Menulis”. Yogyakarta: Liberty.
Djono R, 1987. “Penilaian Layanan Bimbingan di Sekolah “. Surakarta.
Fx. Soedarsono, 1997. “Pengajaran Remedial”. Jakarta: Gramedia.
Hamalik, 1980. “Mengenal Siswa Berkesulitan Belajar “. Bandung: Tap Site.
Harsono Hutojo, 1998. “Belajar Mengajar Matematika “. Bandung: CV. Angkasa.
JI. Pasaribu dan Simanjutak, 1994. “Proses Belajar Mengajar “. Bandung: Tap Site.
Mahmud Ali Yahya, 1991. “Belajar Membaca dan Menulis “. Jakarta: Bina Aksara.
Marika Subrata dan Munzayanah, 1992. “Remedial Teaching”. Surakarta UNS.
Moh. Suryo dan Moh. Armen 1989. “Pengajaran Remedial”. Jakarta. Muchtar
Bukhori, 1995. “Pengantar Psikologi Pendidikan” Bandung: Jarmare.
Mulyono Abdurrohman, “Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belmar Jakarta: Depdikbud.
Muhibbin Syah, 1995. “Psikologi Pendidikan “. Yogyakarta: Andi Offset.
Ngalim Purwanto 1990. “Psikologi Pendidikan “. Bandung: Remaja Rosdakar
Nasution, 1995. “Didaktik Asas-Asas Mengajar “. Bandung: Jemmars. Oemar
Hamalik, 1980. “Metodologi Pengajaran Ilmu Pendidikan “. Banduri_
Slameto, 1995. “Proses Belajar Mengqjar Dalam Sistem Kredit “. Jakarta: Bumi Aksara
Sri Hartati P. H. 1992. “Pengajaran Remedial”. Yogyakarta: PT. Mitra Gama Widya.
Sunardi, 1997. “Mengenal Siswa Berkesulitan Belajar”. Surakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: UNS.
Supardi, 1997. “Belajar Mengajar Matematika” Jakarta: Bina Aksara.
Sutartinah Tirtonegoro, 1998. “Anak Supernormal dan Program Pendidikan Jakarta: PT. Bina Aksara.
Syaiful Bakri Djamarah, 1994. “Pendidikan Membaca dan Menulis “. Yogyakarta: Liberty.
Winarno Surakhmad 1986. “Pengantar Interaksi Belajar Mengajar”. Bandung Tarsito.
Winkel W.S. 1984. “Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar”. Jakarta: Gramedia.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar