PTK SD 090 = Pd 564 :Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN Semen, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Tahun Pelajaran 2008/2009
ABSTRAK
Arly Candra Wirasta, 2009. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber
Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN
Semen, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Tahun Pelajaran
2008/2009, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia,
FPBS, IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (I) Drs. Bambang Eko Hari Cahyono,
M.Pd. (II) Elen Inderasari, SPd,M.Pd.
Kata Kunci : Menulis Puisi, Pemanfaatan Lingkungan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah mana pengajaran
sastra disuatu tingkat sekolah berfungsi membekali para siswa dengan
bahan-bahan yang mungkin berguna untuk membina nilai-nilai hidup, nilai
sikap, dan pribadi anak.
Penelitian dilakukan pada siswa kelas V Kecamatan Nguntoronadi,
Kabupaten Magetan, Tahun Pelajaran 2008/2009. Penelitian ini termasuk
penelitian populasi dengan subjek penelitian adalah semua siswa kelas V
SDN Semen, Kecamatan Nguntoronadi; Kabupaten Magetan, Tahun Pelalaran
2008/2009 yang berjumlah 20 siswa. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain
penelitian menggunakan, sistem 3 siklus. Dalam pengolahan data
menggunakan Interview dan observasi.
Dari tindakan-tindakan yang dilaksanakan dalam penelitian ini, ada
peningkatan dari siklus I ke siklus II, dari siklus II ke siklus III.
Dengan hasil penelitian sebagai berikut : Pada siklus I dari 20 siswa,
yang tuntas belajar hanya 3 anak dengan nilai rata-rata mean 52,3,
sedangkan siswa yang tidak berhasil adalah 17 anak. Pada siklus II siswa
yang berhasil (tuntas) meningkat dari 3 anak, menjadi 15 anak, dengan
nilai rata-rata mean 68,8, selanjutnya, siswa yang tidak berhasil
mengalami penurunan dari 17 anak menjadi 5 anak. Ini terlihat dari
jumlah siswa yang berhasil juga mengalami peningkatan, dari 15 siswa
menjadi 20 siswa dengan nilai rata-rata mean 81,1. Keberhasilan ini
disebabkan kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan memanfaatkan
lingkungan sebagai sumber belajar sangat efektif, keaktifan siswa untuk
bertanya tentang kesulitan-kesulitan juga meningkat. Hal ini juga
ditunjang oleh tersedianya waktu yang cukup untuk menulis puisi serta
persiapan guru dalam pembelajaran.
Dengan demikian, dapat disimpulkan memanfaatkan lingkungan sebagai
sumber belajar sangat efektif untuk membantu siswa dalam meningkatkan
kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VSDN Semen, Kecamatan
Nguntoronadi, Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2008/2009.
DAFTAR PUSTAKA
Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. CV. Bandung:Sinar Baru.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Gorys Keraf . 1984. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta : Gramedia
Httcs://www.k-4-bahasaIndonesia.blop,spot.com/2007/U2/karva-sastra-puisi.html. Diakses tanggal 28/05/2009
Httn://www.Aristorahadi. Wordpress.PuisiIndonesia.Com/2008/03/31 /Unsur-unsur dalam puisi/. Diakses tangga128/05/2009
Http://www.pembelaiaranpuisi. Wordpress.Com/2008/OS/31 /Teori-PembelaiaranPen$aiaran-Puisi-Sekilas-PandanDiakses tangga108/06/2009
(Http://www.pembelaiaranwuru. Wordpress.Com/2008/OS/31 /Pembelajaran-PuisiKognitif). Diakses tanggal 19/06/2009
Moch Nasir. 1987. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Panuti Sudjiman. 1984. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Gramedia.
Rahmat Djoko Pradopo.1987. Pengkajian Puisi. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
S. Effendi. 1982. Bimbingan Apresiasi Puisi. Jakarta: Pustaka Jaya Suharsimi
Arikunto. 1998. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
________. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta
Sutopo, 1988. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru
Suyoto, 1997. Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Suminto Sayuti. 1990. Aiateri Pokok Analisis dan Rangkuman Bacaan Sastra. Jakarta: Universitas Terbuka Depdikbud
Sitor Situmorang. 1983. Puisi: Teori Apresiasi Bentuk dan Struktur (Edisi III). Ende: Nusa Indah.
Herman J. Waluyo. 1987.Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Nasution S. Dikadaktik. Azas-azas Mengajar. Bandung: CV Jenmars.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar