Minggu, 22 November 2015

PTK SD 090 = Pd 564 :Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN Semen, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Tahun Pelajaran 2008/2009

 PTK SD 090 = Pd 564 :Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN Semen, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Tahun Pelajaran 2008/2009


ABSTRAK
 Arly Candra Wirasta, 2009. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN Semen, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Tahun Pelajaran 2008/2009, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (I) Drs. Bambang Eko Hari Cahyono, M.Pd. (II) Elen Inderasari, SPd,M.Pd.
Kata Kunci : Menulis Puisi, Pemanfaatan Lingkungan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah mana pengajaran sastra disuatu tingkat sekolah berfungsi membekali para siswa dengan bahan-bahan yang mungkin berguna untuk membina nilai-nilai hidup, nilai sikap, dan pribadi anak.
Penelitian dilakukan pada siswa kelas V Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Tahun Pelajaran 2008/2009. Penelitian ini termasuk penelitian populasi dengan subjek penelitian adalah semua siswa kelas V SDN Semen, Kecamatan Nguntoronadi; Kabupaten Magetan, Tahun Pelalaran 2008/2009 yang berjumlah 20 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan, sistem 3 siklus. Dalam pengolahan data menggunakan Interview dan observasi.
Dari tindakan-tindakan yang dilaksanakan dalam penelitian ini, ada peningkatan dari siklus I ke siklus II, dari siklus II ke siklus III. Dengan hasil penelitian sebagai berikut : Pada siklus I dari 20 siswa, yang tuntas belajar hanya 3 anak dengan nilai rata-rata mean 52,3, sedangkan siswa yang tidak berhasil adalah 17 anak. Pada siklus II siswa yang berhasil (tuntas) meningkat dari 3 anak, menjadi 15 anak, dengan nilai rata-rata mean 68,8, selanjutnya, siswa yang tidak berhasil mengalami penurunan dari 17 anak menjadi 5 anak. Ini terlihat dari jumlah siswa yang berhasil juga mengalami peningkatan, dari 15 siswa menjadi 20 siswa dengan nilai rata-rata mean 81,1. Keberhasilan ini disebabkan kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar sangat efektif, keaktifan siswa untuk bertanya tentang kesulitan-kesulitan juga meningkat. Hal ini juga ditunjang oleh tersedianya waktu yang cukup untuk menulis puisi serta persiapan guru dalam pembelajaran.
Dengan demikian, dapat disimpulkan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar sangat efektif untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VSDN Semen, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2008/2009.
DAFTAR  PUSTAKA
Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. CV. Bandung:Sinar Baru.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Gorys Keraf . 1984. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta : Gramedia
Httcs://www.k-4-bahasaIndonesia.blop,spot.com/2007/U2/karva-sastra-puisi.html. Diakses tanggal 28/05/2009
Httn://www.Aristorahadi. Wordpress.PuisiIndonesia.Com/2008/03/31 /Unsur-unsur dalam puisi/. Diakses tangga128/05/2009
Moch Nasir. 1987. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Panuti Sudjiman. 1984. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Gramedia.
Rahmat Djoko Pradopo.1987. Pengkajian Puisi. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
S. Effendi. 1982. Bimbingan Apresiasi Puisi. Jakarta: Pustaka Jaya Suharsimi
Arikunto. 1998. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
 ________. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta
Sutopo, 1988. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru
Suyoto, 1997. Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Suminto Sayuti. 1990. Aiateri Pokok Analisis dan Rangkuman Bacaan Sastra. Jakarta: Universitas Terbuka Depdikbud
Sitor Situmorang. 1983. Puisi: Teori Apresiasi Bentuk dan Struktur (Edisi III). Ende: Nusa Indah.
Herman J. Waluyo. 1987.Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Nasution S. Dikadaktik. Azas-azas Mengajar. Bandung: CV Jenmars.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar