PTK SMP 045 : Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B SMP NU Al Ma'ruf Kudus Tahun Pelajaran 2006/2007 Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ
ABSTRAK
Keberhasilan
pembelajaran di sekolah merupakan hal yang sangat diharapkan oleh
seorang guru, orang tua murid serta masyarakat. Langkah yang tepat dalam
menyampaikan materi pelajaran di kelas merupakan salah satu penentuan
keberhasilan. Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar
matematika siswa kelas VIII B SMP NU Al Ma’ruf Kudus masih rendah. Ini
terlihat pada penelitian guru matematika yang mengajar di kelas VIII B
SMP NU Al Ma’ruf Kudus dengan rata-rata nilai matematika dengan materi
sistem persamaan linear dengan dua variabel pada tahun pelajaran
2005/2006 yakni 5,80. Berbagai upaya telah dilakukan tetapi hasilnya
belum memuaskan. Oleh karena itu penelitian tindakan kelas ini
diimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC.
Permasalahan
dalam penelitian ini adalah apakah dengan implementasi model
pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas VIII B SMP NU Al Ma’ruf Kudus materi pokok sistem persamaan
linear dengan dua variabel?
Penelitian
ini dilaksanakan di SMP NU Al Ma’ruf yang beralamatkan di jalan AKBP R.
Agil Kusumadya No. 2 Kudus. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas
VIII B semester I SMP NU Al Ma’ruf Kudus yang berjumlah 46 siswa, yang
terdiri atas 24 siswa putra, 22 siswi putri, seorang guru matematika dan
seorang pengamat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap
sikuls terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi yang diambil dari pemberian tes evaluasi di akhir siklus,
kemampuan guru dalam pembelajaran dan aktivitas siswa dalam kelompok
yang diambil dari lembar observasi.Indikator keberhasilan belajar siswa
jika 75% siswa mencapai nilai 60 atau lebih, dengan rata-rata hasil
belajar minimal mencapai nilai 65 dan 85% siswa terlibat secara aktif
selama proses belajar mengajar.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata hasil belajar
siswa adalah 64,7 dan ketuntasan belajarnya 71,7 %. Sedangkan pada
siklus II ratarata hasil belajar siswa adalah 68,1 dan ketuntasan
belajarnya 78,3 %.Hasil observasi terhadap guru menunjukkan pada siklus I
guru belum sepenuhnya melaksanakan pembelajaran kooperatif dan belum
dapat mengelola kelas dengan baik. Namun pada siklus II proses
pembelajaran berlangsung efektif dan guru dapat mengelola waktu dengan
baik.
Simpulan
yang dapat diambil adalah dengan implementasi model pembelajaran
kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B
SMP NU Al Ma’ruf Kudus pokok bahasan sistem persamaan linear dengan dua
variabel.Untuk itu disarankan kepada guru matematika di SMP NU Al
Ma’ruf Kudus pada khususnya dan guru matematika sekolah lain pada
umumnya agar menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pokok
bahasan system persamaan linear dengan dua variabel yang dapat
meningkatkan hasil belajar.
DAFTAR PUSTAKA
Adinawan, M. Cholik. 2004. Matematika 2A kelas VIII . Jakarta. Erlangga.
Isdiyanto, Budi. 2003. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning). Latihan Kerja Guru Inti (LKGI) Matematika Propinsi Jawa Tengah.
Rusyan, A. Tabrani. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. CV Remaja Karya.
Suyitno, Amin. 2006. Petunjuk Praktis Penelitian Tindakan Kelas Untuk Penyusunan Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Winataputra, Udin S. 1995. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan
Dasar dan Menengah Bagian Proyek Peningkatan Mutu guru setara D III.
Yamin, Martinis. 2003. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jambi. Gaung, Persada Press.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar