PTK SD 068 = Pd 513 : Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Patemon 01 Tahun Pelajaran 2006/2007 pada Materi Pecahan Melalui Pendampingan Dengan Memanfaatkan Alat Peraga dan Media Berbantuan Komputer
ABSTRAK
Xxxxxxxxxxx, Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD
Patemon 01 Tahun Pelajaran 2006/2007 pada Materi Pecahan Melalui
Pendampingan Dengan Memanfaatkan Alat Peraga dan Media Berbantuan
Komputer. Skripsi Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Semarang. Dra. Retno Winarti, M.Pd dan Dra. Kusni,
M.Si.
Kata Kunci : hasil belajar, pecahan, pendampingan, alat peraga
Selama ini pembelajaran Matematika di kelas V SD Patemon 01 dilakukan
dengan komunikasi verbal. Keterlibatan peserta didik maupun penggunaan
media dalam pembelajaran masih sangat terbatas. Disamping itu hasil
belajar peserta didik pada materi pechan masih rendah, ditunjukkan
dengan rata-rata kelasnya hanya mencapai 6,17% dan ketuntasan belajar
kelas sebesar 50%. Seagai solusi alternative, dilaksanakan pendampingan
dalam pembelajaran matematika dengan memanfaatkan alat bantu peraga
dan media berbantuan computer melalui penelitian tindakan kelas utuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik. Permasalahan dalam penelitian
ini adalah “pakah melalui pendampingan dengan memanfaatkan alat peraga
dan media berbantuan komputer , hasil belajar dan keaktifan peserta
didik dapat ditingkatkan?” Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik di kelas V SD
Patemon 01 tahun pelajaran 2006/2007 pada materi pecahan melalui
pendampingan dengan memanfaatkan alat peraga dan media berbantuan
computer.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan
masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Pengumpulan data
dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Siklus I dilaksanakan pada
11 Oktober 2006 dan siklus II dilaksanakan pada 15 Nopember 2006. Pada
setiap siklus dilakukan pengamatan terhadap aktivitas peserta didik dan
evaluasi terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini
memperoleh hasil evalasi silus I dengan rata-rata mencapai 54,29,
ketuntasan belajar 40%, dan keaktifan peserta didik mencapai skor 2
atau 50%, serta hasil evaluasi siklus II dengan rata-rata mencapai
73,06, ketuntasan belajar kelas 69,44% dan keaktifan peserta didik 2,83
atau 70,83% dengan criteria baik. Hasil evaluasi siklus II telah
mencpai indicator keberhasilan yaitu ketuntasan belajar individual
minimal 65, ketuntasan belajar kelas 65%, dan keaktifan peserta didik
mencapai skor 2,6 atau 65% dengan kriteria baik.
Penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa melalui
pendampingan dengan memanfaatkan alat peraga dan media bantuan
computer, hasil belajar peserta didik kelas V SD Patemin 01 tahun
pelajaran 2006/2007 pada materi pecahan dapat ditingkatkan.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar