PTK SD 029 : Penerapan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Media Gambar Binatang Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendeskripsi Secara Tertulis Siswa Kelas Ii Sdn 02 Pedawang Karanganyar Pekalongan
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran penting dalam perkembangan
intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dalam mempelajari
semua bidang studi (BSNP, 2006). Untuk berbahasa dengan baik dan benar,
maka diperlukan pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia.
Pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu aspek
penting yang perlu diajarkan kepada siswa di sekolah. Oleh karena itu
pemerintah membuat kurikulum bahasa Indonesia yang wajib untuk
diajarkan kepada siswa pada setiap jenjang pendidikan, yakni dari
tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Perguruan Tinggi (PT).
Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan suatu
tantangan tersendiri bagi seorang guru, mengingat bahasa ini merupakan
bahasa pengantar yang dipakai untuk menyampaikan materi pelajaran.
Pembelajaran bahasa Indonesia berfungsi membantu peserta didik untuk
mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat
dengan menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan
kemampuan analitis dan imajinatif (Depdiknas, 2006).
Sesuai dengan kenyataan yang terjadi pada saat ini,
mata pelajaran bahasa Indonesia sering diremehkan oleh sebagian besar
siswa, bahkan dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan,
khususnya dalam aspek menulis. Menurut Johana Pantow dkk (2002) yang
tersedia dalam situs http://digilib.itb.ac.id
yang diakses pada tanggal 26 Januari 2008, menyatakan bahwa dalam
dunia pendidikan, menulis merupakan suatu tuntutan keterampilan yang
harus dikuasai oleh manusia sebagai bahasa tulis. Oleh karena itu,
sejak dini pengajaran bahasa selalu harus didasarkan pada keterampilan
bahasa dan salah satunya adalah menulis.
Di SDN 02 Pedawang Karanganyar Kabupaten Pekalongan
kesulitan siswa dalam menulis biasanya terlihat ketika siswa diminta
untuk menulis sebuah karangan sederhana, mendeskripsikan suatu benda
ataupun ketika menulis puisi, mereka sering mengeluh dan terlihat
bingung dengan apa yang ingin mereka tulis. Kebosanan, kejenuhan, serta
kebingungan siswa dalam hal menulis yang mengakibatkan rendahnya
prestasi belajar siswa dalam pembelajaran menulis dapat disebabkan oleh
beberapa faktor, antara lain :
1. Kurangnya minat siswa terhadap kegiatan menulis.
2. Kurangnya motivasi siswa, baik dari dalam diri mereka maupun dari lingkungan belajar.
3. Pengembangan
strategi pembelajaran yang kurang membangkitkan daya imajinasi siswa
dan kreativitas siswa dalam berbahasa maupun bersastra.
4. Media yang digunakan dalam pembelajaran yang kurang sesuai sehingga siswa kurang bersemangat dalam belajar.
Masalah yang terjadi pada siswa kelas II SDN 02
Pedawang Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan adalah kurangnya
pemahaman siswa terhadap cara mendeskripsikan suatu benda. Hal itu
dapat diketahui dari hasil tes pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
aspek menulis pada tanggal 15 Januari 2008, dengan tujuan pembelajaran
mendeskripsikan binatang dengan bahasa tulis yang dilaksanakan pada
siswa kelas II SDN 02 Pedawang Karanganyar Kabupaten Pekalongan, yang
dirasakan masih kurang. Dari tes tersebut diperoleh hasil tulisan siswa
belum sempurna, karena penggunaan katanya belum tepat dan kalimatnya
cenderung diulang-ulang sehingga tidak mudah untuk dipahami. Perolehan
nilai rata-rata kelas yang seharusnya mencapai nilai di atas nilai
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) kelas II SDN 02 Pedawang Karanganyar
Kabupaten Pekalongan mata pelajaran Bahasa Indonesia
aspek menulis, yakni 70 dan pada kenyataannya hanya mencapai angka 65,
sehingga hanya 27% siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) bahasa Indonesia dalam aspek menulis untuk kelas II semester II
SDN 02 Pedawang Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Dengan adanya
permasalahan yang telah diuraikan di atas, maka guru harus mengambil
tindakan, yakni dengan mencari dan menggunakan suatu pendekatan atau
model pembelajaran yang efektif, inovatif, dan berpotensi memperbaiki
pembelajaran menulis, sehingga meningkatkan minat, motivasi, dan sikap
siswa terhadap pembelajaran menulis yang berakibat pada meningkatnya
prestasi belajar siswa. Untuk itulah guru (peneliti) merancang suatu
bentuk pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
melalui pendekatan kontekstual dengan media gambar sebagai media
alternatif untuk memperbaiki pembelajaran menulis.
Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa
dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang
dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota
keluarga dan masyarakat (Dikdasmen Diknas, 2002:1). Media gambar
dimaksudkan untuk memudahkan siswa dalam mendeskripsikan seekor binatang
dengan bahasa tulis. Media gambar digunakan dalam penelitian ini
karena pola berpikir siswa kelas II yang masih memerlukan media
pembelajaran yang konkrit. Dengan kedua hal tersebut diharapkan dapat
meningkatkan keterampilan siswa kelas II SDN 02 Pedawang Kecamatan
Karanganyar Kabupaten Pekalongan dalam mendeskripsikan binatang dengan
bahasa tulis.
Berdasarkan
latar belakang yang telah diuraiakn di atas, maka penelitian ini akan
berfokus pada hal-hal yang berkaitan dengan upaya medayagunakan media
gambar binatang sebagai sarana pembelajaran berbasis kontekstual
sehingga dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas II SDN 02 Pedawang
Karanganyar Kabupaten Pekalongan dalam mendeskripsi secara tertulis.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah pokok dalam penelitian ini adalah :
a. Apakah
pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan cara me-manfaatkan
media gambar binatang dapat meningkatkan keterampilan mendeskripsi
secara tertulis siswa kelas II SDN 02 Pedawang Karanganyar Kabupaten Pekalongan?
b. Apakah
melalui pendekatan kontekstual dengan memanfaatkan media gambar
binatang dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas II SDN 02 Pedawang
Karanganyar Kabupaten Pekalongan dalam pembelajaran?
c. Bagaimana keterampilan guru menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran?
C. Tujuan Penelitian
Sejalan dengan fokus penelitian di atas yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah dapat dirumuskan tujuan sebagai berikut:
a. Mengetahui
peningkatkan keterampilan siswa kelas II SDN 02 Pedawang Karanganyar
Kabupaten Pekalongan melalui pendekatan kontekstual dengan memanfaatkan
media gambar binatang dalam mendeskripsi secara secara tertulis.
b. Mengetahui
peningkatkan aktivitas siswa kelas II SDN 02 Pedawang Karanganyar
Kabupaten Pekalongan dalam pembelajaran melalui pendekatan kontekstual
dengan mendayagunakan media gambar binatang.
c. Mendeskripsi keterampilan guru dalam menggunakan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran.
D. Manfaat Penelitian
Hasil penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
a. Manfaat Teoretis
Secara teoretis, penelitian tindakan kelas ini
diharapkan dapat meningkatkan dan memperbaiki mutu pembelajaran menulis
dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas II semester II
dengan me-manfaatkan media gambar binatang melalui pendekatan
kontekstual (Contextual Teaching and Learning).
b. Manfaat Praktis
1) Bagi Siswa
Penelitan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman bagi siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa lebih termotivasi dalam belajar
bahasa Indonesia, khususnya dalam aspek menulis. Dengan demikian,
siswa dapat menyukai kegiatan menulis dan dapat mengembangkan
kreativitas siswa dalam menuangkan berbagai ide, gagasan, serta pengalamannya dalam sebuah tulisan imajinatif yang dapat dinikmati oleh orang lain.
2) Bagi Guru
Penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi guru,
yakni dapat memberikan pengalaman dan wawasan bagi guru bahwa dalam
membelajarkan bahasa Indonesia pada aspek menulis, khususnya bagi siswa
kelas rendah yang membutuhkan suatu pendekatan dalam pembelajaran
sehingga dapat memberikan rasa nyaman dan rasa senang pada siswa pada
saat pembelajaran. Dengan demikian siswa dapat termotivasi dalam
belajar dan akan berakibat pada pencapaian prestasi belajar yang
maksimal dan sesuai dengan harapan.
3) Bagi Sekolah
Penelitian tindakan ini dilakukan sebagai tolok ukur dalam peningkatan dan perbaikan mutu pembelajaran menulis di sekolah.
E. Batasan atau Penegasan Istilah
Untuk
menghindari terjadinya penafsiran istilah dalam memahami inti masalah
dalam penelitian ini, ditegaskan dari beberapa istilah yang digunakan.
Adapun istilah-istilah tersebut adalah sebagai berikut:
a. Penerapan ialah proses atau cara untuk menerapkan dan mempraktikkan suatu teori dalam bentuk perbuatan.
b. Pendekatan Kontekstual
ialah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang
diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa
membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya
dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat
(Dikdasmen Diknas, 2002:1).
c. Peningkatan ialah proses upaya-upaya kegiatan yang dilakukan supaya terjadi suatu perubahan kearah yang lebih baik dan atau bartambahnya sesuatu perubahan dari segi jumlah/kuantitas (Suseno Edy, 2003:5).
d. Keterampilan ialah kecakapan atau kemampuan untuk melakukan suatu tugas pada siswa.
e. Mendeskripsi ialah memaparkan atau menggambarkan dengan kata-kata secara jelas dan terperinci (KBBI : 258).
f. Media gambar ialah media dalam bentuk gambar yang membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran sehingga lebih mudah diterima oleh siswa.
DAFTAR PUSTAKA
Alfianto, Achmad. 2006. Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah, Metamorfosis Ulat menjadi Kepompong. Artikel Pendidikan Network. Online http://re-researchengines.com, [accessed 24/10/07].
Anagram. 2007. Pentingnya Bahasa dalam Kehidupan. Online http://reinemarie.wordpress.com [accessed 27/04/08].
Ani, Diah. 2007. Pembelajaran Pakem. Sebuah Perjalanan Menuju Perubahan. Online http://mbeproject.net [accessed 15/01/08].
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.
Arya Yanti, P. 2007. Menumbuhkan Budaya Menulis pada Anak. Online http://www.sabda.org [accessed 24/02/08].
BSNP, 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan.
Darsono, Max, 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
Depdikbud, 1994. Kurikulum SD GBPP Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas, 2007. Pembelajaran Aktif Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Online http://farhanzen.wordpress.com [accessed 15/01/08].
Dikdasmen Diknas, 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL)). Jakarta: Depdiknas.
Edy, S. 2003. Meningkatkan
Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Pendayagunaan Media Kartu
Bahasa Pada Siswa Kelas II SDN 02 Wonosari Kecamatan Pegandon Kabupaten
Kendal. (Skripsi Universitas Negeri Semarang).
Hamidi, Z. 2001. P&P Kontekstual Sains dan Tematik, Online http://www.tutor.com.my [accessed 22/11/07].
Johnson, Elaine B, 2008. Contextual Teching & Learning. Bandung: Mizan Learning Center (MLC)
Kusumah, W. 2007. Media Pembelajaran. Online http://wijayalabs.blogspot.com [accessed 10/03/08].
Mastur, Zaenuri. 2004. Model Pembelajaran Lingkungan. Online http://www.suaramerdeka.com [accessed 06/11/07]
.Muchith, M. Saekhan, 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: RaSAIL Media Group.
Pantow, Johana, dkk. 2002. Analisa kemampuan menulis Bahasa Inggris Mahasiswa FKIP-UT. Online http://digilib.itb.ac.id [accessed 26/01/08].
PTK, 2008. Salah Satu Contoh PTK dalam Bidang Bahasa. Online http://aflahchintya23.wordpress.com [accessed 10/03/08].
Purwaningtyas, Sri. 2007. Pengaruh Pendekatan Kontekstual (CTL) Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi. Online http://pasca.uns.ac.id, [accssed 10/03/08].
Purwanto, M. Ngalim. 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: Rosda Jayaputra.
Pustaka, Pepak. 2002. Aktivitas Menulis. Online http://pepak.sabda.org, [accessed 10/03/08].
Sadulloh, Uyoh. 2003. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sriwilujeng, Dyah, dkk. 2007. Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan Tematik. Malang: Erlangga.
Sukmana. 2004. Dinamika Proses Belajar. Online http://www.pikiran-rakyat.com, [accessed 15/01/08].
Syahrudin, D. 2007. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Prosa. Online http://ind.sps.upi.edu, [accessed 10/03/08].
Wibowo, M.E. 2006. Panduan Menulis Karya Ilmiah. Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Wijayanti, Ari. 2007. Pengajaran Bahasa Indonesia yang Efektif. Portal Dunia Guru. Online http://lubisgrafura.wordpress.com [accessed 24/10/07].
0 komentar:
Posting Komentar