Senin, 23 November 2015

PTK SMP 064 : Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Rupa Melalui Ekspresi Seni Kaligrafi Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri XX Tahun 2006/2007

 PTK SMP 064 : Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Rupa Melalui Ekspresi Seni Kaligrafi Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri XX Tahun 2006/2007



ABSTRAK

XXX. 2007 Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Rupa Melalui Ekspresi Seni Kaligrafi Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri XX Tahun 2006/2007
Kata kunci: Seni, Kaligrafi.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk memperoleh nilai angka kredit dalam unsur pengembangan profesi dan untuk mengembangkan kreatifitas siswa melalui gambar kaligrafi.
Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Sumber datanya kelas VII A SMPN XX. Subyek penelitiannya diambil dari jumlah keseluruhan kelas VII A selanjutnya dihitung dari kelompok-kelompok. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes perbuatan pemberian tugas dan metode wawancara melalui angket. Teknik analisis data yang digunakan pengkajian data, menghitung dan memprosentasikan data, kemudian menarik kesimpulan, apabila ada kelemahan maka kelemahan itulah yang akan diatasi pada siklus berikutnya sehingga akan mendekati kesempurnaan.
Hasil penelitian (1) Dalam pembelajaran seni rupa menggambar kaligrafi untuk mendapatkan hasil maksimal bagi siswa adalah dengan mempersiapkan penggunaan alat dan vahan dengan baik. (2) Siswa yang terampil menggunakan alat dan warna cenderung lebih punya semangat dan kreatif dalam berkarya dan tampak lebih artistik dan estetik. (3) Prosedur penelitian ini menggunakan PTK dengan tindakan perbaikan dan mendapatkan hasil karya yang lebih baik bagi siswa kelas VII A SMPN XX.


DAFTAR PUSTAKA
Achmad Djazuli. 2002. Gema PWKG: Jakarta Departemen Pendidikan Nasional.
Bambang Utoro, 1979. Pola-Pola Batik dan Pewarnaan; Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.
Charles Patteaux. 2000. Buku Pendidikan Seni: Jakarta: Yudistira.
Dyah Purwani Setianingsih.2004. Kesenian SMP Untuk Kelas VII: Jakarta: Erlangga.
Herman Hudoyo.1979. Pengembangan Kurikulum dan Pelaksanaanya di Depan Kelas: Surabaya: Usaha Nasional.
Muhammad Nazir.1988. Methode Penelitian: Jakarta: Ghalia Indonesia.
Mulyono Abdurahman.1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar: Jakarta:
Nana Sudjana.1992.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rineka Cipta.
Slameto.1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya: Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarwin Danim.2000. Methode Penelititian untuk Ilmu-Ilmu Perilaku: Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsini Arikunto. 1989. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan: Jakarta: Rineka Cipta.
Suyati Dwi Heryati. 2005. Prestasi Belajar PPKn Terhadap Ketaatan Siswa Dalam Melaksanakan Tata Tertib Sekolah: Ngawi: Dinas Pedidikan Nasional Kab. Ngawi.
William Wiersma. 2000. Research Metodhs in Education: Boston: Allyn & Bacow.

 



Untuk Mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar