PTK SD 052 : PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN T G T (Teams Games Turnament) DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN BAGI SISWA KELAS V SEMESTER 2 SD NEGERI 2 PLUMBON TAHUN PELAJARAN 2007-2008
ABSTRAKSI
xxxxxxxxxxxxxxxx.“ PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN T G T (Teams Games Turnament)
DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK
BAHASAN PECAHAN BAGI SISWA KELAS V SEMESTER 2 SD NEGERI 2 PLUMBON TAHUN PELAJARAN 2007-2008”
Penelitian ini bertujuan untuk mencari suatu
strategi pembelajaran yang efektif dan Efisien dalam mengajarkan materi
pecahan bagi siswa dengan cara memasukkan unsure permainan dalam
pelajaran matematika di SD Negeri 1 Plumbon dengan cara mengaktifkan
siswa pada pembelajaran TGT (Teams Games Turnament). Strategi
dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada
setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Sedang untuk mengaktifkan siswa dalam penelitian ini,
peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada siswa dalam
kelompok besar dan kelompok kecil.
Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas
ini adalah siswa kelas V semester 2 sedang objeknya adalah pembelajaran
materi pecahan pada mata pelajaran Matematika yang diajarkan dengan cara
mengaktifkan siswa dalam individu dan kelompok dengan permainan.
Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi
awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian
tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang
dicapai siswa dalam menguasai materi pecahan yang diberikan.
Peningkatan penguasaan materi ini mulai dari siklus I siswa dapat
meningkat dari kondisi awal sedang dari kondisi di siklus I setelah
dilakukan tindakan pada siklus II.
Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka
peneliti merekomendasikan pada pengambil jabatan ataupun pelaksana
pembelajaran dalam hal ini yaitu pengajar untuk mengajarkan materi
pembelajaran TGT dalam kelompok dan dengan tehnik permainan siswa
menjadi tertarik pada pelajaran..
Keyword : TGT (Teams Games Turnament), Pembelajaran Efektif, Pecahan.
DAFTAR PUSTAKA
Daniel Muijs dan David Reynolds 2008. EffectiveTteaching Teori dan Aplikasi (Edisi ke -2 ) Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Russeffendi 1988. Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito
Nana Sudjana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Andi Hakim Nasution. 1982. Landasan Matematika. Jakarta : Bharata Karya Aksara.
Gagne, Robert M and Leslie J. Briggs, 1978. Principles of Instructional Design. 2nd Ed, New York : Holt Rinehart and Winstons.
Hisyam Zaini, Bermawy Munthe & Sekar Ayu Aryani, 2007, Strategi Pembelajaran Aktif, CTSD,IAIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP.089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar