PTK SMP 203: Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort Kolaborasi Small Group Discussion Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Perlindungan dan Penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) Pada Siswa kelas VII A SMP Negeri XXX Tahun 2011
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi perlindungan
dan penegakan hak asasi manusia (HAM) pada siswa kelas VII A
SMP Negeri xxx tahun 2011 melalui
penggunaan metode card
sort kolaborasi small group disscussion. Sebelum diberikan tindakan keaktifan
siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif
pemecahannya dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok. Akan tetapi penerapan metode tersebut belum
mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan oleh penelitian
adalah dengan menggunakan metode pembelajaran card sort
kolaborasi small group disscussion. Data penelitian ini
dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa
berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini
terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran card sort kolaborasi small group disscussion. keaktifan siswa dalam proses pembelajaran
PKn materi perlindungan dan penegakan hak asasi manusia (HAM) pada siswa kelas
VII A SMP Negeri xxx Tahun 2011 dapat meningkat minimal 75% dari 27 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada
mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi perlindungan dan penegakan hak
asasi manusia (HAM) pada kelas VII A SMP Negeri xxx yaitu dari yang
aktif bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan
menggunakan strategi pembelajaran card
sort kolaborasi small group
disscussion siswa yang aktif materi perlindungan dan
penegakan hak asasi manusia sebanyak 10 siswa atau 37,7%. Setelah dilakukan tindakan yang telah
disepakati yaitu menerapkan strategi pembelajaran card sord kolaborasi small
group disscussion,
siklus I meningkat menjadi 12 siswa atau 44,4% dan siklus II meningkat menjadi
20 siswa atau 74,1%. Hasil penelitian ini telah melampaui indikator kinerja.
Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis
yang menyatakan “Diduga dari penggunaan metode card sort kolaborasi small
group discussion, dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses
Pembelajaran PKn Materi perlindungan dan penegakan hak asasi manusia (HAM) Pada
Siswa Kelas VII A SMP Negeri xxx Tahun 2011” terbukti dan dapat diterima
kebenarannya.
DAFTAR
PUSTAKA
Arikunto,
Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto,
Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Kansil,
C.S.T dan Cristine. 2005. Pendidikan
Kewarganegaraan Perguruan Tinggi. Jakarta: Pradnya Paramita.
Irenewati, Terry. 2007. “Optimalisasi
Penerapan Metode Small Group Discussion dalam Pembelajaran Mata Kulian Sejarah
Australia dan Oceania di Program Studi Pendidikan Sejarah. (Penelitian)”. Yogyakarta: Fakultas
Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY. (http://www.google.com) diakses Minggu, 18
April 2011 pukul 21.40).
Miles,
B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis
Data Kualitatif (Buku Sumber tentang Metode-metode Baru). Jakarta:
UIP.
Moleong,
Lexi J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nawawi,
Hadari dan Martini Hadari. 1992. Instrument
Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Purwitosari,
Mamik. 2009. “Peningkatan
Keaktifan Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajarn Card Sort Dikelas IV
Semester I SD WONOKERTO 3 (PTK Di SD Wonokerto 3 Tahun Ajaran 2008/2009”. Skripsi.
Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika
Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Silberman,
Mel. 2001. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif.
Yogyakarta.: Insan Madani.
Sriyono,
dkk. 1992. Teknik Belajar Mengajar Dalam
CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyarto.
2007. Pendidikan Kewarganegaraan SMP
Kelas VII. Surakarta: Grahadi.
Tim
Penyusun Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yng Kreatif dan Efektif). Jakarta: Bumi Aksara.
Zaini,
dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif.
Yogyakarta: Insan Madani.
Untuk Mendapatkan File Lengkap Silahkan Hubungi/sms ke HP 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar