PTK SD 069 : Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Pembelajaran Quantum Teaching bidang Studi IPA Kelas III Di SD Negeri Gunungsari 01 kecamatan Batangan Kabupaten Pati
S A R I
xxxxxxxxxxxx.
Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Pembelajaran Quantum Teaching
bidang Studi IPA Kelas III Di SD Negeri Gunungsari 01 kecamatan
Batangan Kabupaten Pati
Skripsi.
Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Drs. Hardjono, II. Drs.
Sukirman ,M.Si.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Quantum Teaching
Penyajian
dalam pembelajaran Quantum Teaching merupakan model pembelajaran
yang ideal, karena menekankan kerja sama antara siswa dan guru untuk
mencapai tujuan bersama. Model pembelajaran ini juga efektif karena
memungkinkan siswa dapat belajar secara optimal, yang pada gilirannya
akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa secara signifikan.
Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia memerlukan penanganan yang
segera. Oleh karena itu penulis ingin memecahkan masalah dengan strategi
pembelajaran Quantum Teaching, karena strategi tersebut bisa
diterapkan di SD. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui
peningkatan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran Quantum Teaching
bagi siswa SD Negeri Gunungsari 01, Kecamatan Batangan, Kabupaten
Pati.
Penelitian
dilakukan di SD Negeri Gunungsari 01, Kecamatan Batangan, Kabupaten
Pati. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Adapun yang
menjadi subjek penelitian adalah siswa Kelas III SD. Variabel
penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode Quantum Teaching
sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel
terikatnya. Data diambil menggunakan teknik tes, dan observasi. Analisis
data penelitian menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji
t.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum
perlakukan adalah 6,1. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan
metode Quantum Teaching pada siklus I hasil belajar siswa meningkat
menjadi 6,6, pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi
menjadi 7,3 dan siklus III hasil belajar siswa meningkat menjadi 7,9.
Secara keseluruhan dengan penggunaan metode Quantum Teaching
tersebut mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 7,3. Hasil
pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh t= hitung 6,935 > t 1,77.
Hal ini berarti metode pembelajaran Quantum Teaching dapat
meningkatkan prestasi mata pelajaran IPA siswa kelas III SD Negeri
Gunungsari 01, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati.
Mengacu
dari hasil penelitian, metode pembelajaran Quantum Teaching mampu
meningkatkan hasil belajar maka penulis mengajukan saran sebagai
berikut: 1) Sebagai bahan pertimbangan hendaknya guru IPA kelas III SD
dapatmelakukan pembelajaran IPA untuk kelas III SD dengan menerapkan
metode pembelajaran Quantum Teaching, sehingga pembelajaran menjadi
lebih optimal 2) Dari hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan
untuk memungkinkan diadakannya penelitian lebih lanjut sehingga
diperoleh kemampuan yang lebih tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim.(1994). Kurikulum Pendidikan Dasar GBPP Kelas III SD. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Ari
Nilandri (2001).Quantum Teaching :Orchestrating Student Succes
(Bobbi DePoter, Mark Reardon, Sarah Singer-Nourie,Terjemahan),Boston
:Allyn and Bacon. Buku asli diterbitkan tahun 1999.
Kasiani Kasbollah (1988). Pelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Depdibud.
Metodologi Penelitian Pendidikan. Semarang : Rineka Cipta. Margono.(1996).
----------
(1999). Pelitian Tindakan (Action Research). Jakarta: Departemen
Pendidikan dan Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan
Menengah Umum
Nasution,S (1998). Metode Penelitian Naturalistik Kualistif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ratna Wilis Dahar. (1996). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Gulo,W. (2002) Strategi Belajar Mengaja. jakarta: Balai Pustaka.
Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Afabeta. Sugiyono.(2002).
Iskandar, srini M.(1997) .Pendidkan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdibud Dirjendikti.
Suharsimi Arikunto. (1996). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Bumi Aksara.
Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. -------------(1993).
Suwarsih Madya (1994). Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta:Lembaga Pelitian IKIP Yogyakarta.
Suyanto.
(1996).Pendidikan Pelaksanaan Penelitian Tindakan kelas. Yogyakarta :
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depertemen Pendidikan dan
Kebudayan.
Syamsudin, Abin. 2000. Psikologi kependidikan. Bandung: Rosdakarya.
Winkel,WS.1986. Psikologi pendidkan dan evaluasi belajar. Jakarta: Gramedia
.
0 komentar:
Posting Komentar