PTK SD 093 = Pd 569 : Peningkatan Pengembangan Kosakata dengan Teknik Pengamatan Lingkungan pada Siswa Kelas III SDN Purworejo I Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009
ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxxx, 2009.
Peningkatan Pengembangan Kosakata dengan Teknik Pengamatan Lingkungan
pada Siswa Kelas III SDN Purworejo I Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten
Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009. Program
Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun.
Pembimbing (I) Drs. Bambang Eko Hari Cahyono, M.Pd., (II) Elen
Inderasari, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci : Pengembangan Kosakata, Pengamatan Lingkungan
Berbicara adalah kemampuan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau
kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran,
gagasan dan perasaan. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui upaya
yang dilakukan oleh para guru untuk meningkatkan Pengembangan Kosakata
dengan Teknik Pengamatan Lingkungan Pada Siswa Kelas III Semester
Ganjil SDN Purworejo I Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan Tahun
Pelajaran 2008/ 2009.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III semester ganjil Sekolah
Dasar Negeri Purworejo I Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan Tahun
Pelajaran 2008/ 2009. Metode pengambilan sampel menggunakan metode
sampel total karena sampel diambil dari semua subjek atau populasi
sebanyak 20 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan
sistem 3 siklus. Dalam pengolahan data menggunakan metode penelitian
deskriptif kuantitatif.
Dari tindakan-tindakan yang dilaksanakan dalam penelitian ini, ada
peningkatan prestasi belajar siswa secara signifikan dari siklus I ke
siklus II, siklus II ke siklus III dengan rata-rata nilai yang diperoleh
: pada siklus I dari 20 siswa, dengan nilai rata-rata 52,3,
yang tuntas belajar hanya 15% atau 3 anak, sedangkan siswa yang tidak
berhasil adalah 85% atau 17 anak. Pada siklus II dengan nilai rata-rata
68,8, siswa yang berhasil (tuntas) meningkat dari 3 anak (15%) menjadi
15 anak atau 75%. Selanjutnya, siswa yang tidak berhasil mengalami
penurunan dari 17 anak (85%) menjadi 5 anak (25%). Pada siklus III
dengan nilai rata-rata 81,1 jumlah siswa yang berhasil juga mengalami
peningkatan, dari 15 siswa (75%) menjadi 20 siswa (100%).
Keberhasilan ini disebabkan kemampuan siswa dalam memahami materi
meningkat, keaktifan siswa untuk bertanya tentang kesulitan-kesulitan
juga meningkat. Hal ini juga ditunjang oleh tersedianya waktu yang
cukup untuk mengerjakan apa yang diberikan guru, serta kesiapan guru
dalam pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan
yang signifikan dan sangat efektif teknik pengamatan lingkungan untuk
mengembangkan kosakata.
DAFTAR PUSTAKA
Daryanto. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya : Apollo.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
DP Tampubolon. 1987 Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende Flores: Nusa Indah.
Endang Lestari. 2003. Komunikasi yang Efektif. Bahan Ajar Diklat Prajabatan I dan II. Jakarta : Lembaga Administrasi Negara
Endang Lestari. 2003. Komunikasi yang Efektif. Bahan Ajar Diklat Prajabatan I dan II Jakarta: Lembaga Administrasi Negara
Finoza, Lamuddin. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Diksi Intan Mulia.
Gurnitowati dan Maliki. 2003 Telaah Sastra. Surakarta: Muhamadiyah University Press.
Hariyadi. 1997. Peningkatan Keterampilan Berbahasa. Surabaya : Depdikbud
Http/ bahasaIndonesia.wordpress.com/2008/08/23/media-belaiar, diakses tanggal 20/05/2009
Http/wwwlk-4-bahasaindonesia.com/2008/belajar-mengaiar-membaca-ke-5), diakses tanggal 28/05/2009
Htpp/massofa.wordpress.com/200$/08/23/bahasaIndonesia.com/2008/belajarmengajar-membaca-ke-5/, diakses tanggal 20/OS/2009
Http/www.ittelkom.ac.id/kata.text, diakses tanggal 06/ OS/2009.
Nana Sudjana. 1989. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algendindo. Henry Guntur Tarigan. 1984. Pengajaran Kosakata. Bandung :Angkasa Cetakan
_________ . 1981. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa : Bandung : Angkasa
Muchlish Masnur. 1992. Paket Pelajaran Bahasa Indonesia. Semarang: Tiga Serangkai.
Pusat Pembinaan Pengembangan Bahasa. Depdikbud. Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta : Balai Pustaka
Soejito. 1986. Kosakata Bahasa Indonesia. Malang : FPBS IKIP Malang, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Suharsimi Arikunto. 1985. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Bina Aksara . 1991. Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar