PTK SD 032 : MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS MELALUI METODE BERVARIASI PADA SISWA KELAS V SEMESTER II TAHUN AJARAN 2008 SDN MERGOSARI 01 KECAMATAN TARIK KABUPATEN SIDOARJO
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Saat ini teknologi berkembang sangat pesat, maka hal
ini harus diikuti dengan peningkatan mutu pendidikan. Demikian juga
halnya dengan pelajaran Sains. Peningkatan Mutu pendidikan Sains mutlak
diperlukan namun perlu disadari bahwa peningkatan mutu pendidikan
Sains tidak dapat tewujud tanpa adanya peningkatan proses pembelajaran
Sains. Sedangkan kenyataan yang ada, sebagian besar siswa beranggapan
bahwa pelajaran Sains adalah pelajaran yang tidak penting bahkan
dinomorduakan. Akibatnya Indikator yang ada tidak dapat dituntaskan
secara maksimal ini bisa dilihat dari minimnya pengetahuan anak akan
percobaan percobaan yang mestinya harus dilakukan.
Maka diperlukan suatu upaya peningkatan mutu
pembelajaran Sains dengan cara memilih strategi pembelajaran yang
sesuai dengan minat dan fase perkembangan siswa. Penalaman belajar
disekolah harus fleksibel dan tidak kaku, serta perlu menekankan pada
kreatifitas, rasa ingin tahu, kejujuran dan disiplin.
Berdasarkan fakta yang ada, kegagalan dalam belajar
rata rata dihadapi oleh sejumlah siswa yang tidak memiliki dorongan
belajar. Untuk itu dibutuhkan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru
yang dapat membangkitkan Motivasi belajar siswa. Misalnya dengan
membimbing siswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan belajar
mengajar.
Tugas Guru yang diantaranya adalah merencanakan
bagaimana guru mendukung Motivasi Siswa (Nur 2001 : 3). Maka seorang
Guru disamping menguasai materi juga harus memilih dan menetapkan model
pembelajaran, sehingga pelaksanaan penyajian materi yang sesuai dengan
kemampuan dan kesiapan anak, sehingga menghasilkan penguasaan materi
yang optimal bagi siswa.
B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang dan pemikiran di
atas maka rumusan penelitian tindakan kelas ini adalah Bagaimana
meningkatkan pemahaman konsep Sains melalui metode bervariasi pada
Siswa Kelas V Semester II Tahun Ajaran 2008 SDN Mergosari 01 Kecamatan
Tarik Kabupaten Sidoarjo ?
C. TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan rumusan masalah tersebut diatas maka, tujuan
penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana meningkatkan
pemahaman konsep Sains melalui metode bervariasi pada Siswa Kelas V
Semester II Tahun Ajaran 2008 SDN Mergosari 01 Kecamatan Tarik
Kabupaten Sidoarjo.
D. MANFAAT PENELITIAN
a. Bagi
Kepala Sekolah : Sebagai sarana pembinaan kepada guru guru bidang
eksakta untuk mempertimbangkan penggunaan berbagai metode.
b. Bagi guru bidang studi eksakta : Sebagai sarana untuk meningkatkan hasil proses belajar mengajar bidang studi eksakta.
c. Bagi
teman sejawat : Sebagai sarana untuk belajar dalam penelitian
tindakan kelas dengan metode yang berbeda sehingga memberikan
pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dalam penelitian tindakan
kelas.
DAFTAR PUSTAKA
Departemen pendidikan Nasional 2003 ” Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan”
W. Rochiati, 2005. Metode penelitian tindakan kelas, Bandung : PT Remaja Rosda karya.
Wardini J & N Marsinah, 2007 ” Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka.
www.beritaiptek.online “ Menguji grafitasi Einstein” diakses tanggal 29 April 2008 jam 11.30.
www.novita.blogspot.com” Peningkatan motivasi dan minat belajar melalui metode variasi di SMA Kelas IX. Diakses tanggal 14 Mei 2008.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar