Minggu, 22 November 2015

PTK SD 088 = Pd 557 : Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN Sidomulyo 02, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009 Melalui Media Syair Lagu Pop

 PTK SD 088 = Pd 557 : Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN Sidomulyo 02, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009 Melalui Media Syair Lagu Pop



 ABSTRAK

xxxxxxxxxxx. 2009. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN Sidomulyo 02, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009 Melalui Media Syair Lagu Pop. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. FPBS, IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (I) Drs. Agus Budi Santoso, M.Pd., (II) Elen Inderasari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : kemampuan menulis puisi, media syair lagu pop
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi siswa Kelas IV SDN Sidomulyo 02, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/ 2009 melalui media syair lagu pop.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Pada masing-masing siklus dilakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian mengenai pembelajaran reflektif yang dilaksanakan secara siklus oleh guru di dalam kelas dalam rangka memecahkan masalah, sampai masalah itu dipecahkan. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teknik analisis kritis. Teknik analisis kritis mencakup kegiatan untuk mengungkap kelemahan dan kelebihan kinerja siswa dan guru dalam proses belajar mengajar.
Berdasarkan hasil nenelitian diperoleh hasil sebagai berikut. Penggunaan syair lagu pop dapat meningkatkan kualitas proses belajar dalam kegiatan menulis puisi. Peningkatan kualitas proses belajar ini tampak dari keefektifan siswa mengajukan pertanyaan ketika proses belajar maupun kegiatan diskusi saat berlangsung, hasil kerja kelompok yang diselesaikan tepat waktu, dan ketuntasan hasil belajar meningkat. Secara umum terjadi peningkatan kemampuan menulis puisi melalui media syair lagu pop.
Hasil analisis data pada siklus I jumlah siswa yang nilainya > 65 atau dalam kategori tuntas adalah 5 anak atau mencapai (27,78%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 61,11. Pada siklus 2, jumlah siswa yang memperoleh nilai > 65 atau dalam kategori tuntas sebanyak 12 anak atau mencapai (66,67%) dengan nilai rata-rata kelas 70,28. Pada siklus 3 jumlah siswa yang tuntas adaiah 17 anak atau mencapai (94,44%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 76,11. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan media syair lagu pop dilaksanakan dengan baik dan pemahaman materi yang diterima siswa juga baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa media syair lagu pep dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi, yaitu dengan meningkatnya ketuntasan belajar secara klasikai, nilai rata-rata kelas dari tiap siklus sampai akhir pembelajaran dan meningkatnya kinerja kelompok dalam kegiatan diskusi.


DAFTAR PUSTAKA
Asul Wiyanto. 2005. Sastra di Sekolah. Yogyakarta: Dianika.
Basuki Wibawa, 2004. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Tenaga Kependidikan.
Burhan Nurgiyantoro. 2001. Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta: BPFE.
Henry Guntur Tarigan. 1992. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa,
Kinayati Djojosureto. 2004. Prinsip prinsip Dasar Penelitian Bahasa don Sastra. Bandung: Nuansa.
Lamuddin Finoza. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
Mukhsin Ahmadi. 1990. Strategi Belajar-Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: YA3.
Ngalim Purwanto dan Jeniah Alim. 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Rosda Jayaputra.
Panji Kuncoro Hadi. 2006. Puisi. Madiun : FPBS IKIP PGRI Maduin
Riris. K.Toha-Sarumpeat, 2002. Apresiasi Puisi Remaja : Catatan Mengoiah Cinta. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia
Sabarti Akhadiah, Maidar G. Arsjad, dan Sakura H. Ridwan. 1996. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Suharsimi Arikunto dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutedjo dati Kasnadi. 2008. Menulis Kreatif- Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen. Yogyakarta: Nadi Pustaka.
Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar