Jumat, 20 November 2015

PTK SD 074 : Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Perpustakaan Pada Siswa kelas III SDN Lemah Kembar Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. PTK

 PTK SD 074 : Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Perpustakaan Pada Siswa kelas III SDN Lemah Kembar Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. PTK



 ABSTRAK

xxxxxxxxxxx. PTK. Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Perpustakaan Pada Siswa kelas III SDN Lemah Kembar Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. PTK.
Kata‑kata Kunci : Kemampuan, Bercerita, Perpustakaan
Untuk memperoleh hasil yang optimal, maka peningkatan mutu pendidikan harus diupayakan secara terus menerus terencana dan bertahap. Salah satu upaya yang telah dilaksanakan ke arah tersebut adalah ketrampilan bercerita pada siswa. Banyak teknik yang ditempuh oleh guru dalam usaha meningkatkan ketrampilan bercerita pada siswanya, salah satu teknik yang ditempuh adalah menggalakkan siswa untuk membaca buku perpustakaan kemudian menceritakan kembali secara runtut dengan bahasa yang baik dan benar.
Pembahasan uraian penelitian ini adalah bagaimana cara guru meningkatkan ketrampilan bercerita pada siswanya, dengan demikian rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : apakah dengan membaca buku perpustakaan dapat meningkatkan ketrampilan bercerita pada siswa? sedang tujuan penelitian adalah meningkatkan ketrampilan bercerita pada siswa melalui buku perpustakaan, sehingga jika ketrampilan bercerita pada siswa dapat ditingkatkan melalui membaca buku perpustakaan, maka apabila digalakkannya membaca buku perpustakaan, ketrampilan bercerita pada siswa kelas III SD Negeri Lemah Kembar, kecamatan Sumberasih, kabupaten Probolinggo dapat ditingkatkan.
Kegiatan bercerita pada siswa sangat penting, hal ini disebabkan bahwa aspek pembelajaran bahasa Indonesia merupakan satu kesatuan yang utuh yang meliputi mendengarkan, membaca, bercerita, clan menulis, sehingga apabila‑ salah. satu aspek tidak diajarkan maka pembelajaran bahasa Indonesia kurang lengkap.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan menentukan langkah‑langkah : perencanaan, prosedur pelaksanaan tindakan, refleksi, subyek penelitian, pengumpulan data, instrumen penelitian, teknis analisa data, penyiapan partisipan, penelitian tindakan menggunakan alur spiral dengan tiga siklus.
Hasil penelitian dari siklus 1 s.d III dari data yang dikumpulkan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui membaca buku perpustakaan ketrampilan bercerita pada siswa kelas 111 SD Negeri Lemah Kembar, kecamatan Sumberasih, kabupaten Probolinggo dapat ditingkatkan.



DAFTAR RUJUKAN
Ali, Muhammad, 1984. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Arikunto, Suharsimi, 1987. Dasar‑Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bina Kansara.
Badudu, LS, 1984. Sari Kesusasteraan Indonesia. Bandung : CV. Pustaka Prima
Depclikbud.1994. G13PP Kurikulum Sekolah Dasar Th. 1994. Jakarta: Depdikbud
Keraf, Gerys, 1984. Diksi dan Gaya Bahasa.. Jakarta : Gramedia.
Nurkancana, Wayan, 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.
Poerwadan‑ninta, W.J.S, 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta Balai Pustaka.
Surachmad, Winarno, 1986. Pengantar Penelitian Ilmiah dan Metode Teknik. Bandung: Tarsito.
Tarigan, Henry Guntur, 1985. Pengajaran Bahasg Indonesia. Bandung Angkasa
Wirjosoedarmo, Soekono, 1984. Teori Sastra Indonesia. Solo : Intan Pariwara.



Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar