PTK SD 074 : Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Perpustakaan Pada Siswa kelas III SDN Lemah Kembar Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. PTK
ABSTRAK
xxxxxxxxxxx. PTK.
Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Perpustakaan Pada Siswa
kelas III SDN Lemah Kembar Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo.
PTK.
Kata‑kata Kunci : Kemampuan, Bercerita, Perpustakaan
Untuk memperoleh hasil yang optimal, maka peningkatan mutu pendidikan harus
diupayakan secara terus menerus terencana dan bertahap. Salah satu
upaya yang telah dilaksanakan ke arah tersebut adalah ketrampilan
bercerita pada siswa. Banyak teknik yang ditempuh oleh guru dalam usaha
meningkatkan ketrampilan bercerita pada siswanya, salah satu teknik
yang ditempuh adalah menggalakkan siswa untuk membaca buku perpustakaan
kemudian menceritakan kembali secara runtut dengan bahasa yang baik
dan benar.
Pembahasan uraian
penelitian ini adalah bagaimana cara guru meningkatkan ketrampilan
bercerita pada siswanya, dengan demikian rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah : apakah dengan membaca buku perpustakaan dapat
meningkatkan ketrampilan bercerita pada siswa? sedang tujuan penelitian
adalah meningkatkan ketrampilan bercerita pada siswa melalui buku
perpustakaan, sehingga jika ketrampilan bercerita pada siswa dapat
ditingkatkan melalui membaca buku perpustakaan, maka apabila
digalakkannya membaca buku perpustakaan, ketrampilan bercerita pada
siswa kelas III SD Negeri Lemah Kembar, kecamatan Sumberasih, kabupaten
Probolinggo dapat ditingkatkan.
Kegiatan bercerita pada
siswa sangat penting, hal ini disebabkan bahwa aspek pembelajaran
bahasa Indonesia merupakan satu kesatuan yang utuh yang meliputi
mendengarkan, membaca, bercerita, clan menulis, sehingga apabila‑
salah. satu aspek tidak diajarkan maka pembelajaran bahasa Indonesia
kurang lengkap.
Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan dengan menentukan langkah‑langkah :
perencanaan, prosedur pelaksanaan tindakan, refleksi, subyek
penelitian, pengumpulan data, instrumen penelitian, teknis analisa
data, penyiapan partisipan, penelitian tindakan menggunakan alur spiral
dengan tiga siklus.
Hasil penelitian dari
siklus 1 s.d III dari data yang dikumpulkan menunjukkan adanya
peningkatan yang signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui
membaca buku perpustakaan ketrampilan bercerita pada siswa kelas 111 SD
Negeri Lemah Kembar, kecamatan Sumberasih, kabupaten Probolinggo dapat
ditingkatkan.
DAFTAR RUJUKAN
Ali, Muhammad, 1984. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Arikunto, Suharsimi, 1987. Dasar‑Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bina Kansara.
Badudu, LS, 1984. Sari Kesusasteraan Indonesia. Bandung : CV. Pustaka Prima
Depclikbud.1994. G13PP Kurikulum Sekolah Dasar Th. 1994. Jakarta: Depdikbud
Keraf, Gerys, 1984. Diksi dan Gaya Bahasa.. Jakarta : Gramedia.
Nurkancana, Wayan, 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.
Poerwadan‑ninta, W.J.S, 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta Balai Pustaka.
Surachmad, Winarno, 1986. Pengantar Penelitian Ilmiah dan Metode Teknik. Bandung: Tarsito.
Tarigan, Henry Guntur, 1985. Pengajaran Bahasg Indonesia. Bandung Angkasa
Wirjosoedarmo, Soekono, 1984. Teori Sastra Indonesia. Solo : Intan Pariwara.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar