PENINGKATAN
KEMAMPUAN
MEMBUAT
KALIMAT
BAHASA INGGRIS
Abstrak.
Konsep Quantum Teaching menyatakan "Bawalah dunia mereka ke
dunia kita dan antarkan dunia mereka ke dunia kita". Dalam penelitian ini,
penulis memilih suatu strategi pembelajaran yang dapat menjembatani antara
dunia guru dangan dunia siswa, yang dinamakan strategi Chain Card Game
atau Permainan Kartu Berantai. Strategi ini digunakan dengan tujuan untuk
meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris siswa kelas 2 SLTP Negeri 4 Muara
Kelingi, Musi Rawas. Setelah mengadakan perlakuan selama tiga siklus, nampak
bahwa kemampuan siswa dalam membuat kalimat bahasa Inggris sedikit demi sedikit
meningkat. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai tes yang telah
dilaksanakan. Pada tes awal rata-rata nilai kemampuan siswa dalam membuat
kalimat adalah 4,10; pada tes 1 (t-1) didapat rata-rata nilai 4,46, pada test 2
(t-2) didapat nilai rata-rata 4,88 dan pada akhir siklus tes 3 (t-3) didapat
rata-ra+a nilai 5,40. Dalam penelitian ini, yang paling menggembirakan dengan
menggunakan strategi Chain Card Game adalah meningkatnya gairah
belajar siswa.
PENDAHULUAN
Kegiatan Penelitian Tindakan
Kelas ini dilakukan karena adanya beberapa masalah yang dihadapi baik oleh guru
maupun oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Secara urnum dalam belajar
bahasa Inggris siswa harus menguasai empat keterampilan berbahasa, yaitu:
keterampilan mendengar (listening), berbicara (speaking), membaca (reading) dan
menulis (writing), Namun dalam penelitian ini hanya difokuskan pada masalah
yang timbul dalam kegiatan menulis, khususnya dalam membuat kalimat bahasa
Inggris sederhana.
Data dari
lapangan menunjukkan bahwa kemampuan membuat kalimat bahasa Inggris siswa
sangat memprihatinkan atau masih rendah, yaitu nilai rata-rata 4,10 setelah
diadakan tes awal kemampuan siswa dalam membuat kalimat bahasa Inggris (t-O).
Rendahnya
kemampuan siswa dalam membuat kalimat bahasa Inggris ini tentunya dipengaruhi
oleh beberapa hal, antara lain: kurangnya
latihan yang diberikan
guru, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas kurang bervariasi
dan kurangnya tugas yang diberikan oleh guru. Oleh sebab itu, penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mambuat kalimat bahasa
Inggris dangan menggunakan strategi Chain Card Game atau
Permainan Kartu Berantai.
Yang dimaksud
kemampuan membuat kalimat bahasa Inggris sederhana adalah kemampuan siswa dalam
menuan++++++gkan ide atau gagasan dalam bentuk kalimat. Dalam membuat kalimat
perlu memperhatikan dua hal, yaitu subtansi dari hasil tulisan itu (ide yang
diekspresikan) dan aturan struktur bahasa yang benar (gramatical form and
syntactic pattern). Membuat kalimat termasuk ke dalam kegiatan untuk
keterampilan menulis, karena itu membuat kalimat juga berarti mengungkapkan ide
dan berkomunikasi dengan orang lain melalui simbol-simbol bahasa (Harris,
1988).
Kalimat-kalimat
yang dibuat dapat berupa kalimat yang paling sederhana yang hanya mengandung
dua jabatan kata dalam kalimat, yaitu subyek dan kata kerja (S + V); subyek,
kata kerja dan obyek (S+V+O) atau kalimat yang paling lengkap, yaitu: subyek,
kata kerja, obyek, dan keterangan (S+V+O+ Adv).
Permainan
menurut Carrier (1982) mempunyai nilai yang sangat tinggi bagi guru bahasa
asing, sebab permainan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan
keterampilan bahasa tertentu dengan situasi yang tidak terlalu formal.
Sedangkan menurut Hadfield (1984), permainan merupakan aktivitas yang mempunyai
tujuan dan elemen kesenangan.
Chain
Card Game adalah sebuah terjemahaan bebas dari Permainan Kartu
Berantai. Para pemain memainkan kartu ini layaknya seperti bermain kartu remi.
Dalam permainan ini, pemain ditugaskan
menyusun kartu-kartu yang
DAFTAR PUSTAKA
Carrier, M.
1982. Game and activities forthe language learner. London:
Harrap.
Deporter, B.,
Reardon, M. & Singer-Nourie, S. 2001. Quantum teaching.
Bandung: Kaiffa.
Harfield, J.
1984. Elementari communication games Thomas Nelson and Son
Ltd.
Harris, D.R
1988. Testing English as a second. New york:
McGraw-Hill Book Company.
llyas, 1. 200. Upaya
Meningkatkan kemampuan siswa kelas 2 SLTP Negeri
30 Palembang dalam memahami teks lisan melalui
strategi 'DICTOGLOS'.
Hasan, Z. M;
Sukaryana, 1. W. & Waioedy. 1997. Penelitian tindakan (Action
Research). Jakarta: Deparemen Pendidikan dan Kebudayaan.
-----------------------------
*) Andreas
Suwarno adalah Guru Bahasa Inggris SLTPN 4 Muaro Kelingi Kabupaten Musi Rawas
Sumatera Selatan.
Sumber : Buletin Pelangi Pendidikan (Buletin Peningkatan
Mutu Pendidikan SLTP) Volume 6 No. 1 Tahun 2003
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
Asala'mualaikum mba,,,bLh ngaak di mnta data yg ini lbh lngkap....??? Thanks before! KLu bLh aq mnta di qri yaa ke emailq Reitnerchors@yahoo.com
BalasHapusAskum mbak boleh minta contohnya chain card game
BalasHapuskalo boleh minta contah PTK ini lebih lengkap dan contoh model kartu berantai dan kirim ke email saya sunarnisihrahayu@gmail.com
BalasHapus