PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
DENGAN LKS BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III.3 PADA
MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI 1 SAPE TAHUN AJARAN 2006/2007
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
Biologi Sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan alam
merupakan salah satu mata pelajaran yang mempelajari makhluk hidup dan segala
seluk beluknya. untuk mengantisipasi agar peserta didik tidak bosan dan jenuh
dalam mempelajari ilmu ini, maka harus ditunjang oleh muatan kurikulum yang
relevan sesuai dengan perkembangan ilmu dan tekhnologi yang bergerak cepat dan
kompek, juga dan sangatlah penting ditopang profesional dan kemampuan guru
dalam pengelolaan dan penerapan metode pembelajara biologi didalam maupun
diluar kelas.
Bertitik tolak dari uraian diatas dalam upaya peningkatan
kualitas pembelajaran dan pengajaran biologi perlu pengubah paradigma lama
bahwa guru dalam pengelola. Kegiatan mengajar menggunakan hal yang tidak
beroriantasi pada ”Bagaimana saya belajar (Tearcher Conterend) tetapi lebih
kepada bagaimana saya membelajarkan siswa Depdiknas SN. 43.44)”. Untuk
mengantisipasi Perubahan para digma tersebut sangat didukung oleh kurikulum
2004 dimana proses belajar mengajar bukan untuk mengejar target kurikulum
semata tetapi lebih kepada Melaksanakan kompetensi apa yang diperoleh peserta
didik. Salah satu bentuk Pendekatan dalam kurikulum 2004 adalah Contektual
Teaching and Learning (CTL) Bleachard, 2001, dalam Depdiknas SN. 38 menjelaskan
“Pengajaran dan Pembelajaran Contektual merupakan suatu konsepsi yang membantu
mengaitkan isi materi pelajaran dengan situasi dunia nyata dan memotivasi siswa
membuat hubungan antar pengajaran dan penerapannya dalam kehidupan mereka
sebagai anggota keluarga, warga masyarakat, tenaga kerja”. Perangkat
pembelajaran Contektual kini telah diselaraskan dengan kurikulum berbasis
kompetensi (KBK) yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mengembangkan kemampuan kognitifnya sesuai dengan keahlian anak itu.
Pengalaman dalam proses pembelajaran biologi khususnya
materi cara-cara perkembangbiakan dengan metode ceramah dan diskusi tampa
gambar-gambar makhluk hidup (media pembelajaran) siswa kurang termotivasi dan
suasana belajar kurang menggairahkan serta tidak cukup efektif dalam
memanfaatkan buku sumber yang ada. Berdasarkan berbagai pemikiran diatas dan
pengalaman Menjalankan tugas mendorong penulis untuk membuat sedikit Perubahan
mengenai strategi pembelajaran dan ingin melakukan Penelitian tindakan kelas dengan
judul ” Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe stad
dengan lks bergambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III.3 pada
mata pelajaran biologi di SMP Negeri 1 Sape tahun ajaran 2006/2007”
1.2.
Perumusan Masalah.
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas maka permasalahan yang timbul adalah sebagai
Berikut :
1) Motivasi
belajar siswa tentang cara-cara perkembangbiakan kurang.
2)
Kemampuan / prestasi anak mengenal
cara-cara perkembangbiakan kurang
1.3.
Cara Pemecahan masalah.
Dari
permasalahan-permasalahan yang muncul tersebut penulis mencoba melaksanakan
dengan pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan LKS bergambar
dan didalamnya diajukan beberapa pertanyaan.
1.4.
Tujuan penelitian
1) Mengetahui
peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas IX
semester I mengenai konsep cara-cara perkembangbiakan melalui pendekatan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan LKS bergambar.
2) Mengetahui
permasalah-permasalahan yang dihadapi siswa sehingga dapat dicari solusinya.
1.5.
Manfaat Penelitian
1) Bagi Siswa
Meningkatkan
hasil belajar siswa khususnya pada konsep cara-cara perkembangbiakan makhluk
hidup demikian pula pada konsep-konsep berikutnya.
2) Bagi Guru
a. Sebagai
bahan acuan untuk mengintropeksi diri agar lebih baik dalam meningkatkan
profesionalisme untuk melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar.
b. Sebagai
bahan acuan bagi guru untuk dapat memilih metode pembelajaran bagi siswa yang
lebih tepat.
3) Bagi Sekolah
Hasil
penelitian nanti akan memberikan sumbangan yang berharga bagi Sekolah itu
sendiri dalam rangka perbaikan pembelajaran pada Khususnya dan sekolah lainnya
pada umumnya.
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas, 2004, Kurikulum Berbasis
Kompetensi, PT. Remaja Rasda Karya, Bandung.
Depdiknas, 2004, Materi Pelatihan
Terintegrasi, Jakarta.
Universitas terbuka, 2002, Penelitian
Tindakan Kelas, Jakarta.
Furkan Arif, 1982 : Pengatar Penelitian
Pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya.
Tim Pelatihan Proyek PGSM, 1999, Penelitian
Tindakan Kelas, Jakarta.
Dinas Pendidikan Nasional, 2003, Systim
Pendidikan nasional, Jakarta.
Nasir, Moh. Metode Penelitian,
Ghalia Indonesia, Jakarta.
Amirudin 1995 : Pengantar Apresiasi
Karya Sastra, Sinar Baru, Bandung
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap
(Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar