UPAYA
MEMBANTU SISWA MENGINGAT KEMBALI MATERI PELAJARAN MATEMATIKA LEWAT METODE
BELAJAR AKTIF MODEL MEMBERI PERTANYAAN DAN MENDAPATKAN JAWABAN PADA SISWA KELAS
…
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Akhir dari rangkaian proses belajar mengajar adalah
tes akhir suatu mata pelajaran yang dilakukan melalui tes formatif, sub
sumatif, tes sumatif, tes akhir semester atau tes ujian akhir bagi siswa kelas
VI, kelas IX, atau kelas XII. Di dalam
menghadapi tes ujian akhir atau Ujian Nasional (UNAS) bagi siswa kelas …………
sekolah dasar perlu adanya refreshing
terhadap materi ajar yang telah diterima oleh siswa selama mengikuti proses
belajar mengajar.
Bagaimanakah caranya agar siswa tidak melupakan materi
pelajaran yang telah diterimanya sehingga nantinya siap menghadapi UNAS yang
siap atau tidak siap harus mereka hadapi. Bagaimanakah membuat suatu materi
ajar agar tidak terlupakan oleh anak didik. Dalam hal ini guru harus mencari metode untuk
mengingatkan segala memori di benak siswa yang telah mereka terima. Guru harus
bisa membangkitkan kembali memori itu.
Salah satu metode pengajaran yang bisa membuat anak
bisa dan harus mengingat kembali materi pelajaran yang telah mereka terima
adalah cara belajar aktif model pembelajaran meninjau ulang kesulitan pada materi
pelajaran.
Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa
sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar
yang langgeng. Yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah
kegiatan belajar aktif.
Agar belajar manjadi aktif, siswa harus mengerjakan
banyak sekali tugas. Mereka haru
menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang
mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan penuh
gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa
dan berfikir keras (moving about dan thinking aloud).
Bertitik
tolak dari latar belakang permasalahan tersebut di atas maka dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Upaya
Membantu Siswa Mengingat Kembali Materi Pelajaran Matematika Lewat Metode
Belajar Aktif Model Memberikan Pertanyaan Dan Mendapatkan Jawaban Pada Siswa
Kelas ……… Tahun Pelajaran 2004/2005”.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan pada
latar belakang tersebut, maka masalah yang timbul dalam penelitian ini adalah
sebagai berikut:
1. Bagaimanakah tingkat penguasaan materi
pelajaran Matematika siswa kelas ………………………………. tahun pelajaran 2004/2005?
2. Seberapa jauh tingkat penguasaan materi
pelajaran Matematika yang telah diterima siswa dalam menghadapi ujian akhir?
- Bagaimanakah pengaruh metode belajar aktif
model memberi pertanyaan mendapat jawaban dalam mengingatkan kembali
materi pelajaran matematika yang telah dipelajari pada siswa kelas
……………………………ahun pelajaran 2004/2005?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai
dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:
- Mengetahui tingkat pengusasaan materi
pelajaran matematika yang telah dipelajari pada siswa kelas ………………………………
tahun pelajaran 2004/2005.
- Mengetahui pengaruh metode belajar aktif
model memberi pertanyaan mendapat jawaban pada siswa kelas ………………………..
tahun pelajaran 2004/2005.
D. Kegunaan Penelitian
Penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi:
- Sekolah sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran bahasa Inggris.
- Guru, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.
- Membantu siswa mengingat kembali materi pelajaran khususnya pelajaran matematika guna menghadapi ujian.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta
Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses
Belajar Mengajar. Bandung:
Sinar Baru Algesindon.
Lee, W.R. 1985. Language Teaching
Games and Contests. London: Oxfortd University Press.
Melvin,
L. Siberman. 2004. Aktif Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung:
Nusamedia dan Nuansa.
Riduawan.
2004. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.
Bandung: Alfabeta.
Sudjana,
Nana. 1989. Dasar-dasar Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sukmadinata,
Nana Syaodih. 2004. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Surakhmad,
Winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.
Weed,
Gretchen, E. 1971. Using Games in Teaching Children. ELEC Bulletin No. 32.
Winter. Tokyo. Japan.
4.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar