UPAYA PENINGKATAN PRESTASI
BELAJAR MATEMATIKA
BILANGAN BULAT MELALUI METODE KERJA
KELOMPOK BAGI
SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2
RANDUBLATUNG
KABUPATEN BLORA PADA SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2008/2009
ABSTRAK
Dalam proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Randublatung Blora ditemukan permasalahan rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas VII C pada materi Bilangan Bulat. Untuk itu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan metode kerja kelompok dengan tiga siklus yaitu siklus I dan siklus II. Rumusan masalah yang diajukan adalah: “Apakah metode kerja kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada pemahaman konsep Bilangan Bulat siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Randublatung Blora Semester I Tahun Pelajaran 2008/2009?”
Setting penelitian ini adalah di SMP Negeri 2 Randublatung Blora kelas VII C semester I Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa 32 anak. Data penelitian yang dikumpulkan berupa informasi tentang prestasi belajar siswa dalam pelajaran matematika pada konsep Bilangan Bulat, serta kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Alat Pengumpul Data berupa : lembar observasi; pedoman wawancara dan daftar nilai siswa. Proses untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi Bilangan Bulat pada pelajaran matematika yang diterapkan pada siswa dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara divalidasi datanya melalui Triangulasi Data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Prsedur penelitian dilakukan dengan prosedur Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan perbaikan pembelajaran dua siklus. Kriteria Ketuntasan Minimal adalah 60. pembelajaran dikatakan berhasil apabila 85% siswa memenuhi KKM.
Hasil
dari penelitian adalah: Dengan adanya perbaikan pembelajaran matematika pada
materi pokok Bilangan Bulat dengan siklus I dan siklus II pada siswa kelas VII
C terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan
dengan : Siklus I sebanyak 24 siswa atau 75% tuntas dan 8 siswa atau 25% tidak
tuntas. Siklus II, sebanyak 30 siswa atau 94% tuntas dan 2 siswa atau 6% tidak
tuntas. Hal ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran dengan metode kerja
kelompok telah berhasil.
DAFTAR PUSTAKA
|
Arifin Zaenal. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja
Rosda Karya
Buchori (2006). Matematika I untuk
Kelas VII SMP. Semarang : Aneka Ilmu
Choiriyah, Siti (2006). Acuan
Pengayaan Matematika. Solo : Sindhunata
Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta:
Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Gredler, Margaret E. Ball, (1991). Belajar dan Membelajarkan, Jakarta :
Rajawali
Hana Lestari (2007). Progresif
Matematika Kelas VII SMP. Surakarta : Puataka Manggala.
Moedjiono dan Dimyati, Moh.
(1991), Strategi Belajar Mengajar,
Jakarta, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, Dikti, Depdikbud.
Suryadi, Didi. (1997). Alat Peraga dan Pengajaran Matematika. Jakarta : Ditjen Dikdasmen
D2 Karunika UT
UU No. 2 Tahun 1989. Tentang Sistem
Pendidikan Nasional
Winkel. W.S (1987). Psikologi
Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap
(Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar