Upaya
Perbaikan Prestasi Belajar
Matematika Pada Materi Pokok
Garis
dan Sudut dengan Menggunakan
Metode Demonstrasi dan Penggunaan
Alat Peraga pada Kelas VII D SMP
Negeri 2 Randublatung
Kabupaten Blora Semester II Tahun
Pelajaran 2008/2009
ABSTRAK
Dalam
pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Randublatung Blora ditemukan
permasalahan rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas VII D pada
materi pokok Garis dan Sudut yang ditunjukkan hanya 11 siswa yang tuntas dari
34 siswa. Untuk itu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan metode
demonstrasi dan penggunaan alat peraga. Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dalam konsep Garis dan Sudut
dengan menggunakan metode demonstrasi dan penggunaan alat peraga pada siswa
kelas VII D SMP Negeri 2 Randublatung Blora semester II tahun pelajaran
2008/2009.
Setting
penelitian ini adalah di SMP Negeri 2 Randublatung Blora kelas VII D dengan
jumlah siswa 34 anak. Data penelitian yang dikumpulkan berupa informasi tentang
prestasi belajar siswa dalam pelajaran matematika pada konsep Garis dan Sudut,
serta kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Alat Pengumpul Data berupa : lembar
observasi; pedoman wawancara dan daftar nilai siswa. Untuk meningkatkan
pemahaman terhadap materi Garis dan Sudut diterapkan pada siswa dengan
menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara divalidasi datanya
melalui Triangulasi Data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Prosedur penelitian dilakukan
dengan prosedur Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pembelajaran dua siklus
yaitu siklus I dan siklus II.
Hasil
dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: Pada pra siklus sebanyak siswa yang
tuntas 32,4% atau 11 dari 34 siswa dan siswa yang tidak tuntas adalah 23 dari
34 siswa atau 67,6%. Pada siklus I, siswa yang tuntas adalah 19 dari 34 siswa
atau 55,9% dan siswa yang tidak tuntas adalah 15 dari 34 siswa atau 44,1%. Perbaikan
pembelajaran pada siklus II adalah:
siswa yang tuntas 32 dari 34 siswa atau 94,1%. Terdapat peningkatan 38,2% dari
siklus I dan siswa yang tidak tuntas adalah 2 dari 34 siswa atau 5,9%.Dengan
adanya peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II, maka hipotesa
yang mengatakan “Penggunaan metode demonstrasi dan alat peraga dapat
meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi pokok Garis dan Sudut
siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Randublatung Blora semester II Tahun Pelajaran
2008/2009” terbukti kebenarannya.
DAFTAR PUSTAKA
-
Arifin Zaenal. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja
Rosda Karya
-
Buchori (2006). Matematika I untuk Kelas VII SMP. Semarang : Aneka Ilmu
-
Choiriyah, Siti (2006). Acuan Pengayaan Matematika. Surakarta : Sindhunata
-
Elizabeth B. Hurlock. (1990). Psikologi Perkembangan. Jakarta:
Penerbit Gelora Aksara Pratama.
-
Gredler, Margaret E. Ball, (1991). Belajar dan Membelajarkan, Jakarta :
Rajawali
-
Hana Lestari (2007). Progresif Matematika Kelas VII SMP. Surakarta : Puataka Manggala.
-
Moedjiono dan Dimyati, Moh. (1991),
Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan,
Dikti, Depdikbud.
-
Suryadi, Didi. (1997). Alat Peraga dan Pengajaran Matematika. Jakarta : Ditjen Dikdasmen
D2 Karunika UT
-
UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional
-
Winkel. W.S (1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar