PENGGUNAAN KOMIK TERHADAP PEMAHAMAN NOUN
PHRASE SISWA DI KELAS VII SMP
KABUPATEN KARANGANYAR
TAHUN PELAJARAN 2008/2009
ABSTRAK
Upaya untuk meningkatkan prestasi
belajar IPA pada siswa dipengaruhi oleh banyak faktor yang saling berhubungan
baik dari diri siswa atau dari luar siswa. Beberapa masalah yang berhubungan
dengan upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi IPA antara lain:
siswa, guru, suasana kelas dan penerapan strategi pembelajaran. Selain itu
masih banyak lagi masalah yang dapat dikemukakan dan yang herhubungan dengan upaya meningkatkan pemahaman
siswa dalam mengikuti pelajaran IPA pada materi peredaran darah pada manusia..
Masalah utama dalam pembelajaran IPA ialah mencari metode atau model
pembelajaran yang dapat menyampaikan materi pelajaran secara tepat, yang
memenuhi muatan tatanan nilai, agar dapat diinternalisasikan pada diri siswa,
sehingga siswa mampu mengimplementasikan hakekat nilai dalam kehidupan
sehari-hari. Mata Pelajaran IPA tingkat
Sekolah Dasar (SD) kelas V merupakan merupakan bagian dari Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA), yaitu suatu Ilmu yang mempelajari gejala dan peristiwa
atau fenomena alam serta berusaha untuk mengungkap segala rahasia dan hukum
semesta.Objek IPA meliputi mempelajari karakter, gejala dan peristiwa yang
terjadi atau terkandung dalam benda - benda mati atau benda yang tidak
melakukan pengembangan diri.
Sumber data dikumpulkan dari siswa, guru dan dokumen yang terlibat dalam
penelitian. Jenis data yang didapatkan adalah data kualitatif dan kuantitatif
yang terdiri dari:, hasil observasi terhadap pelaksana proses pembelajaran,
hasil wawancara dan hasil belajar. pada pra penelitian, siklus pertama, siklus
kedua, dan siklus ketiga Analisis data dilakukan melalui teknik analisis
deskriptif kuantitatif. Hasil analisis
menunjukkan bahwa metode pembelajaran kontektual CTL (contextual teaching
and learning) dengan metode percobaan dapat meningkatkan Interaksi
pembelajaran siswa dalam pembelajaran materi IPA hal ini dapat dilihat dari
prestasi siswa, dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa tingkat ketuntasan
semakin meningkat diimbangi dengan meningkatnya rata-rata kelas.
Kata kunci :
Proses belajar mengajar, metode pembelajaran, percobaan, kontektual, CTL (contextual
teaching and learning).
DAFTAR
PUSTAKA
|
Agus Sulistyo dan Adi Mulyono. 2004. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surakarta
: Penerbit Ita.
Bambang Sujiono. 2005. Mencerdaskan Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta:
Penerbit PT. Elex Media Komputindo.
Bambang Sujiono. 2005. Mencerdaskan Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta:
Penerbit PT. Elex Media Komputindo.
Basuki Wibawa. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas, Dirjen PDM Direktorat
Tenaga Kependidikan.
Edi Purwanta. 2005. Modifikasi Perilaku. Jakarta : Departemen
Pendidikan tinggi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan
Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta:
Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Harris Clemes dan Reynold Bean.
2001. Mengajarkan Disiplin Kepada
Anak. Jakarta : Mitra
Utama.
Suryadi. 2006. Kiat Jitu dalam
Mendidik Anak. Jakarta : Penerbit Mahkota.
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap
(Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar