Selasa, 12 Maret 2013

PTK SMP 47 - Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menulis Dengan Menceritakan Berbagai Macam Gambar


Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menulis Dengan Menceritakan Berbagai Macam Gambar Pahlawan Bagi Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Ceper Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2006/2007
BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Sebuah pepatah mengatakan “Kuasai dunia dengan bahasa”. Dari pepatah tersebut  dapat dilihat bahwa bahasa  merupakan bagian yang tak bisa terpisahkan dari kehidupan manusia. Bahasa digunakan sebagai media komunikasi dengan orang-orang sekitar dalam suatu komunitas tertentu. Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia untuk bisa berkomunikasi secara effective semakin tinggi. Arus perkembangan globalisasi menuntut manusia untuk bisa menjalin komunikasi dengan baik dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia. Sejalan dengan itu, masyarakat kita dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia mengingat bahasa Indonesia merupakan  bahasa yang dianggap sebagai bahasa nasional. Bahasa Indonesia menjadi bahasa pengantar dalam komunikasi dengan orang dari berbagai pulau di Indonesia. Oleh karenanya, di negara kita pembelajaran bahasa Indonesia sudah dimulai dari SD sampai dengan SMA dan sampai ke tingkat perguruan tinggi.
Menurut pengamatan yang telah dilakukan oleh peneliti, pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi menulis  di kelas VII E  SMP Negeri 1 Ceper  kurang berjalan dengan baik. Ada hal-hal yang kurang mendukung dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang selama ini berjalan. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, proses belajar mengajar kurang melibatkan siswa dalam kelas. Proses belajar mengajar terkesan monoton dan kurang ada variasi baik dalam metode pengajaran atau metode penyampaian materi, media pembelajaran, ataupun materi yang diajarkan. Hal ini mengakibatkan siswa menjadi bosan dalam mengikuti proses belajar mengajar. Materi yang disampaikan hanya bersumber dari modul yang disediakan oleh sekolah.
Dari hasil pengamatan tersebut dapat dilihat bahwa keterlibatan siswa dalam kelas masih sangat kurang. Mengingat pentingnya keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia. Dan melihat kondisi di lapangan yang ada seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, maka diperlukan upaya untuk dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar di kelas bahasa Indonesia khususnya materi menulis.

B.      Identifikasi masalah
Berdasarkan observasi dan interview yang telah dilakukan oleh peneliti, peneliti menemukan beberapa masalah dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar di kelas bahasa indonesia. Permasalahan tersebut disusun menjadi identifikasi masalah sebagai berikut.
1)      Siswa dalam kelas tidak aktif atau pasif
Berdasarkan observasi yang dilakukan, siswa terkesan pasif dan acuh terhadap pelajaran bahasa Indonesia . Siswa hanya diam dalam menerima pelajaran. Siswa tidak berpartisipasi aktif dalam kelas. Ada beberapa faktor yang mungkin menyebabkan siswa menjadi pasif. Dalam kasus ini, siswa bersikap pasif karena mereka tidak tertarik dengan pelajaran bahasa Indonesia. Siswa juga beranggapan bahwa pelajaran bahasa Indonesia khususnya pelajaran menulis adalah pelajaran yang sulit. Anggapan ini menyebabkan siswa tidak mempunyai motivasi yang tinggi dalam belajar bahasa Indonesia , sehingga mereka menjadi pasif di kelas.
2)      Siswa tidak memperhatikan pelajaran saat di kelas
Menurut hasil observasi, proses belajar mengajar yang berlangsung kurang berjalan dengan baik karena banyak siswa yang tidak memperhatikan pelajaran yang disampaikan oleh gurunya. Banyak siswa yang berbicara dengan temannya, bermain dengan temannya, atau bahkan menggunakan handphone mereka tanpa segan-segan. Ada juga siswa yang berpindah-pindah tempat duduk tanpa menghargai guru yang sedang menyampaikan materi di depan kelas. Banyak siswa yang malah asik sendiri dengan kegiatannya yang notabene tidak berhubungan dengan pelajaran bahasa Indonesia . Hal ini tentunya menjadi cerminan bahwa proses belajar mengajar bahasa ingris di kelas tidak berjalan dengan baik dan tentunya tidak mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
3)      Siswa tidak tertarik dengan pelajaran bahasa Indonesia
Seperti yang telah dikemukakan di atas, siswa tidak tertarik dengan pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini mengakibatkan siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Siswa tidak tertarik dengan pelajaran bahasa Indonesia dimungkinkan karena pengajaran yang tidak menarik karena penggunaan media yang terbatas atau dikarenakan siswa sendiri beranggapan bahwa pelajaran bahasa Indonesia tidak menarik.

DAFTAR PUSTAKA


Abdul Majid, 2005, Perencanaan Pembelajaran.mengembangkan standar kompetensi guru, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.Anita Lie, 2003, Cooperative Learning, Jakarta, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.
C. Asri Budiningsih,DR, 2005, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta, Jakarta.
Hamidi.Dr.M.Si, 2004, Metode Penelitian Kualitatif, Malang, Universitas Muhammadiyah,Malang.
Melvin.L. Silberman, 2006, Active Learning 101 cara belajar siswa aktif, Bandung, Penerbit Nusamedia, Bandung.
M. Sobry Sutikno,2005. Pembelajaran Efektif apa dan bagaimana mengupayakannya, Mataram,NTP Pres, Mataram.
Sardiman. A.M, 2004,  Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada,  Jakarta.S.
Nasution.Prof. Dr.M.A, 2003, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta, Bumi Aksara, Jakarta.
Suharsini Arikunto.Prof, SuharDjono. Prof, Supardi.Prof, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara, Jakarta.
Sukidin, Basrowi, Suranto, 2002, Manajemen Penelitian Tindakan Kelas, PT Insan Cendekia, Bandung.Sudikin, Basrowi, Suranto, 2002, Psychologi Belajar, Bandung,  Insan Cendekia, Bandung
Syaiful Bahri Djamarah. Drs, 2002, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta, Rineka Cipta, Jakarta.
Syaiful Sagala,H. DR. M.Pd, 2003, Konsep dan Makna Pembelajaran, Penerbit ALFABETA, Bandung.
Totok Djuroto.Drs.M.Si, Bambang Suprijadi.Drs. M.Si, 2003, Menulis Artikel dan Karya Ilmiah, Bandung, Remaja Resdokarya, Bandung


Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Posting Komentar