UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK
DENGAN MENGGUNAKAN PERAGA ALAT MUSIK BAGI SISWA KELAS 8A SMP NEGERI 2 BARAT
PADA SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009
ABSTRAKSI
Siti Rukanah, S.Pd “ UPAYA MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SENI MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN PERAGA ALAT MUSIK BAGI SISWA KELAS 8A
SMP NEGERI 2 BARAT PADA SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009”
Penelitian ini
bertujuan untuk mencari suatu strategi
pembelajaran yang efektif dan Efisien dalam mengajarkan materi turunan bagi
siswa kelas 8 A semester 1 di SMP Negeri 2 Barat dengan cara penggunaan alat
peraga pada pembelajaran. strategi dalam penelitian tindakan kelas ini
dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedang untuk
mengaktifkan siswa dalam penelitian ini , peneliti menggunakan lembar
kerja yang diberikan kepada siswa.
Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas
ini adalah siswa kelas 8A semester 1 di SMP Negeri 2 Barat sedangkan objeknya
adalah pembelajaran materi mengapresiasikan seni musik pada mata pelajaran pendidikan
seni musik yang diajarkan dengan cara demonstrasi dan mengaktifkan siswa dalam
kelompok.
Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti
kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian
tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai
siswa dalam menguasai materi yang diberikan. Peningkatan penguasaan materi ini
mulai dari siklus I siswa dapat meningkat sebesar 75 % dari kondisi awal sedang
dari kondisi di siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat
sebesar 25 %.
Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka
peneliti merekomendasikan pada pengambil jabatan ataupun pelaksana pembelajaran
dalam hal ini yaitu pengajar untuk mengajarkan materi pembelajaran dalam kelas
dan dengan tehnik pembelajaran demonstrasi dengan alat peraga.
Keyword
A
Pembelajaran Seni Musik
B
Alat peraga
C
Metode Pembelajaran demonstrasi
DAFTAR PUSTAKA
Abdul
Majid, 2005, Perencanaan
Pembelajaran.mengembangkan standar kompetensi guru, Bandung, PT Remaja
Rosdakarya, Bandung.Anita Lie, 2003, Cooperative Learning, Jakarta, PT Gramedia
Widiasarana Indonesia.
B. Asri
Budiningsih,DR, 2005, Belajar dan
Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta.
Hamidi.Dr.M.Si, 2004, Metode Penelitian Kualitatif, Malang, Universitas Muhammadiyah.
Melvin.L. Silberman, 2006, Active Learning 101 cara belajar siswa aktif, Bandung, Penerbit
Nusamedia.
M. Sobry Sutikno, 2005. Pembelajaran Efektif apa dan bagaimana mengupayakannya, Mataram, NTP
Pres.
Sardiman.
A.M, 2004, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Raja Grafindo
Persada.
Nasution.Prof.
Dr.M.A, 2003, Berbagai Pendekatan dalam
Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta, Bumi Aksara.
Suharsini
Arikunto.Prof, SuharDjono. Prof, Supardi.Prof, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara.
Sukidin,
Basrowi, Suranto, 2002, Manajemen
Penelitian Tindakan Kelas, Bandung. PT Insan Cendekia
Syaiful
Bahri Djamarah. Drs, 2002, Guru dan Anak
Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta, Rineka Cipta.
Syaiful Sagala,H. DR. M.Pd, 2003, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung.
Penerbit ALFABETA.
Totok Djuroto.Drs.M.Si, Bambang Suprijadi.Drs. M.Si,
2003, Menulis Artikel dan Karya Ilmiah,
Bandung, Remaja Resdokarya.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar