PENELITIAN TINDAKAN KELAS
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN
KONSELING TRAIT AND FACTOR BAGI SISWA DENGAN PRESTASI 10 RENDAH
YANG ADA
DI KELAS XI-S1 SMA NEGERI 6 SURAKARTA PADA
TAHUN PELAJARAN 2009/2010
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Penyelenggaraan
pendidikan dapat dilaksanakan melalui dua jalur yaitu jalur pendidikan Sekolah
dan jalur Luar Sekolah. Jalur Pendidikan sekolah dilaksanakan melalui kegiatan
belajar yang diprogram secara teratur, berjenjang, dan berkesinambungan
berdasarkan tujuan pendidikan. Menurut UU RI No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 yang
menyetakan bahwa tujuan pendidikan:
Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta
peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan anak bangsa,
bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis
serta bertanggung jawab.
|
Sekolah
Menengah Atas merupakan satuan pendidikan yang paling penting keberadaannya.
Perpindahan dan sekolah menegah petama ke sekolah menengah atas membuat anak
memerlukan penyesuaian diri dalam menghadapi berbagai peraturan sekolah dan
sejumlah mata pelajaran. Mata pelajaran yang harus dikuasai oleh anak semakin
berkembang dan semakin sulit, oleh karena itu diperlukan kesiapan mental anak
dalam mengatasi masalah belajar dan pergaulan yang semakin bebas diantara teman
yang baru dan berlatar belakang yang berbeda-beda.
Tantangan
pokok bagi anak dalam rentangan umur ini terletak dalam menghadapi diri-sendiri
bila sudah mulai memasuki fase pueral, yaitu mengalami gejala kematangan
seksual. Gejala ini disertai dengan gejala-gejala lain seperti berkurangnya
semangat untuk bekerja keras, kegelisahan, kepekaan perasaan, kurang percaya
diri, dan penantangan terhadap kewibawaan orang dewasa.
Dengan
melihat adanya karakteristik siswa Sekolah Menengah Atas di atas, jenis
permasalahan yang paling sering dilakukan siswa adalah kurangnya semangat untuk
belajar. Semangat belajar yang kurang seringkali ditunjukkan dalam bentuk tidak
adanya proses timbal balik antara guru dan siswa dalam kegiatan belajar-mengajar
di kelas. Sehingga hal ini dapat menyebabkan hasil belajar yang berkurang. Sebagai
contoh yang terjadi dilingkungan Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Surakarta, dimana
terdapat beberapa siswa yang mempunyai tingkat prestasi belajar yang sangat
rendah jika dibandingkan dengan siswa yang lainnya.
Prestasi
belajar pada dasarnya dipengaruhi oleh banyak faktor, baik yang bersifat
eksternal maupun internal yang ada dalam individu siswa masing-masing. Tetapi
kecenderungan terhdap tingkat prestasi belajar yang selalu rendah harus
ditangani dengan seksama baik oleh guru maupun pihak yang lainnya yang terkait
dengan proses belajar anak. Dalam penelitian ini penulis melihat permasalahan
rendahnya prestasi belajar siswa yang ada di SMA Negeri 6 Surakarta yang ada
pada beberapa siswa yang cenderung tetap dan tidak menunjukkan perubahan
peningkatan selama belajar di SMA Negeri 6 Surakarta, maka dibutuhkan upaya
pemberian konseling pada beberapa siswa tersebut. Untuk itu dalam penerapan
bimbingan konseling dalam rangka mengatasi permasalahan siswa yang mempunyai
prestasi 10 rendah di kelas yang cenderung adalah siswa-siswa tersebut, maka
dalam pemberian bimbingan konseling dilakukan dengan menggunakan .
Sehubungan
dengan hal tersebut di atas guru sering melihat anak yang berlaku negatif dan
melanggar tata tertib, atau peraturan kegiatan dan proses pembelajaran. Maka
perilaku yang dijumpai dalam proses belajar mengajar harus ditangani dan
diselesaikan secara terpadu. Karena itu jika ditemukan anak yang bertindak
nakal di kelas maka perlu segera diselesaikan agar tidak menjadi berkembang.
Berbagai tehnik pendekatan bimbingan dan konseling harus dicoba untuk
memberikan arahan kepada anak didik supaya berada dalam posisi yang benar.
Penulis
menganalisa dari sekian banyak model bimbingan maka trail and factor
merupakan model yang cocok atau pas diterapkan, karena layanan
|
Arikunto, Suharsini.
2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Aunurrahman.
1998. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral
Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Dimyati
Mahmud. 2000. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan
Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Edi
Legowo.2003. Analisis Pengubahan Tingkah Laku. Surakarta: Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret
Elizabeth
Hurlock. 1999. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
Hamalik
Oemar. 2004. Prses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Iqbal
Hasan. 2002. Pokok-Pokok Materi metodologi Penelitian dan Aplikasinya.
Jakarta: Ghalia Indonesia
____________.2002.
Pokok-Pokok Materi Statistik 2. Jakarta: Bumi Aksara
Margaret
Bell. 2001. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Rajawali Pers
Marzuki.
2002. Metodologi Riset. Yogyakarta: Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi
Universitas Islam Indonesia
Muhibbin
Syah. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nana
Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Sardiman.
2002. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Persada
Singgih
Gunarso.2002. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia
Slameto.
2005. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka
Cipta
Soedomo
Hadi. 2005. Pengelolaan Kelas. Surakarta: Lembaga Pengembangan
Pendidikan UNS dan UPT Penerbitan Percetakan UNS
|
Soli&Thayeb.
2002. Teknik dan Laboratorium Konseling. Jakarta: departeman Pendidikan
dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga
Akademik
Sugiyono,
2005, Metode Penelitian, Bandung : Alfa Beta.
Suharsimi
Arikunto. 2002. Produr Penelitian suatu Pendidikan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta
Trisno
Martono. 2005. Strategi Belajar-Mengajar. Surakarta: departemen
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Universitas Sebelas Maret
Thulus
Hidayat dkk, 2001. Psikologi Pendidikan. Surakarta: FKIP Universitas
Sebelas Maret
Yamin,
Martini, 2006, Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia, Jakarta :
Putra Grafika.
Winkel
WS, 2001. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta:
Grasindo
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar