MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SISWA KELAS IXA SMP 3 KUDUS TAHUN
PELAJARAN 2007/2008 PADA POKOK BAHASAN PELUANG
MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE
INTEGRATED READING AND COMPOCITION (CIRC)
ABSTRAK
Model pembelajaran sangat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar
siswa pada suatu pokok bahasan tertentu.Di SMP 3 Kudus masih banyak siswa yang
mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran matematika,sehingga nilai
rata-rata ulangan harian masih tergolong rendah.maka perlu adanya model
pembelajaran yang tepat,agar siswa dapat berpikir kritis ,logis dan dapat
memecahkan masalah dengan sikap terbuka ,kreatif dan inovatif.Salah satunya
adalah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compocition(CIRC).
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah melalui
implemenasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and
Compocition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar
siswa SMP 3 Kudus kelas IXA tahun pelajaran 2007/2008.pada pokok bahasan
peluang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam 2 siklus ,yang masing masing siklus terdiri atas tahap
perencanaan ,tindakan observasi dan refleksi.Data yang diperoleh dalam
penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari
pemberian soal tes pada akhir siklus,kemampuan guru dalam pembelajaran yang
diambil dari lembar observasi,aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil
dari lembar observasi dan data tentang refleksi siswa terhadap pembelajaran
yang diambil dari angket pada setiap akhir siklus.Indikator keberhasilan pada
penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa sekurang-kurangnya 6,5 dan ketuntasan belajar secara klasikal tercapai jika 85%
siswa atau lebih memperoleh skor 6,5.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan ketuntasan belajar siswa pada
aspek pemahaman konsep 57%,aspek penalaran dan komunikasi 36% dan aspek
pemecahan masalah 32%,aktivitas siswa 48% pada pertemuan pertama dan
61%pada pertemuan ke 2,presentasi kemampuan guru 66% pada pertemuan pertama dan
75% pada pertemuan ke 2.Hasil penelitian pada siklus ke2 diperoleh ketuntasan
belajar siswa pada aspek pemahaman konsep 91% ,aspek penalaran
dan komunikasi 89% dan aspek pemecahan masalah
86%,aktivitas siswa 64% pada pertemuan pertama dan 84%
pada pertemuan ke 2,presentasi kemampuan guru 86% pada pertemuan pertama dan
95% pada pertemuan ke 2.
Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compocition dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas IXA SMP 3 Kudus tahun pelajaran 2007/2008 pada pokok
bahasan peluang .Saran yang dapat diajukan adalah model pembelajaran CIRC perlu
dilaksanakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar