PEMBELAJARAN
MELALUI METODE DISKUSI DAN KERJA KELOMPOK SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI 03 KARANGLO
KECAMATAN
TAWANGMANGU KARANGANYAR
TAHUN PELAJARAN
2009/2010
ABSTRAK
PEMBELAJARAN
MELALUI METODE DISKUSI DAN KERJA KELOMPOK SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI 03 KARANGLO
KECAMATAN TAWANGMANGU KARANGANYAR
TAHUN PELAJARAN
2009/2010
Oleh : Drs.
Sulardi
( Guru Kelas V SD Negeri 03 Karanglo )
Tujuan Penelitian ini adalah: “untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS konsep Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia pada siswa SD Negeri 03 Karanglo kelas V semester genap tahun pelajaran 2009/2010, dengan metode diskusi dan kerja kelompok”
Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri 03 Karanglo Tawangmangu. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 3 Agustus 2009 sampai dengan tanggal 7 September 2009. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Karanglo Tawangmangu Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian:
Diadakannya upaya perbaikan pembelajaran dengan siklus I dan siklus II telah membawa perubahan yaitu meningkatnya
prestasi belajar siswa. Adapun hasil yang dicapai adalah: Penguasaan materi IPS
sebelum diadakan perbaikan sebesar 13,3
% atau siswa; pada siklus I siswa yang
menguasai materi adalah 53,3 % atau 8 siswa; dan pada siklus II siswa yang
menguasai materi 100 % sebanyak 15 siswa.
Dapat disimpulkan disini bahwa pada siklus II semua siswa telah tuntas dalam pembelajaran IPS pada konsep
Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar