UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI
PADA MATERI PERUBAHAN SOSIAL DENGAN
METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF KELOMPOK
BELAJAR MODEL JIGSAW SISWA KELAS XII-2
SMA NEGERI 4 MADIUN SEMESTER I TAHUN
PELAJARAN 2007/2008
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan
merupakan suatu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia. Menciptakan
manusia yang cerdas dan maju perlu diimbangi dengan peningkatan mutu
pendidikan. Mutu pendidikan sangat erat kaitannya dengan mutu guru. Kunci
keberhasilan pelaksanaan sangat ditentukan oleh faktor guru sebagai pengelola
kegiatan pembelajaran. Proses belajar mengajar akan optimal apabila guru mampu
merencanakan pelaksanaan sampai evaluasi. Proses belajar mengajar meliputi kegiatan
yang dilakukan guru mulai dari perencanaan, pelaksanaan kegiatan sampai dengan
evaluasi dan program tindak lanjut. Hal tersebut mengandung makna bahwa
pembelajaran tidak terlepas dari evaluasi. Dengan evaluasi akan diketahui
seberapa jauh seorang siswa menerima bahan ajar yang diberikan kepadanya.
Evaluasi
juga dapat dijadikan sebagai acuan seberapa besar siswa mampu menyerap meteri
yang diberikan guru. Terkadang hasil evaluasi yang telah dilakukan mendapatkan
hasil yang mengecawakan, dimana hasil prestasi belajar siswa tidak seperti
harapan dari guru pengampunya. Tentu saja kegagalan ini menjadikan perhatian
guru untuk mengadakan perubahan cara penyampaian materi yang mudah dicerna oleh
siswa. Guru harus mampu mengadakan inovasi baru dalam proses belajar mengajar,
agar tujuan pembelajaran dapat berhasil sesuai harapan.
Seiring dengan hal tersebut, tidak terlepas dari penguasaan
materi pelajaran khususnya Sosiologi pada diri siswa di SMA Negeri 4 Madiun . Menurut
data hasil evaluasi belajar Kelas XII-2 Tahun Pelajaran 2007/2008 daya serap
terhadap Mata Pelajaran Sosiologi masih kurang. Pada materi Perubahan sosial dalam
ulangan harian yang mencapai penguasaan materi sebesar 32% atau hanya 15 anak
dari 39 siswa. Dari permasalahan tersebut maka guru mencari masalah yang
menjadi kendala bagi siswa kelas XII-2 SMA Negeri 4 Madiun sehingga dapat
membantu meningkatkan penguasaan materi pelajaran Sosiologi materi Perubahan
sosial akhirnya prestasi belajar siswa juga meningkat.
Adanya kekurangan dalam pembelajaran Sosiologi ini, penulis
refleksikan pada diri sendiri mengenai sebab-sebabnya, kemudian dibuat catatan
untuk merancang suatu kegiatan perbaikan pembelajaran. Rencananya pelaksanaan
perbaikan dilakukan dalam 2 siklus penelitian tindakan kelas untuk Mata Pelajaran
Sosiologi pada materi Perubahan sosial di
Kelas XII-2. apabila siklus pertama telah berhasil, maka tidak perlu
dilakukan perbaikan siklus 2, tetapi
apabila siklus pertama gagal, maka dilanjutkan ke siklus-siklus berikutnya
sampai diperoleh keberhasilan perbaikan yang ditandai dengan tercapainya
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Berdasarkan hal tersebut maka dalam penelitian ini, penulis
mengambil judul: “UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI PADA MATERI PERUBAHAN
SOSIAL DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF KELOMPOK BELAJAR MODEL JIGSAW
SISWA KELAS XII-2 SMA NEGERI 4 MADIUN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2007/2008”.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang
masalah dapat dibuat suatu rumusan masalah sebagai berikut: “Apakah metode kooperatif
model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Sosiologi pada materi perubahan
sosial siswa kelas XII-2 SMA Negeri 4 Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2007/2008?”
C. Tujuan Penelitian
Tujuan
yang akan dicapai dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: “Untuk mengetahui pengaruh
pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar Sosiologi
pada materi Perubahan sosial siswa Kelas XII-2 SMA Negeri 4 Madiun Semester I
Tahun Pelajran 2007/2008 ”.
D.
D. Manfaat Penelitian
Hasil
pelaksanaan penelitian penerapan kelompok belajar dalam pembelajaran Sosiologi
ini akan memberikan manfaat yang berarti bagi perorangan/instansi di bawah ini:
1.
Bagi Siswa
a.
Memudahkan siswa dalam pemahaman materi.
b.
Meningkatkan hasil prestasi belajar siswa
2.
Bagi Guru
a.
Menemukan alternatif model pembelajaran yang mampu
meningkatkan hasil prestasi belajar siswa.
DAFTAR PUSTAKA
|
Anita Lie. 2005. Mempraktikkan Cooperative
Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta : Gramedia.
Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi
Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Gredler, Margaret E. Ball, 1991. Belajar dan
Membelajarkan, Jakarta : Rajawali
Hasibuan, J.J. dan Moedjiono, 2000, Proses Belajar
Mengajar, Bandung, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Koko Martono, R. Eryanto, Firman
Syah Noor.. 2007. Sosiologi dan Kecakapan Hidup, Untuk SMA 12A. Bandung
: Ganeca Exact.
Kusmana Pachrudin, E., 1985, Proses Belajar
Mengajar : Azas, Strategi, Metode, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha, IKIP
Bandung.
Madyo Ekosusilo, dan Kasihadi, 2000. Dasar-Dasar
Pendidikan, Semarang, Penerbit Effhar Publishing.
Moedjiono dan Dimyati, Moh., 1991, Strategi
Belajar Mengajar, Jakarta, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, Dikti, Depdikbud.
Martinis Yamin. H. 2005. Strategi Pembelajaran
Berbasis Kompetensi, Jakarta, Penerbit Gaung Persada Press.
Sriyono, dkk., 1992, Teknik Belajar Mengajar dalam
CBSA, Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, dkk., 2007, Penelitian Tindakan
Kelas, Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.
Winkel. W.S. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar