UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN
MATRIKS DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF KELOMPOK
BELAJAR MODEL JIGSAW SISWA KELAS XII A.1
SMA NEGERI 1 NGUTER KAB. SUKOHARJO
TAHUN PELAJARAN 2007 / 2008
ABSTRAK
Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil
Belajar Matematika Pokok Bahasan Matriks Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Kelompok Belajar
Model Jigsaw Siswa Kelas XII A.1 SMA
Negeri 1 Nguter Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2007/2008”
Oleh
: Dra. Yuni Pardiastuti
( Guru Matematika SMA Negeri 1 Nguter Kab. Sukoharjo )
Tujuan Penelitian ini adalah untuk 1. Untuk mengetahui
pengaruh pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan motivasi
belajar matematika pokok bahasan Matriks pada siswa kelas XII A.1 SMA Negeri 1 Nguter.
2. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam
meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan Matriks pada siswa kelas XII
A.1 SMAN 1 Nguter Sukoharjo.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 Nguter
Sukoharjo. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan yaitu bulan Oktober 2007
s. d. Desember 2007. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa
SMAN 1 Nguter Sukoharjo pada kelas XII A.1 Tahun Pelajaran 2007/2008. Teknik
pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data
dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan
menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 (dua) siklus.
Hasil
dari Penelitian Tindakan Kelas:
49
Pada pra siklus sebanyak 25 siswa
atau 62,5% tidak tuntas dan 15 siswa atau 37,5% tuntas. Hasil siklus I adalah sebanyak 22 siswa atau
55% tuntas dan 18 siswa atau 45% tidak tuntas. Hasil siklus II sebanyak 34
siswa atau 85% tuntas dan 6 siswa atau 15% tidak tuntas. Hal ini berarti ada
peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Kriteria ketuntasan 85% > 75%
ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan
metode kooperatif model Jigsaw telah berhasil. Sehingga hipotesis yang
mengatakan : 1. Dengan metode kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan
motivasi belajar Pokok Bahasan Matriks kelas XII A.1 SMA Negeri 1 Nguter
Sukoharjo, terbukti kebenarannya. Dan 2. Dengan metode kooperatif model Jigsaw
dapat meningkatkan hasil belajar Pokok Bahasan Matriks kelas XII A.1 SMA Negeri
1 Nguter, terbukti kebenarannya.
49
|
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar