UPAYA
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENYEDERHANAAN BILANGAN PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA BANGUN DATAR
PADA SISWA
KELAS IV SD NEGERI
SABRANG
DELANGGU
TP 2007
2008
Bab I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kegiatan
belajar merupakan salah satu kegiatan pokok dalam proses pembelajaran. Ini
berarti berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak tergantung pada
bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik.
Keberhasilan dari proses belajar ditandai dengan tercapainya tujuan pengajaran
dan prestasi belajar secara maksimal.
Pendidikan
merupakan suatu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia. Menciptakan
manusia yang cerdas dan maju perlu diimbangi dengan peningkatan mutu
pendidikan. Mutu pendidikan sangat erat kaitannya dengan mutu guru. Kunci
keberhasilan pelaksanaan sangat ditentukan oleh factor guru sebagai pengelola
kegiatan pembelajaran. Proses belajar mengajar akan optimal apabila guru mampu
merencanakan pelaksanaan sampai evaluasi. Menurut Suryo Subroto (1997 : 19)
proses belajar mengajar meliputi kegiatan yang dilakukan guru mulai dari
perencanaan, pelaksanaan kegiatan sampai dengan evaluasi dan program tindak
lanjut. Pernyataan tersebut mengandung makna bahwa pembelajaran tidak terlepas
dari evaluasi.
|
Susunan laporan
ini berdasarkan catatan yang dibuat ketika merancang kegiatan perbaikan serta
selama pelaksanaan, observasi dan diskusi yang dilakukan dalam 2 siklus
penelitian tindakan kelas untuk mata pelajaran Matematika di kelas IV, maka
laporan ini disusun dengan sistematika secara garis besar meliputi Pendahuluan,
Pelaksanaan Perbaikan, Hasil Penelitian dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran.
B.
Tujuan Penelitian
Dari latar
belakang yang telah dikemukakan maka penelitian ini bertujuan untuk :
1.
Mendapatkan cara yang lebih efektif dalam membelajarkan
matematika pada materi soal penyederhanaan bilangan pecahan
2.
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika
khususnya dalam penyederhanaan bilangan pecahan melalui penggunaan alat peraga
bangun datar.
3.
Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran
matematika
4.
Membangkitkan minat siswa untuk menyukai mata pelajaran
matematika
C.
Manfaat Penelitian
Dari
hasil perbaikan ini diharapkan agar dapat dimanfaatkan oleh guru dan merupakan
masukan bagi sistem pengajaran sehingga dapat :
1.
Membantu menigkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran matematika
2.
Menciptakan lingkungan belajar yang efektif, anak dan
guru semua aktif
3.
Membangkitkan semangat siswa yang pasif
4.
Mengatasi kejenuhan siswa
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar