PENINGKATAN PEMAHAMAN
SISWA PADA MATA
PELAJARAN PKn
MELALUI PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE
STAD MATERI SISTEM
HUKUM NASIONAL DI
KELAS XA
SMAN 2
PONTIANAK
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Pembelajaran PKn sebenarnya mempunyai
peran yang sangat penting.Mata pelajaran PKn diharapkan akan mampu membentuk
siswa yang ideal memiliki mental yang kuat, sehingga dapat mengatasi
permasalahan yang akan dihadapi.
Selama ini proses pembelajaran
PKn di kls Xa kebanyakan masih mengunakan paradigma yang lama dimana guru
memberikan pengetahuan kepada siswa yang pasif. Guru mengajar dengan metode
konvensional yaitu metode ceramah dan mengharapkan siswa duduk, diam, dengar,
catat dan hafal ( 3DCH ) Sehingga Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) menjadi
monoton dan kurang menarik perhatian siswa. Kondisi seperti itu tidak
akan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran
PKn.Akibatnya nilai akhir yang dicapai siswa tidak seperti yang diharapkan. Di
kelas Xa selama ini siswanya masih kurang aktif dalam hal bertanya dan
menjawab, siswa yang yang aktif hanya 55 %, dan siswa yang mempunyai kemampuan
menjawab 40% Pada pelaksanaan ujian Blok tgl 3 September
2007, hasil yang dicapai siswa kls Xa sangat jauh dari memuaskan,dimana
hanya mendapat daya serap kurang dari 60% atau nilai rata-rata kls kurang dari
5, berdasarkan analisis situasi / latar belakang diatas maka penulis
berkeinginan untuk memperbaiki / mengadakan inovasi pembelajaran.
Memperhatikan permasalahan diatas ,
sudah selayaknya dalam pengajaran PKn dilakukan suatu inovasi. Jika dalam
pembelajaran yang terjadi sebagian besar dilakukan oleh masing-masing
siswa , maka dalam penelitian ini akan diupayakan peningkatan pemahaman siswa
melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD ( Student Team Achiement Division ).
Pembelajaran kooperatif merupakan
suatu pendekatan pengajaran yang efektif dalam pencapaian tujuan pendidikan,
khususny dalam Keterampiln Interpersonal siswa ( Badeni, 1998 ). Salah
satu pendekatan pembelajaran koperatif adalah dengan tipe STAD ( Student
Team Achiement Division ) .
Diharapkan melalui pembelajaran
kooperatif dengan tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata
pelajaran PKn. Serta semangat kebersamaan dan saling membantu dalam
menguasai materi PKn. Sehingga siswa dapat meningkatkan pemahaman yang
Optimal terhadap mata pelajaran PKn.
Permasalahan dalam penelitian
ini adalah tindakan apa yang dilakukan guru untuk meningkatkan
pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn. banyak faktor yang mungkin bisa
menjadi penyebab terjadi permasalahan tersebut diatas.
Dengan merefleksi bersama antar guru
teridentifikasi akar permasalahan diduga penyebab masalah tersebut, yaitu
penggunaan strategi pembelajaran yang dilakukan guru PKn masih konvensional,
dominasi guru dalam kelas dominan (teacher centered strategi).
Oleh karena itu perlu dicari jalan
keluar untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga dapat menciptakan suasana
belajar yang menyenangkan, aktif, kreatif, bisa bekerja sama dan membangun daya
pikir yang optimal, Untuk itu melalui penelitian ini akan dicobakan suatu
metode pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Keunggulan dari metode pembelajaran
kooperatif tipe STAD adalah adanya kerja sama dalam kelompok dan dalam
menentukan keberhasilan kelompok tertergantung keberhasilan individu, sehingga
setiap anggota kelompok tidak bias menggantungkan pada anggota yang
lain.Pembelajaran kooperatif tipe STAD menekankan pada aktivitas dan
interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi saling membantu dalam
menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal.
Berdasarkan latar belakang yang telah
dikemukakan diatas, masalah Yang perlu dicarikan pemecahannya melalui
penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut : ” Apakah pembelajaran
koperatife tipe STAD dapat Meningkatkan
pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn materi sistem hukum Nasional di Kelas Xa SMAN 2 Pontianak ?
B. PERUMUSAN MASALAH
Model Pembelajaran Koperatif
tipe STAD merupakan pendekatan Cooperative Learning yang menekankan pada
aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling
membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal.
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS
lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081
567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar