BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Hasil belajar
siswa ditentukan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah bakat, minat, sarana
dan prasarana, pendekatan mengajar, dan metode pembelajaran . Salah satu faktor
penting yang perlu mendapat perhatian adalah metode pembelajaran yang digunakan
oleh guru. Banyak metode maupun model pembelajaran yang digunakan oleh guru,
tetapi tidak semuanya cocok digunakan dalam pembelajaran tertentu atau pokok
bahasan tertentu. Maka dari itu guru dituntut agar dapat memilih metode
pembelajaran yang tepat, sehingga dapat menciptakan proses belajar mengajar
yang baik, menyenangkan dan siswa termotivasi untuk belajar.
Berdasarkan
pengalaman penulis, siswa kelas XIIPA 8 SMA Negeri 5 Medan dalam mengikuti
proses pembelajaran terlihat pasif, kurang termotivasi dan tidak terdapat suatu
interksi dalam pembelajaran sehingga hasil belajarnya rendah.
Dari
pengalaman tersebut penulis menyimpulkan bahwa metode pembelajaran, merupakan
faktor penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Metode Genius
Learning dalam proses pembelajaran dapat membantu siswa untuk bisa mengerti
kekuatan dan kelebihan sesuai gaya belajar mereka masing-masing, karena metode
ini diawali dengan menggali dan mengerti kebutuhan anak didik. Selain itu metode
Genius Learning juga merancang suasana kelas yang menyenangkan, dan dapat
meningkatkan aktivitas siswa serta membuat pembelajaran lebih melekat pada diri
siswa.
Dari uraian
tersebut, maka penulis akan mencoba untuk menerapkan metode Genius Learning dan
Penemuan Terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Untuk
mengetahui apakah metode tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa, maka
penulis mengadakan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul: " UPAYA
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PALAJARAN PENDID1KAN KEWARGANEGARAAN
MELALUI METODE GENIUS LEARNING DAN PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS XI IPA 8 SMA
NEGERI 5 MEDAN"
Sehubungan dengan
masalah yang dikemukakan di atas, maka sebagai identifikasi masalah adalah
rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
yang disebabkan oleh faktor dari dalam diri siswa dan dari luar diri siswa
yaitu guru dalam menggunakan metode pembelajaran.
Sebagai
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
1.
Apakah motode Genius Learning dan Penemuan Terbimbing dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI - IPA 8 SMA Negeri 5 Medan dalam mata
pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ?
2.
Bagaimana penerapan motode Genius Learning dan Penemuan
Terbimbing pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan?
Tujuan
Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa
kelas XI - IPA 8 SMA Negeri 5 Medan dalam mata pelajaran Pendidikan
Kewaganegaraan .
E.
Manfaat penelitian
Berdasarkan tujuan
penelitian tersebut maka penulis mengharapkan penelitian ini bermanfaat sebagai
berikut:
1. Bagi Siswa:
a.
Melatih siswa untuk
menemukan gagasan-gagasan baru dalam proses pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
b.
Memupuk pribadi siswa
aktif dan kreatif
c.
Memupuk rasa tanggung
jawab individu maupun kelompok
2.
Bagi Guru:
a.
Mengembangkan
kemampuan guru dalam proses belajar mengajar
b.
Memberikan alternatif
pemilihan metode pembelajaran dalam Pendidikan Kewarganegaraan
c.
Mengembangkan
profesionalisme dan karier untuk naik pangkat satu tingkat
3.
Bagi Sekolah:
a.
Memberikan informasi tentang kemampuan guru dalam proses
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
b.
Memperbaiki proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di
SMA Negeri 5
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar