PENGGUNAAN PENDEKATAN KUIS TIM
UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB INDIVIDU
DALAM KELOMPOK BELAJAR SISWA KELAS 3
AKUNTANSI-1
DI SMKN 2 BUDURAN
SIDOARJO
ABSTRAK
Purbowati,Tutut,Endri 2006.Penggunaan Pendekatan
Kuis Tim Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Individu Dalam Kelompok Belajar
Siswa Akuntansi-1 Di SMKN 2 Buduran Sidoarjo.
Kata-kata Kunci; model pembelajaran kuis tim,
tanggung jawab individu, kelompok belajar.
Pengembangan diri melalui
pembelajaran aktif dengan penggunaan pendekatan Kuis tim ini lebih memusatkan pada keragaman kegiatan
siswa dalam kelompok belajar yang dinamis, mulai dari pemahaman konsep
materi pembelajaran, membuat pertanyaan merancang
kegiatan kelompok, pembagian tugas anggota kelompok, merencanakan presentasi
sampai pada pemberian penghargaan berupa score
dan penobatan kelompok terbaik pada setiap sesi. Oleh sebab itu ,
penggunaan model pembelajaran aktif dengan pendekatan kuis tim ini diharapkan
dapat mengatasi masalah masalah pengembangan diri ,utamanya masalah tanggung
jawab siswa dalam hubungannya dengan kelompok belajarnya. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab individu dalam penyelesaian tugas
–tugas belajarnya secara kelompok , dalam rangka proses pengembangan diri.
Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas III Akuntansi – 1 SMK Negeri
2 Buduran Sidoarjo Tahun Pelajaran 2006 – 2007.Penelitian Tindakan Kelas ini
dirancang dalam 2 Siklus, masing-masing
siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Rencana
tindakan beserta instrumen penelitian ( SAP, bahan ajar,lembar observasi,dan
angket ) disiapkan oleh peneliti. Dalam pelaksanaan tindakan di kelas peneliti
bertindak sebagai guru pembimbing sekaligus pengamat. Hasil tindakan dalam
suatu siklus yang berupa keaktifan siswa, serta kemajuan – kemajuan aspek
kepribadian dan pengembangan diri siswa, dievaluasi sebagai bahan pertimbangan
dalam merencanakan tindakan dalam siklus berikutnya. Materi yang digunakan
sebagai obyek penelitian adalah model pembelajaran aktif kuis tim dan
implementasinya.
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan model pembelajaran aktif dengan pendekatan Kuis Tim dapat
meningkatkan tanggung jawab individu dalam kelompok belajar. Peningkatan
tanggungjawab tersebut dapat diketahui
dari makin aktifnya siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam
kelompok, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam presentasi kelompok,
semangat bersaing secara sehat dalam kelompok dan membangun kekompakan
kelompok. Model pembelajaran melalui pendekatan ini mendapat respon positif
dari seluruh siswa dengan idikator hasil analisa angket pada akhir sesi, dan
meningkatnya penyelesaian tugas-tugas
dan unjuk kerja.
DAFTAR PUSTAKA
Nur, M., Wikandari, Prima, R., Sugiarto. 1998. Pendekatan – pendekatan Konstruktivis dalam Pembelajaran.
Surabaya, IKIP Surabaya
Semiawan, C 1987, Pendekatan
Keterampilan Proses Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajaran.
Jakarta, PT Gramedia
Silberman L Manvil, 1996. Active
Learning, Bandung PT. Nusa Media Arikunto, S. 1998 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta, PT Rineka Cipta
Slavin, R.E. 1986. Learning Together,
VII/002. Summer 1986 1-7
America, American Educator
Tim Peneliti Proyek PGSM, 1999 Penelitian
Tindakan Kelas.
Jakarta, Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan
Winkel, W.S. 1999, Psikologi
Pengajaran (Edisi Revisi),
Jakarta, Grasindo
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar