PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM UPAYA
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X H PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK
BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT DI SMA NEGERI MADIUN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2005/2006
ABSTRAK
Penggunaan Metode Drill Dalam Upaya
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
Kelas X H pada Mata Pelajaran
Matematika Pokok Bahasan
Persamaan Kuadrat di SMA Negeri 1 Madiun
Semester I
Tahun Pelajaran 2005/2006
Oleh : Dra. Nurul Subandiyah
( Guru Matematika SMA Negeri 1 Madiun )
Alamat : Jln. Mastrip No. 19 Madiun, Jawa Timur
Tujuan
Penelitian ini adalah: “Untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika
khususnya dalam Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat dengan menggunakan metode drill
pada siswa kelas X H SMA Negeri 1 Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2005/2006”.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 Madiun.
Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan yaitu bulan September 2005 s.d. November
2005. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMAN 1 Madiun pada
kelas X H Tahun Pelajaran 2005/2006 yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan
data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan analisis
diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) terdiri pra tindakan dan 2 (dua) siklus.
Hasil penelitian: Pada pra siklus siswa yang mencapai KKM (>
67) yaitu 15 dari 37 siswa atau 40,5%. Siswa yang tidak mencapai KKM (< 67)
adalah 22 siswa atau 59,5%. Nilai rata-rata adalah 61,76. Siklus I: Siswa yang
mencapai KKM adalah 24 siswa atau 64,9%.
Siswa yang tidak mencapai KKM adalah 13 siswa atau 35,1%. Nilai rata-rata
adalah 68,27. Siklus II, siswa yang mencapai KKM adalah 34 siswa atau 91,9%. Siswa yang tidak
mencapai KKM adalah 3 siswa atau 8,1%.
Nilai rata-rata adalah 75,03, Pada siklus II ini rata-rata kelas 75,03 dan
siswa yang memenuhi KKM sebanyak 91,9%. Peningkatan prestasi ini telah memenuhi
indikator keberhasilan penelitian yaitu ketuntasan lebih dari 75% dan rata-rata
kelas berada di atas 75. Dengan adanya peningkatan ketuntasan siswa dari siklus
I ke siklus II, maka hipotesis yang mengatakan “Penggunaan metode Drill dapat
meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar siswa kelas X H pada Mata Pelajaran
Matematika Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat di SMA Negeri 1 Madiun Semester I
Tahun Pelajaran 2005/2006”, terbukti kebenarannya.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar