Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Upaya
Meningkatkan Mutu Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SD Kelas III-VI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan
merupakan suatu keharusan bagi manusia dan berlangsung sepanjang hayat. Sejak
kelahirannya ke dunia, anak memiliki kebutuhan untuk memperoleh pendidikan.
Pendidikan sangat dibutuhkan oleh setiap manusia agar dapat melakukan aktivitas
sosial di masyarakat tempat mereka berada. Adalah suatu kenyataan, anak sebagai
makhluk yang belum dewasa harus ditolong, dibantu, dibimbing, serta diarahkan
agar dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Salah satu upaya yang dapat
dilakukan adalah melalui pendidikan formal di sekolah.
Sebagai
lembaga pendidikan formal, sekolah tidak hanya berfungsi mengembangkan
kecerdasan anak tetapi juga mengembangkan kepribadian.
Bagi
guru agama Islam ..........., memberikan
soal agama Islam yang berkaitan dengan soal cerita bukanlah hal yang mudah.
Seringkali siswa yang telah memahami topik agama Islam secara teoristis
mengalami kesulitan ketika bentuk soal atau permasalahan disajikan dalam bentuk
cerita. Sementara itu, dalam kurikulum Pendidikan Dasar 1994, fungsi pengajaran
agama Islam adalah mempersiapkan anak didik agar dapat menjadi warga masyarakat
yang demokratis dalam kehidupan sehari-hari melalui latihan yang praktis,
bervariasi, dan aplikatif. Di sisi lain ada sebagian siswa masih mengalami
kesulitan dalam membaca teks agama Islam. Sementara itu, siswa akan lebih mudah
mencerna soal cerita agama Islam kelas III sampai VI SD apabila siswa mampu
membaca teks dengan baik dan benar, mengerti maksud cerita yang ada di
dalamnya, serta memahami gambar yang ada. Bagi sebagian besar guru agama Islam
SD, mengajarkan materi agama Islam yang berkaitan dengan kemampuan siswa
memahami soal uraian bukanlah hal yang mudah. Meskipun banyak siswa yang telah
mampu memahami topik agama Islam secara teoritis, akan tetapi banyak mengalami
kesulitan ketika bentuk soal atau permasalahan disajikan dalam bentuk soal
uraian. Dalam hal ini guru dituntut untuk mampu memberikan materi yang mudah
diterima oleh siswa. Di samping itu pula, hendaknya guru memberikan contoh yang
kongkret dan jelas berkaitan dengan materi soal berbentuk uraian. Bila upaya
tersebut dapat dilakukan dengan baik, diharapkan hasil belajar siswa dalam mata
pelajaran agama Islam juga akan meningkat.
Berdasarkan
situasi tersebut, dilakukan penelitian untuk mengembangkan strategi
pembelajaran yang efektif dalam memahami materi agama Islam bagi siswa SD.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan dalam bentuk penelitian
tindakan kelas.
Berdasarkan uraian di atas, judul yang
diambil oleh peneliti dalam penelitian ini adalah Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Belajar
Pendidikan Agama Islam Pada Siswa …………… Kecamatan ………. Kabupaten ……. Tahun
Pelajaran 20XX/20XX
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat
dirumuskan suatu masalah sebagai berikut:
- Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siwa dengan diterapkannya pembelajaran metode tanya jawab?
- Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran metode tanya jawab terhadap motivasi belajar siswa?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:
- Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran metode tanya jawab.
- Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran metode tanya jawab.
D. Manfaat Penelitian
Penulis mengharapkan dengan hasil penelitian ini dapat:
- Memberikan informasi tentang metode pembelajaran yang sesuai dengan materi agama Islam.
- Meningkatkan motivasi pada pelajaran agama Islam
- Mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan bidang studi agama Islam.
E. Batasan Masalah
Karena keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan
masalah meliputi:
- Penelitian inihanya dikenakan pada siswa Kelas ……. ………. Kecamatan …….. Kabupaten ……… Tahun Pelajaran 20xx/20xx.
- Penelitian ini dilakukan pada bulan September semester ganjil tahun pelajaran 20xx/20xx.
Materi
yang disampaikan adalah pokok bahasan
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Berg, Euwe Vd. (1991). Miskonsepsi
agama Islam dan Remidi Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi
Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Joyce, Bruce dan Weil, Marsh. 1972. Models of Teaching Model. Boston: A Liyn dan Bacon.
Masriyah. 1999. Analisis Butir
Tes. Surabaya: Universitas Press.
Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian
Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk
Guru-guru se-Kabupaten Tuban.
Nur, Moh. 2001. Pemotivasian
Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri
Surabaya.
Soedjadi, dkk. 2000. Pedoman
Penulisan dan Ujian Skripsi. Surabaya; Unesa Universitas Press.
Suryosubroto, B. 1997. Proses
Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru
Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Widoko. 2002. Metode
Pembelajaran Konsep. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap
(Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
ps:+ � p �6 �5 zhar, Lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar
Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional.
Daroeso, Bambang. 1989. Dasar dan Konsep
Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi
Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Hadi, Sutrisno. 1982. Metodologi Research,
Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan
Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Hasibuan K.K. dan Moerdjiono. 1998. Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Margono. 1997. Metodologi Penelitian
Pendidikan. Jakarta. Rineksa Cipta.
Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes.
Surabaya: Universitas Press.
Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi
Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk
Belajar. Surabaya: University Press. Univesitas Negeri Surabaya.
Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan
Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian
Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.
Surakhmad, Winarno. 1990. Metode Pengajaran
Nasional. Bandung: Jemmars.
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar
Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan,
Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru
Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap
(Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar