MENINGKATKAN HASILBELAJAR PKn
PADA SISWA KELAS VI SDN SUKABUMI SELATAN 06
PAGI
MELALUI IMPLEMENTASI KOOPERATIF
LEARNING
ABSTRAK
ABD.KARIM, 2008: Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas VI SDN Sukabumi
Selatan 06 Pagi Melalui Implementasi Kooperatif Learning Tahun Pelajaran 2007/2009 Semester II.
Kata Kunci : Kooperatif Learning, PKn.
Penelitian
Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar PKn siswa dengan
menggunakan pembelajaran Kooperatif Learning.
Penelitian
dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Sukabumi Selatan 06 Pagi Kebon Jeruk Jakarta Barat dengan subjek pelaku tindakan 1 guru dan subjek
penerima tindakan adalah 43
siswa kelas VI.
Penelitian
ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus, setiap siklus menggunakan prosedur tindakan
yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
Hasil
evaluasi membuktikan, setelah dilakukan tindakan siklus pertama hasil belajar
siswa baru mencapai 52%,sedangkan siklus yang kedua mencapai 76 % dan pada
siklius ke tiga mencapai 100 % sedangkan prosentase keaktifan siswa pada siklus
pertama 51.11% ,siklus kedua 68.44 % dan siklus ketiga 88.44%.
Secara
statistik terdapat peningkatan hasil belajar PKn pada siklus pertama, kedua dan
ketiga sejalan dengan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran.
Dari
hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunanan pendekatan Kooperatif
Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa materi ajar ASEAN di SDN Sukabumi
Selatan 06 Pagi Jakarta Barat.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Selama ini proses pembelajaran PKn di kelas VI kebanyakan masih mengunakan
metode ceramah dimana guru memberikan pengetahuan kepada siswa yang duduk,
diam, dengar, catat dan hafal. Sehingga Kegiatan Belajar Mengajar menjadi
monoton dan kurang menarik perhatian siswa. Kondisi seperti itu tidak akan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami
mata pelajaran PKn. Akibatnya nilai akhir yang dicapai siswa tidak seperti yang
diharapkan. Di kelas VI selama ini siswanya masih kurang aktif dalam hal
bertanya dan menjawab, hasil yang
dicapai siswa kelas VI sangat jauh dari
memuaskan, dimana hanya mendapat daya serap kurang dari berdasarkan analisis situasi/latar belakang
diatas maka penulis berkeinginan untuk memperbaiki/mengadakan inovasi
pembelajaran. Pembelajaran PKn
sebenarnya mempunyai peran yang sangat penting. Mata pelajaran PKn diharapkan
akan mampu membentuk siswa yang ideal memiliki mental yang kuat, sehingga dapat
mengatasi permasalahan yang akan
dihadapi.
Memperhatikan permasalahan
diatas, sudah selayaknya dalam pengajaran PKn dilakukan suatu inovasi. Jika
dalam pembelajaran yang terjadi sebagian
besar dilakukan oleh masing-masing siswa , maka dalam penelitian ini akan
diupayakan peningkatan pemahaman siswa melalui pembelajaran kooperatif.
Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pendekatan pengajaran yang efektif
dalam pencapaian tujuan pendidikan ,khususnya dalam Keterampiln Interpersonal
siswa. Diharapkan melalui pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata
pelajaran PKn. Serta semangat kebersamaan
dan saling membantu dalam menguasai materi PKn. Sehingga siswa dapat
meningkatkan pemahaman yang optimal
terhadap mata pelajaran PKn.
Permasalahan dalam penelitian
ini adalah tindakan apa yang dilakukan guru untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran PKn. banyak faktor yang mungkin bisa menjadi penyebab terjadi
permasalahan tersebut diatas. Dengan merefleksi bersama antar guru
teridentifikasi akar permasalahan diduga penyebab masalah tersebut, yaitu
penggunaan strategi pembelajaran yang dilakukan guru PKn masih konvensional,
dominasi guru dalam kelas dominan
B.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang
masalah di atas maka masalah pada
Penelitian Tindakan Kelas ini dapat diidentifikasikan sebagai berikut :
- Hasil belajar Pkn di Sekolah Dasar Negeri Sukabumi
Selatan 06 Pagi masih rendah
- Pembelajaran PKn masih menggunakan metode
yang kurang bervariasi
- Strategi pembelajaran yang dilakukan guru PKn
masih konvensional
- Pendekatan pembelajaran dengan metode ceramah
yang tidak efektif
C.
Pembatasan dan perumusan Masalah
Masalah
dalam PTK ini dibatasi pada rendahnya
hasil belajar PKn siswa pada materi ajar ASEAN di Sekolah
Dasar Negeri Sukabumi Selatan 06 Pagi.
Adapun
rumusan masalahnya adalah Apakah pembelajaran menggunakan metode pembelajaran
kooperatif dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi ajar ASEAN di kelas
VI SD Negeri Sukabumi Selatan 06 Pagi ?
D.
Tujuan
Penelitian
Tujuan PTK ini adalah untuk memperbaiki peningkatan hasil belajar pada mata Pelajaran PKn dengan mengubah
strategi pembelajaran yaitu dengan Kooperatif Learning
Hipotresis Tindakan
Pembelajaran menggunakan Kooperatif Learning akan
meningkatkan hasil belajar PKn di Sekolah Dasar Negeri Sukabumi Selatan
06 Pagi.
Manfaat hasil Penelitian
Hasil Penelitian ini akan bermanfaat bagi guru
bidang studi PKn untuk:
DAFTAR PUSTAKA
Abror, Abd
Rachman. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Alwasilah, Chaedar . 2000. Perspektif Pendidikan bahasa
Inggris di Indonesia dalam Konteks Persaighan Global. Bandung: Andira.
Arikunto, Suharsimi,
Suhardjono, dan Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina
Aksara
Hamalik,
Oemar . 1990. Kurukulum dan Pembelajaran . Jakarta: Bumi aksara.
Hilgard & Bower.1975. Terjemahan dalam Ngalim
Purwanto, Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nawawi, Hadari. 1981. Pengaruh Hubungan Manusiawi di
kalangan Murid terhadap Prestasi Belajar di Sekolah.Yogyakarta. IKIP
Yogyakarta.
Sujana, Nana . .2000. Dasar-dasar Proses Belajar
Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Surakhmad,
Winarno .1979.Metodologi Pengajaran Nnasional. Jakarta:Jemmers.
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap
(Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar