Penerapan Metode Kooperatif Model TGT (Team
Games Tournament) Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika
Pada Siswa Kelas V SD
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki
objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran
suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah
diterima, sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika bersifat sangat
kuat dan jelas.
Dalam pembelajaran matematika agar mudah dimengerti
oleh siswa, proses penalaran deduktif untuk menguatkan pemahaman yang sudah
dimiliki oleh siswa. Tujuan pembelajaran matematika adalah melatih cara
berfikir secara sistematis, logis, kritis, kreatif dan konsisten.
Pembelajaran matematika tidak juga tidak lagi
mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih
mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Untuk itu
akti....itas peserta didik perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau
tugas matematika dengan bekerja kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada
orang lain. (Hartoyo, 2000: 24).
Langkah-langkah tersebut memerlukan partisipasi aktif
dari siswa. Untuk itu perlu ada metode pembelajaran yang melibatkan siswa
secara langsung dalam pembelajaran. Adapun metode yang dimaksud adalah metode
pembelajaan kooperatif. Pembelajaran kooperatif adalah suatu pengajaran yang
melibatkan siswa bekerja dalam kelompok-kelompok untuk menetapkan tujuan
bersama. Felder, (1994: 2).
Pembelajaran kooperatif lebih menekankan interaksi
antar siswa. Dari sini siswa akan melakukan komunikasi aktif dengan sesama
temannya. Dengan komunikasi tersebut diharapkan siswa dapat menguasai materi
pelajaran dengan mudah karena “siswa lebih mudah memahami penjelasan dari
kawannya dibanding penjelasan dari guru karena taraf pengetahuan serta
pemikiran mereka lebih sejalan dan sepadan”. (Sulaiman dalam Wahyuni 2001: 2).
Penelitian juga menunjukkan bahwa pembelajaran
kooperatif memiliki dampak yang amat positif terhadap siswa yang rendah hasil
belajarnya. (Nur, 1996: 2).
Pete Tschumi dari Uni....ersitas Arkansas Little Rock
memperkenalkan suatu ilmu pengetahuan pengantar pelajaran komputer selama tiga
kali, yang pertama siswa bekerja secara indi....idu, dan dua kali secara
kelompok. Dalam kelas pertama hanya 36% siswa yang mendapat nilai C atau lebih
baik, dan dalam kelas yang bekerja secara kooperatif ada 58% dan 65% siswa yang
mendapat nilai C atau lebih baik (Felder, 1994:14).
Berdasarkan paparan tersebut diatas maka peneliti
ingin mencoba Penerapan Metode Kooperatif Model TGT (Team Games Tournament)
Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas
melakukan penelitian dengan judul “……………………………………… Tahun Pelajaran .....”
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat
dirumuskan suatu masalah sebagai berikut:
- Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TGT pada siswa kelas …………………………………… Tahun Pelajaran ....?
- Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model TGT terhadap moti....asi belajar siswa kelas ………………………………………….. Tahun Pelajaran ....?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini
bertujuan untuk:
- Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TGT pada siswa kelas …………………………………..atu Tahun Pelajaran .....
- Ingin mengetahui pengaruh moti....asi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model TGT pada siswa kelas ………………………………… Tahun Pelajaran .....
D. Hipotesis Tindakan
Berdasarkan pada
permasalahan dalam penelitian tindakan yang berjudul ……………………………. yang
dilakukan oleh peneliti, dapat dirumuskan hipotesis tindakan sebagai berikut:
"Jika Proses Belajar Mengajar Siswa Kelas ……………….
menggunakan metode………………. dalam menyampaikan materi pembelajaran, maka
dimungkinkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas …………………… akan lebih
baik dibandingkan dengan
DAFTAR PUSTAKA
Ali, Muhammad. 1996. Guru
Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen
Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa
Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar
E....aluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 1997. Media
Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Combs. Arthur. W. 1984. The
Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.
Dahar, R.W. 1989. Teori-teori
Belajar. Jakarta: Erlangga.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Balai
Pustaka.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Felder, Richard M. 1994. Cooperati....e
Learning in Technical Corse, (online), (Pcll\d\My % Document\Coop % 20
Report.
Hadi, Sutrisno. 1981. Metodogi
Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Uni....ersitas Gajah Mada.
Yoyakarta.
Hamalik, Oemar. 1994. Media
Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hudoyo, H. 1990. Strategi
Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.
KBBI. 1996. Edisi Kedua.
Jakarta: Balai Pustaka.
Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. ....ictoria Dearcin Uni....ersity
Press.
Margono, S. 1996. Metodologi
Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta.
Mursell, James ( - ). Succesfull
Teaching (terjemahan). Bandung: Jemmars.
Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nur, Muhammad. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Uni....ersitas Negeri Surabaya.
Purwanto, N. 1988. Prinsip-prinsip
dan Teknis E....aluasi Pengajaran. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Rustiyah, N.K. 1991. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi
dan Moti....asi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Soekamto, Toeti. 1997. Teori
Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Uni....ersitas Terbuka.
Soetomo. 1993. Dasar-dasar
Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya Usaha Nasional.
Sudjana, N dan Ibrahim. 1989. Penelitian
dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Surakhmad, Winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi
Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi
Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahyuni, Dwi. 2001. Studi
Tentang Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika. Malang:
Program Sarjana Uni....ersitas Negeri Malang.
Wetherington. H.C. and W.H. Walt. Burton. 1986. Teknik-teknik Belajar dan Mengajar. (terjemahan) Bandung: Jemmars.
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap
(Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar