Senin, 21 Desember 2015

PTK SD 206 = Pd 797 : Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Card Sort Di Kelas IV Semester I SD XXX

 PTK SD 206 = Pd 797 : Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Card Sort Di Kelas IV Semester I SD XXX


ABSTRAK 


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkkan keaktifan belajar matematika siswa kelas IV SD yaitu keaktifan menjawab pertanyaan dari guru, keaktifan bertanya atau mengemukakan pendapat dan keaktifan mengerjakan soal didepan kelas melalui strategi pembelajaran card sort. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subyek yang menerima tindakan siswa kelas IV SD Negeri XXX yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Validitas isi instrumen diperiksa dengan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan keaktifan yang terdiri dari tiga aspek: 1) Siswa yang menjawab pertanyaan guru dari 16,67% menjadi 58,62%. 2) Siswa yang bertanya atau mengemukakan pendapat dari 6,67% menjadi 48,28%. 3) Siswa yang mengerjakan soal didepan kelas dari 26,67% menjadi 72,41%. Dengan adanya peningkatan dari ketiga aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran card sort dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa.

Kata kunci : strategi pembelajaran, card sort (sortir kartu), keaktifan.


DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Armanto, Dian (2003). Pengembangan Model Pembelajaran Matemaika Berbasis Kompetensi dan Berkonteks Lokal Bagi Guru dan Siswa SD/MI Sumatera Utara. Universitas Negeri Medan.
Daniel Muijs dan David Reynolds. 2008. Effective Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dimyanti dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Freudenthal, H. 1973. Mathematics as an educational task. Dordrecht, The Netherlands: Reidel.
Hamalik, Oemar. 1995. Kurikkulum Dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Angkasa.
Kurniawati, Ari. 2006. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Pokok Bahasan Bangun Segiempat Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament). Skripsi: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta (tidak diterbitkan).
Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, Jakarta: UI-Press.
Nana, Sudjana. 1991. Teori-teori belajar untuk pengajaran. Jakarta: Fakultas Ekonomi UI.
Nana, muslimah. 2006. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pola Latihan Interaktif. Skripsi: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta (tidak diterbitkan).
Purwodarminto. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Rosi, Diah Kartika Sari. 2006. Peningkatan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Montessori.  Skripsi: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta (tidak diterbitkan).
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Silberman, Melvin L. 2007. Active Learning: 101 Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insani.
Simanjuntak, Lisnawati, dkk. 1993. Metode Mengajar Matematika 1. Jakarta: Rineka Cipta.
Sriyono,dkk. 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutama. 2000. Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembenahan Gaya Mengajar Guru di SLTP Negeri 18 Surakarta. Tesis. Yogyakarta:Program Pasca Sarjana UMY (tidak dipublikasikan).
Wulandari, Erni Tri. 2005. Usaha Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dikelas Melalui Pendekatan Realistik. Skripsi: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta (tidak diterbitkan).
Edu-articles.com :Situs Pendidikan


Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar