Selasa, 29 Desember 2015

PTK SD 212 = Pd 813 : Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan PBL (Problem Based Learning) Pada Kelas V SD Negeri XXX Tahun Pelajaran 2011/2012

 PTK SD 212 = Pd 813 : Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan PBL (Problem Based Learning) Pada Kelas V SD Negeri XXX Tahun Pelajaran 2011/2012


ABSTRAK



Permasalahan yang terjadi di SD N XXX yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  peningkatkan  hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan Problem Based Learning  (PBL) pada kelas V SD N XXX tahun pelajaran  2011/2012.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N XXX yang berjumlah 23 siswa, yang terdiri dari 10 laki-laki dan dan 13 perempuan. Subjek pemberi tindakan adalah peneliti sebagai guru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui  observasi, dokumen, dan tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik tiangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif yang dianalisis melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Data awal berdasarkan nilai ulangan semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012, didapat nilai ³ 60 sesuai KKM adalah 4 siswa dari 23 siswa atau  17%, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 19  siswa atau 83%. Hasil penelitian siklus I terjadi peningkatan dari 17% menjadi 52% ( ada peningkatan hasil belajar sebesar 35 % ). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 78% ( ada peningkatan hasil belajar sebesar 26% dari siklus I). Berdasarkan kriteria yang ditetapkan 75 % maka penelitian ini dikatakan berhasil. Kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Kata kunci :  hasil belajar matematika, PBL (Problem Based Learning).


DAFTAR PUSTAKA
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Buma Aksara.
Herawati dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan  Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayu Media.
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kusumajati, Mustika.  2011, Peningkatan Hasil Belajar Himpunan  Dengan Metode Planning For Learning Based Of Instruction (PTK SMP IP AL Madinah Boyolali Kelas VII). Surakarta: Skipsi UMS (tidak diterbitkan).
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Maryadi, Nining dkk. 2010. Pedoman Penulisan Skripsi FKIP. Surakarta: FKIP UMS.
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: PT Grasindo.
Purnami, Dina Purnami. 2005. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Modul Pada Pokok Bahasan Barisan Dan Deret(PTK Pembelajaran Matematika Kelas 1 SMA N 1 Ngemplak Th 2004/2005)”. Surakarta: Skipsi UMS(tidak diterbitkan).
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rubiyanto, Rubino. 2009.  Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: FKIP UMS
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Samino & Marsudi,S. 2011. Layanan Bimbingan Belajar Pedoman Bagi  Pendidik dan Calon Pendidik. Surakarta: Fairuz Media.
Sardiman. 2009. Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Septikasari , Wheni. 2011.  Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemberian Pertanyaan Inovatif  (PTK di SMP Selogiri Tahun Ajaran 2010/2011. Surakarta: Skipsi UMS (tidak diterbitkan)..
Subini, Nini. 2011. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jogjakarta: Javalitera.
Sugiyono. 2010. Metode Pelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wahyuningsih, Dany. 2009. Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitasan Siswa(PTK Pembelajaran  Matematika Kelas V SDN blulukan). Surakarta: Skipsi UMS (tidak diterbitkan).
Wiriaatmadja, Rochiati. 2006.
 Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar