Sabtu, 14 November 2015

PTK SD 022 : PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA (MEMBACA) MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK (PARTISIPASIF) SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 PRAMBATAN LOR KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005

 PTK SD 022 : PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA (MEMBACA) MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK (PARTISIPASIF) SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 PRAMBATAN LOR KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005



 

ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxxxx, PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA (MEMBACA) MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK (PARTISIPASIF) SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 PRAMBATAN LOR KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2005.
Peningkatan ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan prestasi belajar bahasa Indonesia (membaca) melalui pembelajaran kelompok (partisipasif) di kelas I SD Negeri I Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2004/2005.
Pemusan masalah yang diajukan adalah apakah melalui pembelajaran kelomok (partisipatif) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia (membaca) di kelas I SD Negeri I Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2004/2005.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas, sedangkan strategi yang digunakan adalah studi kasus dengan langkah – langkah menyusun rencana, mengadakan tindakan, observasi, dan mengadakan refleksi. Teknik sampling dalam penelitian ini tanpa melakukan seleksi atau peneliti tidak membatasi jumlah informan atau siswa yang diteliti, sedangkan peneliti yang diteliti sejumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi langsung, dan tes. Analisis data adalah analisis kasus.
Dari keseluruhan putaran atau siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa guru telah mampu meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia (membaca) melalui pembelajaran kelompok (partisipatif) siswa kelas I SD Negeri I Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2004/2005.dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan melalui pembelajaran  kelompok (partisipatif) serta selalu membawa unsure – unsure dalam pembelajaran. Dalam setiap putaran atau siklus selalu membawa dampak yang positif yatu keraha peningkatan perkembangan kemampuan dan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I SD Negeri I Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2004/2005.


DAFTAR PUSTAKA
Abu Ahmadi. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Adi Negoro. 1954. Kamus Bahasa Indonesia Modern.
Akhadiah, S.M.K. dkk. 1992. Bahasa Indonesia III. Jakarta: Dept. P dan K
Anton M. Moeliono. 1988. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Broto, A.S. 1975. Membaca. Jakarta: Bina Bahasa.
Bukhori, M. 1977. Pengantar Psikologi Pendidikan. Bandung: Jermare
Chalijah Hasan. 1994. Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya: Al­Ikhlas.
Dakir. 1993. Dasar-dasar Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darmiyati Zuhdi. 1996/1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di
Kelas Rendah.
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Darmiyati Zuhdi dan Budiarsih. 1996. Pembelajaran Deegan Alat Peraga Media Elekironik. Jakarta: Ul Press.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen
­­­­­­­­­­­­­__________________1976. Pedoman Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Eko Siswanto, SP Darminto. 1995/1996. Petunjuk Penggunaan Alat Peraga Membaca Menulis Permulaan di Sekolah Dasar Kelas I Direktorat Pendidikan Dasar. Jakarta.
Gorys Keraf. 1988. Komposisi. Jilid 1. Ende Flores: Nusa Indah.
Hartono dan Edy Legowo. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Departemen Pendidikan Nasional: Bandung..
Jas Daniel Parera. 1990. Menulis Tertib Dan Sistematis. Jakarta: Erlangga.
lovvit William S 1980 The Reuvation Reading And Writing New York.Me. Grave Hill,
Mahmud Ali Yahya. 199 1. Belajar Membaca dan Meulis. Jakarta: Bina Aksara.
Mochtar Bukhori. 1995. Teknik-teknik Evaluasi Dalam Pengajaran. Bandung: Jermare.
Muhibin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Nasution. 1982. Psikologi Pendidikan. Jakarta Aksara Baru.
Ngalim. Purwanto. 1990. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru.. Bandung: PT. Rosda Karya.
Owen. 1988. Taxonomy of Education Objectives, A Classification of Educational Goal. Hand Book 1. Cognitive Domain. London: Longman Group Limited.
Ratna Wilis Dahar. 1939. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Sabarti Akhadiah. 1991. Pengantar Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Liberti.
Slameto. 1995. Belajar Dan Fakfor-fakfor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjono, D. 1992. Strategi Pembelajaran. Bandung: Krida Nusantara Press.
Soejono, Ag. 1983. Melodik Khusus Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa Offset.
Suharno. 1989. Interaksi Belajar Mengajar. Surakarta: FKIP Press. Suharsimi
Arikunto. 1998. Manajemen Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Sunardi. 1971. Menangani Kesulitan Belajar Matematika. Surakarta: Lemlit UNS.
Sutratinah Tirtonegoro. 1989. Anak Super Normal Dan Pendidikanya. Jakarta: Bina Aksara.
Syaiful Bakri Djamarah. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Wahadiniah 1997, Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru Bandung Remaja Rosdakarya,
Winkel, W.S. 1984. Psikologi Pengajaran Jakarta : Gramedia

Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar