PTK SD 023 : MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK (PARTISIPATIF) SISWA KELAS IV SD NEGERI GEMBONG 03 KECAMATAN GEMBONG KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2004/2005. SKRIPSI. SURAKARTA : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA, JUNI 2005
ASBTRAK
xxxxxxxxxxxxx.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN
KELOMPOK (PARTISIPATIF) SISWA KELAS IV SD NEGERI GEMBONG 03 KECAMATAN
GEMBONG KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2004/2005. SKRIPSI. SURAKARTA :
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA, JUNI 2005.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
meningkatkan prestais belajar bahasa Indonesia IV SD Negeri Gembong 03
Kecamatan Gembong Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2004/2005.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode
tindakan kelas, sedangkan strategi yang digunakan adalah kwalitatif
diskripstif dengan tindakan, dengan langkah – langkah menyusun
persiapan/rencana, mengadakan tindakan, observasi dan refleksi
(menyusun perencanaan berikutnya apabila belum berhasil), Teknik
sampling dalam informasi atau siswa yang diteliti sejumlah 18 siswa.
Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, dokumen dan angket. Analisis
data adalah interaktif mengalir, yaitu melaksanakan tindakan,
mengamati/memantau, mengevaluasi dan merefleksikan.
Dari keseluruhan putaran atau siklus yang telah
dilakukan, dapat disimpulkan bahwa guru telah mampu meningkatkan
prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Gembong 03
Kecamatan Gembong Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2004/2005 dalam mata
pelajaran Bahasa Indonesia dengan melalui pembelajaan kelompok
(partisipatif). Setiap putaran/siklus selalu membawa dampak yang
positif kearah peningkatan perkembangan kemampuan dan prestasi belajar
Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Gembong 03 Kecamatan Gembong
Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2004/2005.
Hal itu tanpak dair hasil yang dicapai siswa pad
aputaran I siklus I – 3 nilai rata – rata kelas 7,32. Putaran II siklus
I – 3 nilai rata – rata kelas 7,31. Dan pada putaran III siklus I – 3
nilai rata – rata kelas 7,70, yang semula sebelum diadakan tindakan
nilai rata – rata kelas 6,70.
DAFTAR PUSTAKA
Dimyati Mahmud, 1992. “Strategi Belajar Membaca dan Menulis” Jakarta: Rineka Cipta.
Gorys Keraf, 1991. Komposisi” Jilid II Ende Flores: Nusa Indah.
J.L. Pssaribu dan B. Simanjutak, 1980. “Proses Belajar Mengajar” Bandung: Tap Site.
Jos Daniel Parera, 1991. “Menulis Tertib dan Sistimatis” Jakarta: Erlangga.
Mahmud Ali Yahya dan Suruji, 1998. “Belajar Menulis” Jakarta: Bina Aksara.
Mahmud Ali Yahya, 1991. “Belajar Membaca dan Menulis” Jakarta: Bina Aksara.
Moeliono, Anton, dkk, 1990. “Kamus Besar Bahasa Indonesia” Jakarta: Balai Pustaka.
Muchtar Bukhori, 1995. “Pengantar Psikologi Pendidikan” Bandung: Jermare.
Muhibin Syah, 1995. “Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru” Bandung: Jermare.
Ngalim Purwanto, 1990. “Psikologi Pendidikan “ Bandung: Remaja
Rosdakarya. Oemar Hamalik, 1983. “Media Pendidikan” Bandung: Alumni.
Owens, 1998. “Texonomy of Education Objectives, A Classification of Educational Goals” Handbook I, Cognitive Domein, London: Longman Group Limited.
Purwadarminta, W.J.S. 1976. “Kamus Umum Bahasa Indonesia” Jakarta: Balai Pustaka.
Slameto, 1995. “Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya” Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, D. 2001. “Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif 'Bandung: Falah Production.
Sutartinah Tirtonegoro, 1989. “Anak SuperNormal dan Pendidikannya” Jakarta: Bina Aksara
Syaiful Bakri Djamaroh, 1994. “Pendidikan Membaca dan Menulis” Yogyakarta: Liberty.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar