PTK SD 007 : UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR I P A MENGGUNAKAN METODE PERCOBAAN DAN PENGELOMPOKAN DISKUSI DENGAN STAD (Student Team Achievement Divicion) DI KELAS V SD NEGERI 1 KALISORO KABUPATEN KARANGANYAR
ABSTRAK
Proses Pembelajaran adalah
kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif tersebut mewarnai
interaksi yang terjadi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa,
siswa dengan sumber belajar dalam mencapai tujuan pembelajaran yang
ditetapkan. Harapan yang ada pada setiap guru adalah bagaimana materi
pelajaran yang disampaikan kepada anak didiknya dapat dipahami secara
tuntas. Untuk memenuhi harapan tersebut bukanlah sesuatu yang mudah,
karena kita sadar bahwa setiap siswa memiliki karakteristik yang
berbeda baik dari segi minat, potensi, kecerdasan dan usaha siswa itu
sendiri. Dari keberagaman pribadi yang dimiliki oleh siswa tersebut,
kita sebagai guru hendaknya mampu memberikan pelayanan yang sama
sehingga siswa yang menjadi tanggung jawab kita di kelas itu merasa
mendapatkan perhatian yang sama. Untuk memberikan pelayanan yang sama
tentunya kita perlu mencari solusi dan strategi yang tepat, sehingga
harapan yang sudah dirumuskan dalam setiap Rencana Pembelajaran dapat
tercapai.
Berdasarkan pengamatan atau
observasi pendahuluan yang peneliti lakukan, ditemukan bahwa siswa
Sekolah Dasar Negeri 1 Kalisoro dalam melaksanakan diskusi kelas jarang
sekali mengemukakan pendapat, mengajukan pertanyaan, apalagi
mengajukan saran. Karena aktivitas siswa yang rendah itu, hasil belajar
yang diperoleh juga menjadi rendah. Hal ini dapat kita lihat dari
nilai rata-rata hasil ujian semester ganjil kelas tahun pelajaran
2007/2008. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa
faktor, antara lain rendahnya perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran
IPA. Guru sering memberikan pelajaran dalam bentuk ceramah dan
tanya-jawab, sehingga siswa tidak terangsang untuk mengembangkan
kemampuan berfikir kreatif.
Sumber data dikumpulkan
dari siswa, guru dan dokumen yang terlibat dalam penelitian. Jenis data
yang didapatkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang terdiri
dari:, hasil observasi terhadap pelaksana proses pembelajaran, hasil
wawancara dan hasil belajar. pada pra penelitian, siklus pertama,
siklus kedua, dan siklus ketiga Analisis data dilakukan melalui teknik
analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa
metode diskusi dengan percobaan menggunakan pembagian kelompok dengan
STAD (Student Team Achievement Divicion) dapat
meningkatkan Interaksi pembelajaran siswa dalam pembelajaran materi
IPA hal ini dapat dilihat dari perstasi siswa baik secara pribadi
maupun secara kelompok, dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa
tingkat ketuntasan semakin meningkat diimbangi dengan meningkatnya
rata-rata kelas. .
Kata kunci : Proses belajar mengajar, tehnik pembelajaran, percobaan, STAD.
DAFTAR PUSTAKA
Arifin Zaena. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Karya
Choiriyah, Siti (2006). Acuan Pengayakan Ilmu Pengetahuan Alam . Solo : Sindhunata
Gredler, Margaret E. Ball, (1991). Belajar dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali
Supono, dkk (19760, Energi Gelombang Medan I. Jakarta : Balai Pustaka.
Suryadi, Didi. (1997). Alat Peraga dan Pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam . Jakarta : Ditjen Dikdasmen D2 Karunika UT
Winkel. W.S (1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Yohanes Surya (1997), Olympiade, Jakarta : Galaxy.
Daniel Muijs dan David Reynolds 2000. EffectiveTteaching Teori dan Aplikasi ( Edisi ke -2 ) Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Nana Sudjana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Gagne, Robert M and Leslie J. Briggs, 1978. Principles of Instructional Design. 2nd Ed, New York : Holt Rinehart and Winstons.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar