PTK SD 006 : UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MENGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) PADA POKOK BAHASAN PEREDARAN DARAH BAGI SISWA KELAS V SEMESTER I IPA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KALISORO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2007/2008
ABSTRAK
Upaya
untuk meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa dipengaruhi oleh
banyak faktor yang saling berhubungan baik dari diri siswa atau dari
luar siswa. Beberapa masalah yang berhubungan dengan upaya untuk
meningkatkan pemahaman siswa pada materi IPA antara lain: siswa, guru,
suasana kelas dan penerapan strategi pembelajaran. Selain itu masih
banyak lagi masalah yang dapat dikemukakan dan yang herhubungan dengan upaya meningkatkan pemahaman siswa dalam mengikuti pelajaran IPA pada materi peredaran darah pada manusia..
Masalah utama dalam
pembelajaran IPA ialah mencari metode atau model pembelajaran yang
dapat menyampaikan materi pelajaran secara tepat, yang memenuhi muatan
tatanan nilai, agar dapat diinternalisasikan pada diri siswa, sehingga
siswa mampu mengimplementasikan hakekat nilai dalam kehidupan
sehari-hari. Mata Pelajaran IPA tingkat Sekolah Dasar (SD) kelas V merupakan merupakan
bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yaitu suatu Ilmu yang
mempelajari gejala dan peristiwa atau fenomena alam serta berusaha untuk
mengungkap segala rahasia dan hukum semesta.Objek IPA meliputi
mempelajari karakter, gejala dan peristiwa yang terjadi atau terkandung
dalam benda - benda mati atau benda yang tidak melakukan pengembangan
diri.
Sumber data dikumpulkan
dari siswa, guru dan dokumen yang terlibat dalam penelitian. Jenis data
yang didapatkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang terdiri
dari:, hasil observasi terhadap pelaksana proses pembelajaran, hasil
wawancara dan hasil belajar. pada pra penelitian, siklus pertama,
siklus kedua, dan siklus ketiga Analisis data dilakukan melalui teknik
analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa
metode pembelajaran kontektual CTL (contextual teaching and learning) dengan metode
percobaan dapat meningkatkan Interaksi pembelajaran siswa dalam
pembelajaran materi IPA hal ini dapat dilihat dari prestasi siswa, dari
hasil penelitian dapat dilihat bahwa tingkat ketuntasan semakin
meningkat diimbangi dengan meningkatnya rata-rata kelas.
Kata kunci : Proses belajar mengajar, metode pembelajaran, percobaan, kontektual, CTL (contextual teaching and learning).
DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Zainal. 1998. Evaluasi Instruksional Prinsip dan Prosedur. Bandung : CV Karya
Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Jakarta: Rineka Cipta.
Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. University Press
Johnson, Elaine B. 2006. Contextual Teaching and Learning. Bandung : Mizan Learning Center (MLC)
Lie, Anita. 2008. Cooperatif Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Martinis Yamin. 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.
Melvin K. Silberman. 2004. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktiv. Bandung: Nusamedia
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhadi. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Slavin, Robert. 1994. Cooperatif Learning. (Terjemahan Agus Susanto). Boston University
Sudjana, Nana. 1998. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Usman, Moh. Uzer dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Umaedi. 2002. Pendekatan Kontekstual. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar