PTK SD 005 : UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN SISWA TERHADAP MATERI PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEQIP DI KELAS 5 SD NEGERI 01 KALISORO TAWANGMANGU TAHUN PELAJARAN 2008/2009
ABSTRAK
Sekolah sebagai tempat
proses belajar mempunyai kedudukan yang sangat penting dan menonjol
dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu pendidikan di sekolah memegang
peranan penting dalam rangka mewujudkan tercapainya pendidikan nasional
secara optimal dalam rangka mewujudkan tercapainya pendidikan nasional
secara optimal seperti yang diharapkan. Proses belajar mengajar
merupakan inti dari proses pendidikan. Dalam proses belajar mengajar
tersebut guru menjadi pemeran utama dalam menciptakan situasi
interaktif yang edukatif, yakni interaksi antara guru dengan siswa,
siswa dengan siswa dan dengan sumber pembelajaran dalam menunjang
tercapainya tujuan belajar.
Proses belajar mengajar
kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Kalisoro Tawangmangu terhadap pelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam dalam materi alat-alat pencernakan manusia dalam
2 kali ulangan rata – rata hanya 10 siswa dari 29 siswa yang mencapai
penguasaan materi sebesar 70% ke atas. Selama pembelajaran berlangsung
siswa tidak termotivasi untuk penjelasan guru karena guru dalam
mengajar tidak melibatkan siswa secara aktif, bahkan sering guru
memberi pertanyaan pada akhirnya guru sendiri yang menjawab. Hal
tersebut terlihat bahwa pelajaran didominasi oleh guru dan penjelasan
guru kurang didukung dengan metode yang sesuai dan menarik perhatian
siswa.
Sumber data dikumpulkan
dari siswa, guru dan dokumen yang terlibat dalam penelitian. Jenis data
yang didapatkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang terdiri
dari:, hasil observasi terhadap pelaksana proses pembelajaran, hasil
wawancara dan hasil belajar. pada pra penelitian, siklus pertama,
siklus kedua, dan siklus ketiga Analisis data dilakukan melalui teknik
analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa
tehnik pembelajaran dengan menggunakan media SEQIP misalnya : peta
dapat meningkatkan Interaksi pembelajaran siswa dalam pembelajaran
materi IPA dan memperkecil tingkat kesulitan siswa untuk bertanya,
menjawab pertanyaan dan mengemukakan gagasan dalam proses
pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan kualitas/mutu interaksi
pembelajaran dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Interaksi pembelajaran, tehnik pembelajaran, media SEQIP.
DAFTAR PUSTAKA
Arifin Zaena. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Karya
Haryono, (2004), Buku Sains kelas IV, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Tim Tunas Sains, (2004), Muchtar Kasmuri, Buku Sains kelas V, Yudistira, Jakarta.
Gredler, Margaret E. Ball, (1991). Belajar dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali
Winkel. W.S (1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar