Selasa, 10 November 2015

PTK SD 287 = Pd 980 : UPAYA MENINGKATKAN KREATIFITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA VARIATIF PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SD XXX TAHUN PELAJARAN 2012/2013



 PTK SD 287 = Pd 980 : UPAYA MENINGKATKAN KREATIFITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA VARIATIF PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SD XXX TAHUN PELAJARAN 2012/2013





ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas belajar IPS menggunakan metode STAD (Student  Teams  Achievement Division)dengan media variatif. STAD merupakan metode tentang pengaturan kelas dan bukan metode pengajaran komprehensif untuk subjek tertentu. Guru dapat menggunakan pelajaran dan materi mereka sendiri. Tujuan utama dari kelompok belajar siswa adalah mempercepat pemahaman semua siswa. Pengaruh metode ini positif bagi siswa yang pintar, sedang maupun yang kurang pintar. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD N XXX yang berjumlah 8 siswa. Sumber data dari penelitian ini adalah guru dan siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Prosedur penelitian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, penyusunan, rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian sendiri dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreatifitas belajar siswa. Keberhasilan tersebut dapat terlihat dari adanya peningkatan persentase kriteria kkratifitas dari tahap pra siklus, siklus I hingga siklus II. Pada tahap pra siklus menunjukkan persentase yang rendah yaitu 37,5% saja yang sudah memenuhi kriteria. Pada siklus I ada peningkatan sebesar 25% menjadi 62,5% dari siswa yang memenuhi kriteria kreatifitas dan pada siklus akhir sebanyak 7 siswa atau 87,5% dari siswa sudah memenuhi kriteria kreatifitas. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode STAD menggunakan media variatif dapat meningkatkan kreatifitas belajar siswa kelas V SD N Baturejo 02.
Kata kunci : Kreatifitas belajar IPS, metode STAD (Student  Teams  Achievement Division), media variatif.




DAFTAR PUSTAKA
Cahyani, Riana. 2010. Pembelajaran IPS Kreatif. Jakarta: Balai Pustaka.
Hamdani, Alam, Nizar. 2008. Panduan Membuat Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Rahayasa.
Hidayat, Nur. 2011. Media Pembelajaran dan ICT. Solo : Qinant.
Jhonson, Lou Anne. 2009. Pengajaran yang Kreatif dan Menarik. Jakarta : PT Indeks.
Khasanah, Uswatun. 2007. Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Surakarta: UNS
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Sharan, Shlomon. 2009. Handbook of Cooperatif Learning. Yogyakarta : Imperium.
Slameto. 1995. Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
______, Nana. 2005. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algesindo
Sumiati dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung : CV Wahana Prima.
Supardan, Dadang. 2007. Pengantar Ilmu Sosial Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Suwandi, Joko. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Solo : PSKGJ-FKIP
Tri Anni, Catharina dkk. 2005. Psikologi Belajar. Semarang : UPT MKK Universitas Negeri Semarang.
Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran. Jakarta : IPA Abong.
 


Untuk Mendapatkan File Lengkap silahkan Hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar