PTK SD 020 : Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Dekak – Dekan pada Siswa Kelas III SD Negeri 4 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005
ABSTRAK
xxxxxxxxxxxx : Peningkatan Prestasi Belajar
Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Dekak – Dekan pada Siswa
Kelas III SD Negeri 4 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus
Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi, Surakarta :Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2005.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan prestasi belajara matematika melalui penggunaan alat peraga
dekak – dekak pada siswa kelas III SD Negeri 4 Gondosari Kecamatan
GebogKabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005.
Metode yang dig unakan dalam penelitian ini metode
deskreptif persentase. Sedangkan stategi yang digunakan adalah tindakan
kelas menggunakan siklus dengan langkah – langkah menyusun rencana,
mengadakan pelaksanaan atau tindakan, observasi dan refleksi. Teknk
sampling dalam penelitian menggunakan snow ball yaitu penelitian tanpa
melakukan seleksi atau peneliti tidak membatasi jumlah informan atau
siswa yang diteliti sejumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dengan
wawancara, observasi langsung, tes dan dokumentasi. Analisis data
adalah deskripstif persentase.
Dengan menggunakan alat peraga dekak – dekak dalam
pembelajaran Matematika dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika.
Hal ini dapat diketahui dari rata – rata nilai siswa sesudah adanya
tindakan dari siklus I, Pertemuan I nilai rata –ratanya 6,7 Pertemuan
II meningkat menjadi 6,9. Siklus II Pertemuan I nilai rata – ratanya
7,2 dan pada akhir siklus mencapai 8,8. sehingga dapat disimpulkan
bahwa dengan menggunakan alat peraga dekak – dekak dapat meningkatkan
prestasi belajar Matematika kelas III SD Negeri 4 Gondosari Kecamatan
Gebog Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005
DAFTAR KEPUSTAKAAN
Anton Sukarno. 1994. Efektivitas Sistem Pengajarna Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Surakarta: Erlangga
Arief S. Sadiman. 1986. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Gravindo Persada.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994, Petunjuk penggunaan Alat Peraga. Surabaya: Wardhana.
________1996. Kurikulunn Pendidikan Dasar. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SD, TK dun SLB
Herman Hudojo. 1998. Belajar Mengjar Matematika. Bandung: Angkasa
Johson, Dosis Cipta & Myklebust, Halmer R. 1967. Learning Desebilites. New York: Grue & Stratton
Kasihani Kasbolah. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang
M. Dalyono. 1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Muhibin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Nana Sudjana. 1989. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
_______1991. Penilaian Proses Belalar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ngadino Y. 2000. Media Pembelajaran. Surakarta : Tim UNS
Ngalim Purwanto. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Patton. M.Q. 1980. Qualitative Evaluation Methodes. Beverly Hills: Sage Publisher
Omar Hamalik. 1980. Media Pendidikan. Bandung : Alumni
________1980. Metodologi Pengajaran Illnu Pendidikan. Bandung: Alumni
Rukidi. 1996, Media Pembelajaran. Bandung: Alumni
Slameto 1995. Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit. Jakarta. Bina Aksara.
Suharsimi Arikunto. 1997. Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Sutratinah Tirtonegoro. 1988. Anak Supernormal dan Program Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara,
Syalful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Winkel. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar