PTK SD 017 : Dengan Penerapan Metode Diskusi Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar PKN Siswa Kelas 5 Semester Genap SDN Sambirejo 4 Kecamatan Mantingan Kab Ngawi Tahun Pelajaran 2006/2007
ABSTRAK
xxxxxxxxx. Dengan Penerapan
Metode Diskusi Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar PKN Siswa Kelas 5
Semester Genap SDN Sambirejo 4 Kecamatan Mantingan Kab Ngawi Tahun
Pelajaran 2006/2007. Pembimbing (I) _________________, (II)
________________
Kata kunci: Metode diskusi, upaya, prestasi belajar, PKN.
Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan peningkatan kualitas pendidikan
di SDN Sambirejo 4 Kecamatan Mantingan Kabupaten Ngawi, sehingga
dirasa perlu mengupayakan metode belajar yang mendukung untuk
meningkatkan prestasi siswa. Dengan banyaknya konsep yang mengemukakan
tentang keuntungan-keuntungan dalam penerapan metode diskusi, maka
penulis merasa perlu melakukan penelitian ini.
Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui (1) Bagaimana pelaksanaan metode diskusi untuk siswa
kelas 5 Semester genap SDN Sambirejo 4 Ngawi (2) Bagaimana prestasi
siswa sebelum dan sesudah diberlakukan metode diskusi., (3) Ada
tidaknya pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode diskusi
terhadap hasil belajar PKN siswa, (4) Bagaimana model peningkatan
prestasi dari pelaksanaan metode diskusi.
Analisis data dilakukan
secara kualitatif dengan metode siklus, yaitu dengan menggunkan tiga
siklus, yang mana dalam setiap siklus terdapat refleksi yang
dimaksudkan untuk menggali strategi penyusunan alternatif
penyempurnaan, guna penyempurnaan di tahap berikutnya.
Hasil yang diperoleh adalah
(1) Pelaksanaan metode diskusi yang dilakukan melalui tiga siklus,
dengan siklus I sebagai siklus pertama penerapan metode diskusi, siklus
II sebagai penyempurnaan dari siklus I, dan siklus III sebagai
penyempurnaan dari siklus II., (2). Terdapat perbedaan prestasi
rata-rata yang jelas antara sebelum dan sesudah diberlakukannya proses
diskusi dengan metode siklus. (3). Terdapat peningkatan prestasi yang
nyata, baik dalam setiap siklus maupun hasil akhir dari penerapan
metode diskusi, yaitu setelah siklus III. Sebelum penyelenggaraan
diskusi, nilai rata-rata kelas adalah 7., setelah siklus I adalah 7,6.,
setelah siklus II adalah 8,2., dan pada tahap akhir setelah siklus III
adalah 7,8. Hal ini menunjukkan dampak yang nyata dari pelaksanaan
proses diskusi yang dilaksanakan dengan metode siklus. Persamaan untuk
perubahan prestasi setelah dilakukan proses diskusi adalah Y = 0,35X + 6,3.
DAFTAR PUSTAKA
Barnadib, Sutari Imam. 1984. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. Yogyakarta: IKIP
E. Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda
Maknum, H.A. Syamsudin. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mudhofir. 1987. Teknologi Instruksional. Bandung: Remadja Karya
Purwanto, M. Ngalim. 1998. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda
Gerlach, R. 1988. Qualitative Method. An Introduction to Research. __________
Sa’ud, U. Syaefudin dan Maknum, H.A. Syamsudun. 2005. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Risdakarya
Tim, 2007. Pedoman Penulisan Skripsi. Madiun: IKIP PGRI
Walpole E, Ronald. 1982. Introduction to Statistic. San Francisco: W.H. Freeman & Co.
W.B. John, 1977. Research in Education. India: Prentice Hall.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar