PTK SD 016 : Penerapan Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar Negeri Gedangan 01 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo
ABSTRAK
XXXXXXXXXXX. Penerapan Pendekatan
Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar
Negeri Gedangan 01 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Skripsi:
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Bangun Nusantara
Sukoharjo. 2008.
Tujuan penelitian ini
adalah: 1) untuk mendeskripsikan sistematika pelaksanaan pendekatan
komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar
Negeri Gedangan 01 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, 2) untuk
mendeskripsikan faktor-faktor penghambat pelaksanaan pendekatan
komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar
Negeri Gedangan 01 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, dan 3) untuk
mendeskripsikan cara yang efektif dalam memberikan solusi terhadap
kendala-kendala yang muncul dalam pelaksanaan pendekatan komunikatif
pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar Negeri
Gedangan 01 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo.
Metode yang digunakan adalah metode deskripsi kualitatif
artinya data yang dihimpun disusun secara sistematis kemudian
diinterprestasikan, dianalisa sehingga dapat menjelaskan pengertian dan
pemahaman tentang gejala yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan individu, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas dan reliabilitas data,
digunakan teknik triangulasi yaitu dengan membandingkan dan mengecek
balik derajat kepercayaan informasi yang diperoleh dengan
membandingkannya terhadap informasi dari sumber lain. Teknik analisis
data dilakukan melalui empat komponen pokok yaitu,pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
DAFTAR PUSTAKA
Animo.2007. Proses dan Evaluasi Pengajaran Kompetensi Komunikatif. www.depdiknas.go.id
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Barnadib, Sutari Imam. 1984. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. Yogyakarta: IKIP
Bungin,B.2002. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan : Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Jakarta : Grasindo.
Bungin,B.2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Departemen Pendidikan Nasional.2003. Kurikulum
Berbasis Kompetensi : Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional dan Bank Dunia. 1999. Manajemen Berbasis Sekolah. www.depdiknas.go.id.
Djajasudarma, T. Fatimah. 1994. Wancana (Pemahaman dan Hubungan Antar Unsur). Bandung: Eresco.
Effendy, Uchjana Onong. 2006. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hasan,F .1991. Dimensi Budaya dan Pengembangan Masyarakat. Jakarta: Balai Pustaka.
Hudoyo,H. 1990. Pembelajaran Menurut Pandangan Konstruktivisme. Makalah Semlok Konstruktivisme sebagai Rangkaian Kegiatan Piloting JICA. FMIPA UGM.
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa,E. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda
Murti, Wisnu. 2006. Konsep Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Rineka Cipta
Nasir,M.1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Purwanto, M. Ngalim. 1998. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda
Ridwan, Rifai.1992. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Soetomo.1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Suwito. 1985. Sosiolinguistik Pengantar Awal. Surakarta: Henary Offset.
Suyitno. 1982. Pengantar Kemampuan Berbahasa. Surakarta: Fakultas Keguruan Universitas Sebelas Maret.
Tilaar, H.A.R. 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
www.geocities.com. Inisiasi1: Teori Belajar dan Pembelajaran serta Pkn sebagai Pendidikan Nilai, Moral, dan Norma.
www.geocities.com. Inisiasi3: Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD yang Inovatif.
www.energimandiri.com. Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Yohanes, Budinursatya. 2008. Pendekatan Komunikatif, CBSA, Ketrampilan Proses, Kontekstual, dan Pembelajaran Kuantum. www.bentarabahasa.com.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar