Selasa, 01 Januari 2013

PD 410 - PERANAN REMEDIAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI


PERANAN REMEDIAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI AKUNTANSI DI SMK MURNI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2001/2002

BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah
Suatu kenyataan, bahwa dalam proses belajar- mengajar sllu ada siswaq yang memerlukan bantuan baik dalam mencerna bahan pengajaran maupun mengatasi kesulian- kesulitan belajar.
Inovasi pendidikan di Indonesianmengarah kepada cara  belajar siswa aktif yaitu memberikan peranan yang aktif bagi sisa. Peranan keaktifan siswa ini diharapakan penguasaan bagi setip mata pelajaran dapat lebih ditingkatkan, sehingga tujuan instructional dapt tercapai dengan baik, yang demikin berrti proses belajar mengajar dapat terlaksna lebih efektif dan efisien.  Untuk itu sangat perlunya  kepada para siswa diberi bantuan baik berupa perlakuan pengajaran, meupun cara- cara mencerna bahan pengajaran serta bimbingan dalam menghadapi kesulitan belajar.
Seperti pada uraian di atas dalam hubungannya dalam proses belajar mengajar maka pengajaran perbaikan (remedial Teaching) merupakan suatu kesemurnaan dalam proses belajar mengajar, yang dalam kenyataannya tidak sedikit siswa- siswi tidak mencapai tujuan secara efisien dan secara optimal. Hal ini menunjukkan siswa yang bersangkutan mengalami kesulitan belajar.
Adanya kenyataan pentingnya pencapaian hasil belajar akuntansi dan adanya kemungkinan yang dihadapi siswa dalam mempelajari akuntansi, maka penyelesaianya yaitu mengetahui sejak dini kemungkinan kesulitan siswa dalam mempelajari akuntnsi. Di samping itu siswa dalam proses belajar- mengjr mempunyai kemampuan berfikir yang berbeda- beda.
Berbijak dari fenomena ini maka perlu adanya perbaikan bagi anak yang mengalami kesulitan belajar. Sehingga dari proses belajar mengajar secara keseluruhaan dapat menyamartakan semua individu dalam kelas, sehingga anak yang mengalami kesulitan belajar tidak akan tertinggal dengan anak lainnya.
Dalam penelitian ini peneliti menekankan Remidial Teaching pada bidang akuntansi kelas II SMK MUrni Surakarta. Hal ini enulis lakukan untuk membantu siswa dalam memahami pelajaranbidang studi akuntansi mengingat pelajaran akuntansi tidak mudah dipahami tanpa banyak latihan.
Berdasarkan uraian di atas maka penulis mendapat dorongan untuk mengadakan penelitian dengan judul : “PERANAN REMIDIAL TEACHING TERHADAP PENIGKATAN HASIL BELAJAR BIDNG STUDI AKUNTANSI KELAS II DI SMK MURNI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2001/ 2002”.
B.      Identifikasi masalah
Berpijk dari latar belakang masalah yang dikemukakan di atas, maka identifikasi masalah sebagai berikut :
1.       Dalam proses belajar mengjar (PBM) terdapat individu yang masing- masing individu tersebut mempunyai kemampuan yang berbeda- beda.
2.       Adanya perbedaan kemampuan masing- masing individu, maka tentunya dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidkan kurang efektif dan efisien.
3.       Dalam proses belajar mengajar  bidang studi akuntansi masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar maka perlu pelayanan khusus dari guru.
4.       Remedial teaching adalah bantuan baik yang berupa bimbingan maupun perlakuan dalam mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa yang mngkin disesbabkan oleh factor dai dalam diri siswa ataupun dari luar.
C.      Pembatasan masalah
Agar dalam penelitian ini misalnya tidak terlalu luas makapermasalahan dibatasi sebagai berikut :
1.       Subjek penelitian
Siswa kelas II di SMK MURNI Surakarta yang mengalami kesulitan bekerja.
2.       Objek penelitian
Yang menjadi objek penelitian disini adalah bentuk perlakuan perbaikan pengajaran kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar bidang studi akuntansi. Bentuk perlakuan  tersebut berupa :
a.       Pengulangan materi pelajaran bidang studi akuntansi dengan pokok bahasan kas dan ivestasi jangka pendek.
b.       Pemberian tes dimana dalam perbaikan ini diadakn 2 kali tes.
Tes I diberikan sebelum diadakan remedial teaching sehingga akan diperoleh hasil nilai sebagai akan diperoleh hasil nilai sebagai data control dalam penelitian.
DAFTAR PUSTAKA
Hadari Nawavti1i, 1983. Metode Penelitian Bidang Sosal, Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Ischak, S.W & Warji R,1987. Program Remedial Teaching Dalam Proses Belajar Mengajar Edisi I, Yog_yakarta : Liberty.

Kartini Kartono,1990. Pen~~antar Metodologi Riset Sosiai, Bandunar : CV. Mandar Maju.
I:onetjaraningrat,1989,                        Metode-metode Penelitian Nlasyarakat. .iakarata : PT Gramedia_
iv'ana Sudjana, 1996, Cara Beiajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung Sinar Baru A.lbensindo.
Oemar Hamalik, 1990, Metodologi Fielajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. )=;disi li, Bandung : Tarsito.
Suharsini Arikunto, 1986, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta : I'T. Bina Aksara.
 _______ , 1998, Dasar-dasar Evaluasi I Pendidikan, Jakarta : PT. Bina Aksara. Sukarno, 1998, Belajar dan Pembelajaran It, FKIP UNS, Surakarta.

Team, 1984, Layanan Bimbingan Beta gar, Team, Pen 4103 Surakarta : Dep P&K Universitas Sebelas Maret.





Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700


0 komentar:

Posting Komentar