PERANAN REMEDIAL
TEACHING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI AKUNTANSI DI SMK MURNI
SURAKARTA TAHUN AJARAN 2001/2002
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Suatu kenyataan, bahwa dalam proses belajar-
mengajar sllu ada siswaq yang memerlukan bantuan baik dalam mencerna bahan
pengajaran maupun mengatasi kesulian- kesulitan belajar.
Inovasi pendidikan di Indonesianmengarah kepada
cara belajar siswa aktif yaitu
memberikan peranan yang aktif bagi sisa. Peranan keaktifan siswa ini
diharapakan penguasaan bagi setip mata pelajaran dapat lebih ditingkatkan,
sehingga tujuan instructional dapt tercapai dengan baik, yang demikin berrti
proses belajar mengajar dapat terlaksna lebih efektif dan efisien. Untuk itu sangat perlunya kepada para siswa diberi bantuan baik berupa
perlakuan pengajaran, meupun cara- cara mencerna bahan pengajaran serta
bimbingan dalam menghadapi kesulitan belajar.
Seperti pada uraian di atas dalam hubungannya dalam
proses belajar mengajar maka pengajaran perbaikan (remedial Teaching) merupakan
suatu kesemurnaan dalam proses belajar mengajar, yang dalam kenyataannya tidak
sedikit siswa- siswi tidak mencapai tujuan secara efisien dan secara optimal.
Hal ini menunjukkan siswa yang bersangkutan mengalami kesulitan belajar.
Adanya kenyataan pentingnya pencapaian hasil belajar
akuntansi dan adanya kemungkinan yang dihadapi siswa dalam mempelajari akuntansi,
maka penyelesaianya yaitu mengetahui sejak dini kemungkinan kesulitan siswa
dalam mempelajari akuntnsi. Di samping itu siswa dalam proses belajar- mengjr
mempunyai kemampuan berfikir yang berbeda- beda.
Berbijak dari fenomena ini maka perlu adanya
perbaikan bagi anak yang mengalami kesulitan belajar. Sehingga dari proses
belajar mengajar secara keseluruhaan dapat menyamartakan semua individu dalam
kelas, sehingga anak yang mengalami kesulitan belajar tidak akan tertinggal
dengan anak lainnya.
Dalam penelitian ini peneliti menekankan Remidial
Teaching pada bidang akuntansi kelas II SMK MUrni Surakarta. Hal ini enulis
lakukan untuk membantu siswa dalam memahami pelajaranbidang studi akuntansi
mengingat pelajaran akuntansi tidak mudah dipahami tanpa banyak latihan.
Berdasarkan uraian di atas maka penulis mendapat
dorongan untuk mengadakan penelitian dengan judul : “PERANAN REMIDIAL TEACHING
TERHADAP PENIGKATAN HASIL BELAJAR BIDNG STUDI AKUNTANSI KELAS II DI SMK MURNI
SURAKARTA TAHUN AJARAN 2001/ 2002”.
B.
Identifikasi masalah
Berpijk dari latar belakang masalah yang dikemukakan
di atas, maka identifikasi masalah sebagai berikut :
1.
Dalam proses belajar mengjar
(PBM) terdapat individu yang masing- masing individu tersebut mempunyai
kemampuan yang berbeda- beda.
2.
Adanya perbedaan kemampuan
masing- masing individu, maka tentunya dalam proses belajar mengajar untuk
mencapai tujuan pendidkan kurang efektif dan efisien.
3.
Dalam proses belajar
mengajar bidang studi akuntansi masih
banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar maka perlu pelayanan khusus dari
guru.
4.
Remedial teaching adalah bantuan
baik yang berupa bimbingan maupun perlakuan dalam mengatasi kesulitan belajar
yang dihadapi siswa yang mngkin disesbabkan oleh factor dai dalam diri siswa
ataupun dari luar.
C.
Pembatasan masalah
Agar dalam penelitian ini misalnya tidak terlalu
luas makapermasalahan dibatasi sebagai berikut :
1.
Subjek penelitian
Siswa kelas II di SMK MURNI Surakarta yang mengalami kesulitan bekerja.
2.
Objek penelitian
Yang menjadi objek penelitian disini adalah bentuk perlakuan perbaikan
pengajaran kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar bidang studi
akuntansi. Bentuk perlakuan tersebut
berupa :
a.
Pengulangan materi pelajaran
bidang studi akuntansi dengan pokok bahasan kas dan ivestasi jangka pendek.
b.
Pemberian tes dimana dalam
perbaikan ini diadakn 2 kali tes.
Tes I diberikan sebelum diadakan remedial teaching sehingga akan
diperoleh hasil nilai sebagai akan diperoleh hasil nilai sebagai data control
dalam penelitian.
DAFTAR PUSTAKA
Hadari
Nawavti1i, 1983. Metode Penelitian Bidang Sosal, Yogyakarta : Gajah Mada
University Press.
Ischak, S.W
& Warji R,1987. Program Remedial Teaching Dalam Proses Belajar Mengajar
Edisi I, Yog_yakarta : Liberty.
Kartini
Kartono,1990. Pen~~antar Metodologi Riset Sosiai, Bandunar : CV. Mandar
Maju.
I:onetjaraningrat,1989, Metode-metode
Penelitian Nlasyarakat. .iakarata : PT Gramedia_
iv'ana
Sudjana, 1996, Cara Beiajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung
Sinar Baru A.lbensindo.
Oemar
Hamalik, 1990, Metodologi Fielajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. )=;disi li,
Bandung : Tarsito.
Suharsini
Arikunto, 1986, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta : I'T.
Bina Aksara.
_______ , 1998, Dasar-dasar Evaluasi I Pendidikan, Jakarta :
PT. Bina Aksara. Sukarno, 1998, Belajar dan Pembelajaran It, FKIP UNS,
Surakarta.
Team, 1984,
Layanan Bimbingan Beta gar, Team, Pen 4103 Surakarta : Dep P&K Universitas
Sebelas Maret.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar