HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR
DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN DAWE
KABUPATEN KUDUS
TAHUN PELAJARAN 2004/2005
DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN DAWE
KABUPATEN KUDUS
TAHUN PELAJARAN 2004/2005
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan Dasar merupakan dasar/
fundamen dari jenjang pendidikan menengah dan perguruan tinggi. Oleh karena itu, maka semua mata pelajaran yang
diajarkan harus ditingkatkan kualitasnya.
Untuk meningkatkan kualitas, dalam proses pembelajaran tidaklah cukup hanya
menggunakan salah satu pendekatan saja, melainkan harus menggunakan beberapa
pendekatan. Hal ini dimaksudkan agar materi pelajaran yang diberikan
dapat dikuasai dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Salah satu mata pelajaran di sekolah
dasar yang perlu ditingkatkan kualitasnya adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu mata
pelajaran yang memegang peranan
penting dan wajib diberikan kepada setiap sekolah baik negeri maupun swasta
mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat membentuk kepribadian siswa serta
dapat membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme.
Karena pentingnya peranan mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial,
maka sudah semestinya apabila prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial rnenggembirakan.
Namun kenyataan tidaklah demikian, karena
berdasarkan hasil ulangan umum Ilmu Pengetahuan Sosial semester gasal kelas V Tahun 2004/2005 SD se-Kecamatan
Dawe Kabupaten Kudus, nilai rata-rata Ilmu Pengetahuan Sosial masih rendah,
yaitu 6,23. Prestasi belajar yang
demikian tentunya banyak sekali
penyebabnya, antara lain mungkin
karena siswa kurang tertarik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebab
bahan kajiannya bailyak, mungkin karena penyampaian guru kurang menarik siswa. Mungkin juga karena
kurangnya kedisiplinan belajar siswa, atau mungkin karena pengaruh Iingkwlgan
sosial yang ::urang mendukung.
Prestasi belajar yang masih rendah tersebut membuat kita prihatin, mengingat bahwa begitu pentingnya peranan Ilmu
Pengetahuan Sosial dalam pembentukan
kepribadian siswa. Berdasarkan kenyataan itulah maka mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial perlu ditingkatkan kualitasnya.
Untuk meningkatkan kualitas mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial perlu memperhatikan proses pembelajaran.
Dalam proses pembelajaran ada faktor yang mempengaruhi proses dan hasil pembelajaran. Faktor-laktor tersebut
dapat dikelompokkan menjadi faktor internal
dan faktor eksternaL Faktor internal
antara lain kondisi fisiologis, kecerdasan, bakat, minat,
aktivitas, dan motivasi belajar.
Sedangkan yang termasuk faktor
eksternal antara lain guru, bahan
pelajaran, fasilitas belajar yang ada,
kondisi lingkungan, juga bimbingan orang tua.
Kedisiplinan merupakan salah satu
potensi yang ada di dalam diri
seseorang yang berbuat aktif.
Apabila jiwa kedisiplinan lersebut mendapat
dorongan yang kuat, baik dari guru,
orang tua maupun teman dekat maka potensi
tersebut akan tumbuh dan berkembang
dengan baik. Penanaman kedisiplinan belajar tidak hanya dilakukan oleh orang
tua saja, tetapi juga oleh guru dan lingkungan
masyarakat. Oleh karena itu, orang tua maupun guru harus menciptakan iklim yang kondusif agar kedisiplinan belajar dapat tumbuh dan berkembang pada diri anak dengan
baik.
Penanaman kedisiplinan belajar anak
di rumah dapat dilakukan antara lain dengan memperhatikan belajar anak, membuatkan jadwal belajar,
mengingatkan waktu belajar, tidak menyalakan televisi pada jam-jam bclajar.
Penanaman kedisiplinan belajar pada anak tidaklah mudah, dan tidak cukup satu
atau dua hari saja, malainkan membutuhkan waktu yang lama, dan penuh kesabaran. Namun bila dilakukan secara
terus menerus dan menjadi suatu
kebiasaan, maka kedisiplinan belajar akan berjalan dengan sendirinya. Untuk itu
sebaiknya penanaman kedisiplinan belajar kepada anak harus dimulai sejak usia
dini.
Kedisiplinan belajar merupakan
suatu kondisi yang sangat penting
dan menentukan keberhasilan belajar seorang siswa. Dengan kesadaran yang
tinggi dalam menerapkan kedisiplinan
belajar, maka akan menumbuhkan rasa tanggung jawab yang besar terhadap pentingnya belajar seorang
siswa. Pada waktu pembelajaran berlangsung ada siswa yang tidak memperhatikan, ada pula siswa yang sudah memperhatikan dengan baik. Hal ini antara lain dikarenakan oleh tingkat kedisiplinan belajar
siswa. Bila tingkat kedisiplinan belajar siswa tinggi, maka siswa akan
memperhatikan proses pembelajaran dengan baik. Demikian pula sebaliknya, bila
tingkat kedisiplinan belajar siswa rendah maka siswa tidak akan memperhatikan
pembelajaran dengan baik.
Daftar Pustaka
A.Kosasih Djahiri. 1995. Pelunjuk
Guru Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta : Balai Pustaka
Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dascrr GBPP Kehis
/F' V, VI. Jakarta Dikmenum.
Djauzak Ahmad. 1994. Metodik Khusus Pengcjaran ihnu Pen,"eluhuan Sosial Sekolah
Dusar. Jakarta : Dirjen
Dikdasmen
Engkoswara. 1984. Strategi Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Surabaya: Terbit Terang
E.P. Hutabarat. 1985. Cara Belajar. Jakarta : Gunung Mulia
Kartini-Kartono. 1981. Binibingan Belajar di SMA dan Pengertian
Tinggi. Jakarta : CV Rajawali
Kurt Singer.
1987. Membina Hasrat Belajar di Sekolah. Bandung : Remaja Karya.
Lernhanas.
1997. Disiplin Nasional. Jakarta
: Balai Pustaka.
Masri Singarimbun, Sofian Efendi. 1989. Metode Penelilian Survei. Jakarta : LP3ES
Nana Sudjana. 1991. Penilaian Hasil Proses Belajar-rnengajar. Bandung : Sinar Baru
Ngalim Purwanto. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Karya
Nurgianto. 1997. Dasar-dasur Pengembangan Kurikulum Sekolah. Yogyakarta. FE
UGM
Oemar Hamalik. 1982. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulilan Belajar. Bandung : Transito.
Poerbakawatja, Soegarda dan AH Harahap. 1981.
Ensiklopedia Pendidikan. Jakarta
: Gunung Agung.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta
: Bina Aksara.
Siti Meichati. 1982. Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Fill-iKIP
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar