Selasa, 01 Januari 2013

PD 365 -PENGAJARAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD WIROSARI 1 PURWODADI


PENGAJARAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INDONESIA
KELAS 1 SD WIROSARI 1 PURWODADI

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah.
Dari lahir sampai umur kurang dua tahun perkembanvan anak sangat berkaitan dengan keadaan fisik dan kesehatannya. Perkembangan kemampuan. terutama perkembangan bahasanya sangat pesat. Tahap-tahap ini sangat penting bagi kehidupan selanjutnya. Untuk itu, perlu diberikan rangsangan-rangsangan dorongan-dorongan. dan dukungan berupa program yang terencana yang dapat dilakukan oleh orang tua, masyarakal atau pemerintah. Itulah sebabnva perlu dikembangkan program kebiatan belajar sejak dini atau sejak Sekolah Dasar.
Usia Sekolah Dasar merupakan usia yang cukup menentukan dalam perkembangan dan pertumbuhan anak. Pada masa itu anak berada dalam keadaan sangat peka untuk menerima rangsangan- rangsangan dari iuar. Masa enam sampai tujuh tahun dalam kehidupan anak merupakan masa perkembangan fisik motorik. intelektual, emosional, bahasa serta sosial dan berlangsun, dengan sangat cepat sehinga menentukan masa depan anak. Pada masa inilah semua perkembangan anah naulai terlihat betapa pentinanya pendidikan bagi anak Sekolah Dasar agar anak mempunyai persiapan diri untuk menerima pengajaran bagi kehidupan selanjutnya.
Anak kelas 1 SD merupakan salah satu wahana yang sesuai untuk pembentukan serta pengembangan daya cipta, kreativitas, intelektual dan pengembangan bahasa. Pengembangan kemampuan berbahasa Indonesia bagi anak-anak sangat penting karena fungsi bahasa untuk mengembangkan kemampuan bernalar dan berkomunikasi. Pengajaran kemampuan berbahasa merupakan salah satu materi yang diajarkan pada anak kelas 1 SD, di samping pengembangan kemampuan yang lain.
Tujuan akhir pengajaran bahasa ialah kemampuan menggunakan bahasa untuk berbagai keperluan. Pengajaran kemampuan berbahasa bagi siswa mempunyai peran penting dalam membentuk kemampuan dasar yang diperlukan anak untuk perkembangan selanjutnya. Selain itu, kemampuan berbahasa Indonesia memiliki arti penting bagi keberhasilan siswa untuk berkomunikasi. Keberhasilan berkomunikasi secara khusus dapat meningkatkan prestasi belajar, mengingat keberhasilan di dalam berkomunikasi akan berperan dalam keberhasilan di bidang-bidang lain, terutama yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan.
Muara akhir tujuan pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia adalah memberikan keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam upaya meningkatkan mutu manusia Indonesia sebagai bekal menghadapi kehidupan masa kini dan mendatang (Dekdikbud, 1988 :10). Keterampilan berbahasa yang dimaksud mencakup keterampilan : (1) keterampilan menyimak, (2) keteratnpilan berbicara (3) keterampilan menulis dan (4) keterampilan membaca.
B.      Perumusan Masalah
Pada suatu penelitian, untuk mengarahkan pembahasan maka perlu dirumuskan masalah yang menjadi objek pembahasan. Adapun masalah yang akan diteliti adalah :
(1)      Bagaimana penerapan kurikulurn khususnya materi kemampuan berbahasa Indonesia pada anak kelas 1 SD Wirosari I Purwodadi dilihat dari materi membacanya ?
(2)      Bagaimana peran guru dalarn proses pengajaran kemampuan Berbahasa Indonesia, khususnya keterampilan membaca, pada anak kelas I SD Wirosari 1 Purwodadi ?
(3)      Bagaimana penggunaan metode dalam pengajaran kemampuan Berbahasa Indonesia, khususnya ketrampilan membaca, pada anak kelas 1 SD Wirosari 1 Punvodadi ?
(4)      Bagaimana kesulitan yang dihadapi guru dalam mengajarkan kemampuan Berbahasa Indonesia, khususnya keterampilan membaca dan bagaimana cara mengatasinya?
C.      Tujuan Penelitian.
Bertitik tolak dari rumusan masalah di atas, tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah :

DAFTAR PUSTAKA

Ali, Muhammad. 1997. Penelitian Kependidikan Prosedur don Strategi. Bandung: Angkasa.

Arikunto, Suharini. 1993. Prosedur Penelilian Sualu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rangka Cipta.

Alwasilah, Chaedar dan Abdul Aziez. 1992. Pengajaran Bahasa Komutikatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Akhadiyah. Dkk. 1991/1992. Bahasa Indonesia I. Jakarta : P2LPTK.

Depdikbud. 1999.Penyempurnaan./ penyesuaian Kurikuluan 1994 (Suplemen GBPP). Jakarta : Depdikbud.

 ----------- .1997. Garis-Garis Besar Program Kegiatan Belajar (PKBTK). Jakarta Departemen Sosial.

Jatiniko. Istanto Wahyu. 1996. Pelaksanaan Pengajaran Pendidikan Sistem Ganda Pada SMKT di DIY. Thesis : IKIP Jakarta.

Mansur. 1996. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengarjar Bahasa Indonesia. Jemmars.

Meleong, Luxy. J. 1993. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Purwanto. 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta : Rosda Jaya Putra

Sudjana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Sinar baru Algensindo.

Sulistyorini, Endah. 1988. "Pengaruh Penguasaan Kosa Kata Bahasa Ja-Wa Terhadap Kemampuan Membaca Wacana Siswa Non pribumi Kelas 2 SLTP Kanisius Pail ". Yogyakarta. UNY

Tarigan, Djago. 1988. Pengajaran Peinerolehan Bahasa. Bandung : Angkasa.

Tarigan, Djago dan Tarigan, Henry Guntur. 1990. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Usman. 1996. Menjadi gru Yang Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Wijayanti. 1999. "Pelaksanaan Pengajaran Membaca dari Menulis Permulaan untuk Anak Tuna Laras Kelas 2 di Sekolah Luar Biasa Bagian Prayuwana Yogyakarta ". Yogyakarta : UNY

Zuchdi, Darmiyati. 1994. Metodologi Penelitian Kualitatif Yogyakarta : FPBS IKIP Yogyakarta.


Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Posting Komentar