Rabu, 16 Januari 2013

PTK SMA 32 - PENINGKATAN KEBIASAAN SHOLAT LIMA WAKTU MELALUI PEMBERIAN


PENINGKATAN KEBIASAAN
SHOLAT LIMA WAKTU MELALUI PEMBERIAN
MOTIVASI MULTI ASPEK

BAB. I.
PENDAHULUAN

A . Latar belakang,
Mulai Indonesia merdeka, telah dicanangkan oleh para peminpin bangsa kita, untuk merumuskan tujuan negara muda yang dibangun itu, yaitu membentuk masyarakat yang adil dan makmur.
Setelah melalui beberapa dasawarsa lahirlah pembarauan-demi pembaharuan yang menitikberatkan pembangunan. Pembangunan itu memerlukan tenaga penggerak sebagai motor yang menggerakkan semua aspek dari pembangunan tersebut. Tenaga pengerak tersebut ialah manusia yang mempunyai keahlian (skill), tanpa keahlian pembangunan itu tidak akan berjalan lancar. Tenaga ahli itu dihasilkan oleh pendidikan, karena itu pendidikan memegang peranan penting dalam mencapai tujuan negara, yaitu masyarakat adil dan makmur.
Pemikiran tentang pentingnya pendidikan sudah dimulai sebelum Indonesia merdeka, Pada awal kemerdekaan lahirlah undang no 4 tahun 1950 jo Undang-undang nomor 12 tahun 1954 tentang dasar-dasar pendidikan dan pengajaran di sekolah. Pada tahun 1989 lahir Undang-undang  nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasonal, terakhir , Permen no 22 tentang standar isi, Permen no 23 tentang standar kompetensi lulusan.

   B. Rumusan Masalah
 Sholat adalah merupakan pangkal tolak pembinaan kepribadian seseorang muslim, yang dijadikan oleh Rasulullah sebagai tiang Agama Islam, satu-satunya ibadah yang diwajibkan secara berulang setiap hari, seumur hidup. Apabila pembinaan sholat itu terabaikan akan meruntuhkan sendi-sendi Islam itu sendiri sekali gus meluluhlantahkan pembinaan umatnya. Oleh sebab itu peningkatan  pembiasaan sholat itu merupakan hal yang urgen untuk diterapkan kepada siswa. Bagaimana memotivasi siswa untuk membiasakan sholat lima waktu?, Bagaimana mengelola waktu yang singkat untuk tatap muka tapi efektif dan efesien dalam membina mereka.

C. Tujuan Penelitian
Penulis berasumsi bahwa pembiasaan sholat lima waktu masih minim dilaksanakan oleh remaja, termasuk siswa-siswi SMK Dwiguna Kota Depok, setelah kami tanyakan dikelas, hampir setiap kelas hanya rata-rata 5% yang terbiasa sholat lima waktu, itupun umumnya anak-anak Rohis. Kami berasumsi bahwa kebiasaan sholat lima waktu dapat ditingkatkan. Asumsi tersebut jelas memerlukan metode yang jitu. penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan  metode yang akurat dalam memacu siswa  guna peningkatan pembiasaan sholat lima waktu

DAFTAR PUSTAKA


1.         Al-Qur’an dan terjemahannya oleh Departemen Agama RI
2.         Buku Paket Agama Islam SMK
3.         Beberapa Aspek Dasar-dasar Kependidikan oleh Drs. B. Suryosubroto
4.         Etika Keguruan  oleh  Drs. R. Hermawan S
5.         Fikih Kifayatul Akhyar
6.         Filsafat Pendidikan oleh Imam Barnadib, M.A. Ph.D
7.         Ilmu Perbandingan Pendidikan oleh Arifin Prof. H.M.M.Ed
8.         Metodik Pendidikan Agama oleh Mahmud Yunus Prof. H
9.         Metodik Pendidikan Agama oleh Ahmad Tafsir , DR
10.      Mukhtarul Hadist Nabawiyah
11.      Manajemen Da’wah Islam oleh Abdur Rasyad Shaleh
12.      Motivate your self! Oleh Ridwan Muhammad Yusuf
13.      Pengantar Psikologi  Dirgagunarsa
14.      Pengantar Interaksi mengantar belajar oleh Prof. Dr. Winarno Surakhmat
15.      Prinsip-prinsip dan teknik Evaluasi Pengajaran oleh Drs.M. Ngalim Purwanto
16.      Psikologi Umum oleh  Agus Sujanto Drs
17.      Pengantar Ilmu Jiwa Agama Jalaludin drs, Cs
18.      Pengantar Didaktik Metodik oleh Abu Ahmadi, Drs
19.      Rangkuman Ilmu Mendidik oleh Djaka Cs
20.      Teknologi Instruksional 0leh Drs. Mudhoffar, M.Sc

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Posting Komentar